Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Naik Mobil Ke 6 Tempat Wisata di Kuningan dan Rutenya!

by Tigor Sihombing
Tempat wisata di Kuningan

Tempat wisata di Kuningan bisa jadi destinasi menarik di musim libur atau sekadar mencari short escape di akhir pekan. Hal ini dikarenakan, Kuningan memiliki lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi seperti mobil.

Road trip dari Jakarta ke Kuningan cuma butuh menempuh jarak 236 km atau setara waktu perjalanan 4 jam naik mobil. Rute tercepat ke Kuningan adalah lewat jalan tol dari Jakarta menuju Cikampek, lalu melaju terus ke arah Tol Cikopo – Palimanan – Kanci. Selanjutnya ambil jalan keluar menuju Ciperna, Kodya Cirebon, Kuningan.

Menariknya, tempat wisata di Kuningan tidak hanya kaya akan budaya dan tradisi, tetapi juga menawarkan potensi pariwisata yang menarik bagi pengunjung. Misal Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat, terletak di wilayah Kuningan.

Pendakian ke puncak Gunung Ciremai menawarkan pengalaman mendebarkan dan pemandangan yang menakjubkan di sepanjang perjalanan. Bagi mereka yang menyukai petualangan alam, pendakian Gunung Ciremai adalah pilihan yang sempurna.

Selain Gunung Ciremai, Kuningan juga memiliki banyak situ dan air terjun. Untuk lebih lengkapnya mengenai tempat wisata di Kuningan yang hits dan kekininan, berikut ulasan lengkapnya.

1. Gunung Ciremai

Tempat wisata di Kuningan - gunung ciremai

Pemandangan Gunung Ciremai, Kuningan

Bagi para pecinta alam dan pendaki gunung, tempat wisata di Kuningan yang perlu dikunjungi adalah Gunung Ciremai. Dengan ketinggian mencapai 3.078 meter, Gunung Ciremai menawarkan pemandangan yang spektakuler dan trek pendakian yang menantang.

Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan melihat keindahan alam, seperti hutan tropis yang rimbun, air terjun yang mempesona, dan kebun teh yang menghijau. Kamu bisa menggunakan mobil menuju Kuningan melalui jalur Palutungan dan jalur Linggajati.

Baca juga  7 Rekomendasi Tempat Wisata Kekinian di Lembang yang Ramah Mobil!

Rute menuju Gunung Ciremai dari pusat kota Kuningan cukup dekat. Cuma butuh perjalanan 28 Km naik mobil atau sekitar 1 jam ke arah barat laut. Hanya saja memang medannya agak menantang dengan beberapa tanjakan, oleh karenanya kalau mau ke sana pakai mobil dengan ground clearance tinggi seperti SUV.

2. Waduk Darma

Tempat wisata di Kuningan

Waduk Darma

Waduk Darma adalah salah satu tempat wisata di Kuningan yang paling terkenal. Lokasinya di lintasan Jalan Raya Kuningan-Ciamis. Dari pusat kota Kuningan cuma sekitar 15 Km atau 15 menit perjalanan naik mobil.

Waduk ini dikelilingi oleh keindahan alam pegunungan yang asri. Untuk pemandangan tercantiknya akan lebih terlihat pada sore hari. Disana kamu juga bisa membawa anak berenang di kolam renang, dan flying fox.

Tak hanya itu, kamu daoat berkeliling waduk dengan perahu motor kecil. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap mulai dari area parkir yang luas, tempat makan, mushola, spot foto kekinian, dan toilet.

Dengan banyaknya pilihan aktivitas serta fasilitas, harga tiket masuk Waduk Darma cukup terjangkau yaitu Rp10.000 per orang. Sedangkaan biaya parkir mobil Rp 5.000.

3. Telaga Biru Cicerem

Tempat wisata di Kuningan

Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem, juga bisa jadi destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi di Kuningan. Sesuai dengan namanya, telaga ini memiliki air yang memancarkan warna biru nan jernih.

Kamu juga bisa bersantai di atas floatie, bermain air, snorkeling, dan memberi makan ikan di sini. Jangan lupa untuk membawa kamera underwater untuk berfoto di bawah air, karena pemandangannya sangat indah.

Baca juga  Rute ke Bromo dari Jakarta Naik Mobil, Biaya Tol, BBM, dan Penginapan!

Fasilitas yang tersedia antara lain parkir yang luas, mushola, gazebo untuk bersantai, tempat makan, kedai oleh-oleh, dan juga kamar mandi. Harga tiket masuknya terjangkau yaitu Rp5.000 per orang.

Rute menuju tempat wisata di Kuningan yaitu Telaga Biru Cicerem dengan naik mobil, kamu cuma perlu ke utara sejauh 32 Km atau setara perjalanan 1 jam. Sebenarnya telaga ini lebih dekat dari Cirebon, dengan jarak 17 km atau perjalanan 30 menit.

4. Situ Walukut

tempat wisata di kuningan - situ walukut

Situ Walukut adalah danau di tengah hutan

Di Kuningan juga terdapat banyak hidden gems. Salah satu yang menarik dikunjungi dengan naik mobil adalah Situ Wulukut.

Danau tersebut menawarkan pesona keindahan air jernih dengan nuansa asri dan sejuk. Hal ini didukung pula dengan lokasi Situ Walukut yang berada di tengah hutan dan dikelilingi oleh pohon hijau rindang. Alhasil kamu bisa melihat pembandangan indah bak lukisan

Suasana damai, sejuk, dan tenang yang disajikan oleh tempat wisata di Kuningan ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran. Selain itu, tak hanya pemandangan alamnya saja yang sangat indah, wisata ini juga banyak menyediakan spot foto instagramable.

Situ Wulukut berada di jalan Kertayuga, Kec. Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dari pusat kota, cukup naik mobil ke arah barat daya sejauh 12,9 Km atau sekitar 34 menit. Lalu soal biaya parkir di lokasi, cuma Rp 5.000 per mobil.

5. Lembah Cilengkrang

Tempat wisata di Kuningan

Pemandian air panas di tengah hutan

Tempat Wisata di Kuningan berikutnya adalah Lembah Cilengkrang. Bisa dibilang lokasi wisata ini adalah hidden gems juga, lantaran masih jarang dikunjungi wisata. Berada di taman nasional Gunung Ceremai sebelah timur.

Baca juga  Road Trip ke 5 Tempat Wisata di Banyuwangi, Asik Naik Campervan

Naik mobil ke Lembah Cilengkrang dari pusat kota, cuma makan waktu sekitar 50 menit atau 12 Km perjalanan. Lokasi tepatnya di Desa Pajambon Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat,

Keistimewaan lokasi wisata ini mulai dari kenekaragaman hayatinya yang terjaga, pemandangan alamnya yang mempesona, serta adanya kolam air panas alami. Pasti menyenangkan mengajak keluarga ke sini untuk berlibur.

6. Desa Sitonjul

Tempat wisata di Kuningan

Kawasan Desa Sitonjul

Desa Sitonjul cocok untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga besar. Kamu bisa menuju lokasi wisata di Kuningan ini naik mobil sekitar 13 km ke arah utara dari pusat kota. Bila perjalanan dari Cirebon, maka sekitar 24 km ke arah selatan.

Liburan ke Desa Sitonjul, kamu bisa melihat suasana pedesaan yang asri dengan berjalan kaki sekitar 4 Km. Susur alam pedesaan ini bisa dimulai dari Dusun Simenyan Kidul, Hutan Rakyat, Makam Umum, Tegalan dan Pesawahan, Bulak Jati, Dusun Tonjong, Pesawahan, Tanggul Irigasi, Bendung Katiga diakhiri di Dusun Munjul Kaler.

Selain pemandangan dan keunikan alam pedesaan yang indah, selama perjalanan anda akan menyebragi sungai bahkan bisa mandi di sungai tersebut layaknya menjadi penduduk desa setempat. Lokasi wisata ini juga kaya akan budaya Kuningan, yang pautut diperkenalkan kepada anak-anak.

Demikian ulasan tempat – tempat lokasi wisata di Kuningan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru sepuar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika