Friday, February 3, 2023
Banner

6 Tempat Wisata Kekinian di Semarang, Asik Dijangkau Mobil!

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Semarang

Dalam artikel kali ini kami akan mengulas beberapa tempat wisata hits dan kekinian di Semarang yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari bangunan kuno, hingga tempat wisata yang menyuguhkan nuansa alam. Namun, masih nyaman untuk dijangkan dengan mobil pribadi.

Semarang yang merupakan Ibu Kota Jawa Tengah mempunyai beberapa destinasi liburan menarik. Beberapa diantaranya berada di pusat kota Pelabuhan tersebut, dan ada pula yang di daerah pinggiran.

Khusus yang di pinggiran Semarang inilah, kamu datangi ketika ingin menikmati suasana pegunungan yang sejuk. Hanya saja memang, karena jalanannya yang cukup menantang, maka disarankan menggunakan mobil dengan ground clearance tinggi seperti SUV.

Biar tidak penasaran, berikut kami beberkan rekomendasi tempat wisata di Semarang yang hits dan kekinian. Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Lawang Sewu

Tempat wisata di Semarang

Lawang Sewu. Foto: Istimewa

Tempat wisata hits di Semarang yang pertama adalah Lawang Sewu. Lokasi liburan ini terletak di Jalan Pemuda, tak jauh dari Simpang Lima yang dianggap sebagai pusatnya kota Semarang. Oleh karenanya, mobil-mobil kecil seperti city car pun nyaman untuk dipakai menuju ke tempat ini.

Lawang Sewu merupakan bekas kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda, gedung ini juga sempat dijadikan kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer.

Saat ini, Lawang Sewu telah direvitalisasi dan dikonservasi menjadi sebuah museum dan tempat wisata. Lawang Sewu merupakan salah satu lanmark paling populer di Semarang, dan terkenal dengan jumlah pintunya yang banyak hingga orang menyebutnya Lawang Sewu alias Seribu Pintu. Untuk tiket masuknya, pengunjung akan dikenakan tarif mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu.

Baca juga  7 Tempat Wisata Hits di Berastagi yang Wajib Disambangi Naik Mobil!

2. Klenteng Sam Poo Kong

Tempat wisata di Semarang

Klenteng Sam Poo Kong. Foto: Istimewa

Tempat wisata kekinian di Semarang selanjutnya ada Klenteng Sam Poo Kong. Lokasinya juga masih di kota Semarang, tepatnya di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Barat.

Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng tertua di Semarang. Dikenal sebagai bekas tempat pendaratan dan persinggahan pertama Laksamana Cheng Ho asal Tiongkok yang beragama islam. Klenteng Sam Poo Kong dibangun di tempat ini untuk mengenang kedatangan Cheng Ho atau yang dikenal juga dengan nama Zheng He. Menariknya, berbagai festival dan acara keagamaan juga digelar secara reguler di area ini.

Soal tiket masuk, pengunjung akan dikenakan tarif mulai dari Rp 17 ribu hingga Rp 55 ribu.

3. Kota Lama Semarang

Tempat wisata di Semarang

Kota Lama Semarang. Foto: Istimewa

Masih di sekitar pusat kota Semarang, ada tempat wisata menarik lainnya yaitu Kota Lama Semarang. Sesuai namanya, Kota Lama Semarang merupakan sebuah area di Kota Semarang yang terkenal dengan bangunan-bangunan tua dan bersejarah.

Dulunya ini merupakan pusat perdagangan di kota Semarang pada Abad 19-20. Kota Lama Semarang dikenal dengan banyaknya gedung tua bergaya Eropa yang unik dan dipertahankan melalui proses konservasi dan revitalisasi. Di tempat ini, pengunjung bisa berfoto di depan berbagai gedung bergaya Eropa atau sekadar bersantai di Taman Srigunting yang terletak di tengahnya.

Baca juga  5 Tempat Wisata Hits di Surabaya yang Ramah Mobil

Di area Kota Lama Semarang juga terdapat Gereja Blenduk yang merupakan Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang memiliki kubah atau dome yang ikonik. Menariknya, terdapat pula beberapa kafe yang menawarkan berbagai jenis minuman kopi untuk bersantai sambil menikmati suasana bangunan-bangunan kuno bersejarah.

4. Dusun Semilir Eco Park

Tempat wisata di Semarang

Dusun Semilir Eco Park. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Semarang selanjutnya ada Dusun Semilir Eco park yang berlokasi di Jl. Soekarno – Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak. Adapun jarak dari pusat kota Semarang ke tempat ini sekitar 30 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit. Untuk masuk ke tempat ini dikenakan tiket Rp 20 ribu (weekdays) dan Rp 25 ribu (weekend).

Dusun Semilir Eco Park didesain berbentuk ala stupa pada Candi Borobudur, dengan bahan bangunan yang didominasi kayu. Tempat liburan hits ini juga didesain untuk memiliki banyak spot foto keren, jadi tidak heran kalau banyak wisatawan yang datang ke sini untuk berswa foto.

Tak hanya itu saja, Dusun Semilir Eco Park juga punya restoran dengan view yang bagus dan ragam aktivitas yang menarik seperti seluncuran warna-warni yang jadi salah satu ikon tempat ini.

5. Umbul Sidomukti

Tempat wisata di Semarang

Umbul Sidomukti. Foto: Istimewa

Berikutnya, tempat wisata di Semarang ada Umbul Sidomukti. Lokasinya ada di dataran tinggi Ungaran, tepatnya di Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran-Bandungan yang jarak dari pusat kota Semarang 32 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Untuk tarif masuknya Rp 15 ribu.

Baca juga  8 Tempat Wisata Hits di Bandung Yang Nyaman Dijangkau Mobil

Umbul Sidomukti merupakan tempat wisata nuansa alam yang menawarkan udara segar dan juga panorama indah alam Semarang dari ketinggian. Di tempat ini, pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitas outbound yang seru, kolam renang dengan air yang sejuk khas pegunungan, serta kafe dengan pemandangan alam yang indah.

Tak hanya itu saja, di Umbul Sidomukti pengunjung juga bisa menginap di penginapan berkonsep villa dan resort. Oleh karena ada di medan pengunungan, likasi liburan hits di Semarang ini paling pas ketika dicapai dengan mobil SUV

6. Ayanaz Gedong Songo

Tempat wisata di Semarang

Ayanaz Gedong Songo. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Semarang selanjutnya ada Ayanaz Gedong Songo yang berlokasi di Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Kecamatan Bandungan. Dari pusat kota Semarang jaraknya sekitar 37 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Adapun tiket masuknya sebesar Rp 20 ribu.

Ayanaz Gedong Songo menawarkan spot-spot ciamik untuk tempat foto yang Instagramable. Tempat ini menyediakan spot keren seperti balon udara, bubble tent, hammock, dan kursi ayunan yang menraik diunggah di media sosial.

Namun begitu, ada beberapa biaya yang dikenakan jika pengunjung ingin berfoto di salah satu tempatnya. Harga ini di luar biaya tiket masuknya, misalnya jika ingin berfoto di bubble tent akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000 hingga Rp 40.000 tergantung ukurannya.

Moladiners, itulah ulasan beberapa tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi dan mudah diakses dengan mobil. selain itu, jaaknya juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Semarang. Simak terus informasi menarik lainnya di Moladin.com.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika