Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mobil Listrik VinFast VF3, SUV Mungil Asal Vietnam!

by Firdaus Ali
VinFast

Produsen mobil asal Vietnam resmi mengenalkan mobil listrik VinFast VF3. Menariknya, desain body mobil listrik itu mungil, mirip dengan Suzuki Jimny.

Dilansir dari laman Insideevs, pabrikan otomotif Vietnam, VinFast telah memperkenalkan mobil listrik terbaru mereka VF3 pada awal Juni 2023. Rencananya, mobil ini siap dipasarkan ke pasar otomotif di sana pada akhir tahun 2023.

Soal spesifikasi dan harga memang masih dirahasiakan oleh perusahaan. Namun begitu, soal dimensi sudah ada sedikit bocoran. Yaitu mempunyai panjang 3.114 mm, lebih pendek jika dibandingkan dengan Suzuki Jimny yang mempunyai panjang keseluruhan 3.625 mm.

Berbicara desain eksterior, mobil listrik VinFast VF3 menawarkan konsep mobil tangguh dan modern. Dimana pada bagian depan terdapat grill warna hitam yang dipadukan dengan garis ornamen krom dan di tengahnya ada logo huruf “V”.

Oh ya, bagian tutup kap mesin mobil juga didesain dengan lekukan yang menyesuaikan dari keseluruhan lekukan body mobil. Sehingga kesan kokoh terlihat dengan seksama.

Untuk headlamp terlihat sudah mengadopsi jenis LED. Kemudian untuk bumpernya hadir dengan kelir hitam dan punya lekukan desain yang kokoh. Sementara itu, untuk menyelaraskan kesan gagah, bagian atap mobil, rumah spion dan over fender juga diguyur dengan warna hitam.

Baca juga  Harga Baterai Mobil Listrik, Murah Jika tidak Diganti Full

Pada bagian belakang, desain yang diusung terlihat simpel namun tetap menarik. Yaitu bumper dengan lekukan agresif warna hitam yang dipadukan dengan desain lampu berukuran tidak terlalu besar serta adanya ornamen garis horizontal beraksen krom.

Untuk mendukung tampilan dengan konsep yang kokoh dan modern, disematkan velg alloy warna hitam berukuran 16 inch yang dibalut ban dengan ukuran yang sinkron.

Desain Interior Minimalis Modern

Mobil listrik VinFast VF3

Interior Mobil listrik VinFast VF3

Desain minimalis pada kebanyakan mobil listrik juga terjadi pada VinFast VF3. Bagian dashboard tidak terlihat head unit ataupun tombol konvensional. Di bagian tengah, hanya terlihat pengoperasian AC dengan cara touchscreen dan lubang ventilasinya.

Selanjutnya, untuk setirnya sudah terdapat beberapa tombol (steering switch) serta ada logo “V” beraksen krom. Diprediksi steering switch yang ada bisa untuk mengoperasikan beberapa fitur seperti kebutuhan audio dan fitur lain.

Oh ya, di belakang setir juga terlihat kontrol panel digital yang ukurannya tidak terlalu besar. Namun diduga bisa menampilkan berbagai informasi dari fitur mobil.

Baca juga  Penjualan Nissan Leaf, Cuma di Jakarta dan Bekasi

Untuk jok, terlihat dibungkus dengan material kulit sintetis two tone. Kemudian untuk doortrim juga terlihat sudah mengadopsi soft touch untuk menampilkan kesan elegan.

Meski terbilang dimensinya cukup mungil, pabrikan VinFast mengklaim bahwa kapasitas interior SUV listrik VF3 mampu mengakomodir 5-penumpang. Perkiraan kami, untuk baris kedua akan nyaman jika penumpangnya anak-anak.

Konsumen Vietnam Bisa Pesan VinFast VF3 Akhir 2023

Mobil listrik VinFast VF3

Desain belakang VinFast VF3

Mobil listrik VinFast V3 sudah resmi diperkenalkan, lalu kapan peluncurannya? Dikabarkan untuk masyarakat Vietnam sidah bisa melakukan pemesanan pada bulan September 2023. Kemudian pengiriman akan dilakukan pada kuartal ketiga tahun 2024, sehingga banyak yang memprediksi peluncuran akan dilakukan pada awal 2024.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil listrik VinFast VF3. Apakah akan masuk ke Indonesia? Kita lihat saja nanti perkembangannya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika