Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

3 Kelebihan Honda Civic RS Dibanding Corolla Altis Hybrid

by Tigor Sihombing
Kelebihan Honda Civic RS

Kelebihan Honda Civic RS menarik untuk dibahas, terutama buat kamu yang masih ragu untuk meminang sedan bermesin turbo tersebut. Lahir sebagai Civic generasi ke-11, mobil ini hanya memiliki satu varian yaitu RS dengan harga Rp 586,9 juta (OTR Jakarta).

Banderol tersebut tergolong mahal, terlebih ketika dibandingkan dengan kompetitornya. Tidak percaya? Cek saja harga Toyota Corolla Altis Hybrid yang cuma Rp 565,6 juta (OTR Jakarta), lebih murah sekitar Rp 21 jutaan dibanding Honda Civic RS.

Pertanyaannya dengan harga tinggi, apa saja keunggulan Honda Civic RS dibanding sang rival? Jawabannya adalah performa. Pabrikan berlogo H memang mempertahankan mesin tanpa elektrifikasi di Civic terbaru, alhasil cuma pakai turbo. Walau demikian, di atas kertas performa mesin turbo sedan Honda ini masih lebih istimewa dibanding mesin hybrid milik sedan Toyota.

Kemudian tidak ketinggalan, buat kamu yang menginginkan tampilan sedan ala mobil sport, maka Civic RS pilihan tepat. Jadi bukan cuma performanya saja, tapi juga eksterior dan interiornya kental kesan sporty.

Totalnya ada 3 kelebihan Honda Civic RS dibanding Toyota Corolla Altis Hybrid? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Eksterior dan Interior Sporty

Kelebihan Honda Civic RS - interior sporty

 Interior Sporty Honda Civic RS

Jika kamu penyuka sedan dengan tampilan sporty, Honda Civic RS tentu saja jadi jawabannya. Meski tidak seagresif generasi sebelumnya, namun mobil ini tetap memliki karakter sporty sebagaimana embel-embel RS yang diembannya.

Baca juga  Acura NSX Type S, Edisi Perpisahan yang Beringas!

RS sendiri berarti “Road Sailing”, merupakan pengimplementasian dari trim sport Honda. Untuk desain eksterior, gaya sporty terlihat dari aksen hitam pada grille, air dam dan bezel fog lamp depan. Pun dengan lampu depan yang sipit dan tajam. Ditambah lagi bodi yang lebar, menjadikan kesan ala mobil sport yang sangat kental.

Selain itu warna hitam diaplikasikan pada velg sporty berdiameter 17 inci, begitu juga dengan cover spion dan handle pintu yang menghiasi bagian samping eksteriornya. Seluruh frame jendela tidak menampilkan aksen chrome, melainkan warna hitam untuk menegaskan karakter sporty Civic RS itu sendiri.

Pun dengan interior yang dibalut dengan desain sporty dan maskulin, dengan mengutamakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Aura mobil sport hadir lewat aksen carbon di beberapa bagian, termasuk konsol tengah. Lalu di joknya hadir pula jahitan warna merah.

Kombinasi eksterior dan interior sporty itu membuat pengemudi tentunya tertantang untuk injak gas Honda Civic RS dalam-dalam. Gas pol! 

Desain sporty jadi kelebihan Honda Civic RS, lantaran Toyota Corolla Altis Hybrid tidak memilikinya. Sedan Toyota tersebut menghadirkan aura yang lebih elegan, tapi juga terkesan tanggung.

Baca juga  Honda E Segera Mengaspal di Indonesia?

2. Performa Mesin Lebih Bertenaga

Kelebihan Honda Civic RS

Aura sporty Civic RS Hybrid tampak dari knalpot ganda yang hadir di belakang

Untuk pasar Indonesia, Honda kembali mengandalkan mesin empat silinder 1.5 liter turbo VTEC untuk Civic RS seperti generasi sebelumnya. Walau demikian, ada peningkatan performa sehingga lebih buas. Di atas kertas, bisa melontarkan tenaga sebesar 178 hp dan torsinya mencapai 240 Nm yang didistribusikan ke roda depan via transmisi CVT.

Sensasi berkendara sport bisa dinikmati melalui paddle shifter di balik setir. Ada pula sport mode yang menjadikan rasa berkendara semakin menyenangkan. 

Performa mesin disebut sebagai kelebihan Honda CIvic RS, lantaran kompetitor punya kompetensi di bawahnya. Toyota Corolla Cross Hybrid yang pakai mesin bensin 2ZR-FXE 1.8 liter VVT-i 4 silinder, DOHC, 16 katup, cuma bisa mengeluarkan tenaga maksimal 98 PS pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 3.600 rpm. Ketika dikombinasikan dengan motor elektrik, maka perpaduan teanganya cuma

Sementara untuk motor listriknya ditenagai 600 volt, dengan daya maksimum setara 72 hp, torsi 163 Nm. Perpaduan tenaga dari kedua mesin dan motor listrik tersebut, memberikan tenaga maksimal sebesar 122 PS. Dari data tersebut, di atas kertas performa Honda Civic RS tentu lebih unggul dibanding Toyota Corolla Altis Hybrid.

Baca juga  5 Kekurangan Honda City Sedan 2021, Wajib Tahu!

3. Akselerasi Honda Civic RS 0-100 Km/Jam Cuma 8,75 Detik

Kelebihan Honda Civic RS - akselerasi cepat

Kemampuan akselerasi Civic RS dengan mesin turbo sangatlah istimewa

Kelebihan Honda Civic RS selanjutnya adalah di akselerasinya. Media Thailand, headlightmag.com mencatat mobil sedan ini bisa melesat 0 – 100 km/jam (Gear D Mode Normal) dengan waktu rata-rata 8,75 detik.

Performa yang sangat istimewa untuk sedan di kelasnya. Bandingkan saja dengan Toyota Corolla Altis Hybrid yang dalam percobaan akselerasi 0 – 100 km/jam, cuma bisa membukukan 11,71 detik. Jadi sudah jelas bukan, kalau kamu mau mobil sporty luar dalam, bisa pilih Honda CIvic RS ketimbang Corolla Altis Hybrid.

Di samping itu untuk fitur keselamatan, Honda juga sudah memberi Civic RS teknologi Honda Sensing yang bisa memberi perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang, utamanya dalam mencegah terjadi kecelakaan. Di dalam Honda Sensing terintegrasi, Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, serta Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Demikian ulasan kelebihan Honda Civic RS jika dibandingkan dengan Toyota Corolla Altis Hybrid. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika