Sabtu, April 13, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Apa Itu Road Trip? Definisi dan Hal yang Harus Diperhatikan

by Firdaus Ali
apa itu road trip

Jelang musim liburan, banyak keluarga yang melakukan road trip. Namun begitu, nyatanya sebagian orang belum tahu arti dari road trip dan bedanya dengan travelling.

Apa itu road trip? pada umumnya, mayoritas orang mengartikannya sebagai perjalanan darat menggunakan mobil pribadi dengan menyusuri kota-kota indah yang menjadi tujuan. Campervan juga merupakan salah satu kendaraan yang sering digunkanan dalam perjalan seperti ini. Road trip pun biasanya dilakukan bersama keluarga atau teman-teman, jadi tidak sendirian. 

Sudah jelas kan, definisi road trip dan perbedaannya dengan travelling. Kalau sekadar travelling, kamu bisa naik transportasi umum seperti bis, kereta api, dan pesawat. Sementara road trip, mobilnya harus setir sendiri atau bisa juga bergantian dengan penumpang yang ikut dapat perjalanan tersebut.

Yang dimaksud road trip juga, apabila perjalanan yang dilakukan adalah jarak jauh, misalnya saja Jakarta – Yogyakarta. Jarak tempuh yang jauh tersebut, otomatis akan melewati berbagai kota dan tempat wisata sebelum sampai di tujuan.

Contoh perjalanan road trip dari Jakarta ke Yogyakarta. Jika dilihat dari rute jalanan, ada 2 pilihan yaitu melalui jalur Utara (Pantura) atau bisa juga melalui jalur Selatan.

Kalau lewat utara, berarti bisa melintasi Cirebon, Tegal, Pemalang, dan Semarang. Maka kamu bisa mengeksplor wisata di sana lebih dulu. Sementara kalau lewat jalur selatan menuju Jogja, medannya lebih berkelok-kelok. Kemudian, kota yang dapat dilewati adalah Bandung, Tasikmalaya, Purwokerto, dan lain-lain. Dari kedua pilihan jalur tersebut, tentunya terdapat pilihan tempat wisata dan kuliner menarik.

Persiapan Road Trip

road trip

Persiapan road trip bukan cuma mobil, tapi juga biaya harus diperhitungkan

Sebelum melakukan road trip tentu harus ada periapan yang wajib dilakukan demi kenyamanan selama perjalanan. Apa saja perisiapannya?

Baca juga  5 Cara Dongkrak Mobil yang Aman untuk Pemula!

Sesuaikan Jenis Mobil

Persiapan pertama adalah sesuaikan jenis mobil yang akan digunakan. Maksudnya adalah jika ingin melakukan road trip ke daerah pegunungan atau yang melewati jalan tidak rata, baiknya menggunakan mobil dengan ground clearance yang tinggi seperti SUV atau MPV.

Berbeda halnya jika jalanan yang dilalui untuk menuju lokasi tujuan berkontur rata alias beraspal. Menggunakan mobil sedan atau hatchback pasti masih nyaman untuk perjalanan naik mobil tersebut.

Road trip naik mobil listrik juga pastinya seru, karena pastilah ada drama terkait mencari lokasi tempat cas baterainya. Maklum, di Indonesia masih jarang SPKLU untuk cas mobil listrik.

Kondisi Mobil

Persiapan selanjutnya adalah kondisi mobil. Ini pula yang membedakan road trip dengan travelling, di mana kondisi mobil merupakan hal yang wajib harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan.

Cek terlebih dahulu segala sesuatu yang berkaitan dengan Kesehatan mobil. Mulai dari mesin, kelistrikan, AC, sistem audio hingga bagian kaki-kaki dan kondisi ban.

“Sebelum melakukan road trip bareng keluarga, seminggu sebelumya saya melakukan servis berkala mobil yang akan dipakai di bengkel resmi. Tujuannya agar perjalanan menjadi aman dan nyaman,” terang Abid, salah satu Manager perusahaan media di Jakarta yang di liburan Nataru tahun ini akan berlibur ke Yogyakarta (26/12/2022).

Barang Bawaan

Selain kondisi mobil, persiapan yang tidak boleh lupa adalah barang bawaan. Dalam hal ini harus menyesuaikan kapasitas bagasi dari mobil yang digunakan.

Namun begitu, jika dirasa kapasitas bagasinya terbatas, bisa menggunakan roof box. Adapun jika tidak memiliki roof box, saat ini sudah banyak tempat penyewaan roof box dan harga yang terjangkau. Jika ingin melihat detailnya bisa cek langsung artikel kami mengenai sewa roof box beberapa waktu lalu.

Baca juga  5 Cara Mengecat Mobil yang Benar, Ini Langkah-Langkahnya!

Oh ya, mengingat perjalanan yang akan dilalui dengan jarak jauh, maka beberapa equipment seperti lampu senter, kotak P3K serta Apar kecil sebaiknya dibawa juga.

Budget

Persiapan yang tak kalah penting adalah budget. Yup, estimasi terlebih dahulu semua biaya yang wajib dikeluarkan. Seperti biaya untuk beli bahan bakar (BBM) dan tarif tol. Kalau pakai mobil listrik, bisa siapkan uang untuk cas di SPKLU terdekat

Selain itu, karena kebanyakan orang memilih road trip untuk mengisi liburan, maka budget yang harus dipersiapkan memang cenderung lebih besar. Sebab, tidak menutup kemungkinan selama perjalanan akan singgah di berbagai tempat wisata dan kuliner yang dilewati. Belum lagi kalau mau beli oleh-oleh dari tempat wisata yang dikunjungi.

Keseruan Road Trip

road trip

Berbagai keseruan road trip karena kamu bisa berhenti di mana pun dan kapan pun

Ada berbagai keseruan liburan road trip dibandingkan liburan lain. Salah satunya adalah bisa lebih bebas mengeksplor tempat-tempat wisata dan kuliner baru. Yuk kita simak keseruan lainnya.

Mengeksplorasi Tempat Tanpa Batas

Dengan road trip maka kamu dapat mengeksplorasi tempat tanpa batas. Keseruan yang didapatkan selama perjalanan darat tentunya dapat menjelajah kawasan tersebut sepuasnya.

Hal ini tentunya berbeda jika menggunakan transportasi umum, semisal kereta, bus, mau pun pesawat. Jika melalui perjalanan darat dan menggunakan kendaraan pribadi, maka bisa berhenti kapan pun dan dimana pun yang disuka. Sehingga potensi mengeksplor beberapa tempat menjadi jauh lebih besar.

Bila uang kamu terbatas, bahkan bahkan bisa menginap di dalam mobil saat berhenti di pom bensin atau masjid untuk menghemat bujet. Pastinya akan ada cerita menarik dari hal tersebut.

Menemukan Tempat Wisata Baru

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan melakukan road trip tentu saja bisa semakin leluasa menjelajah tempat-tempat di luar dari yang sudah direncanakan. Pastinya ada kemungkinan menemukan tempat wisata baru yang seru dan belum banyak diketahui orang lain.

Baca juga  Cara Cek Plat Nomor Online, Mudah dan Bisa di Mana Saja!

Misalnya kalau sedang di Jawa Timur, bisa sambil naik mobil masuk ke Taman Nasional Baluran. Di sana ada lintasan untuk mobil yang bisa ditelusuri, berujung di pinggir pantai yang sepi dan indah. Kalau naik mobil pribadi, kamu bisa berfoto di indahnya sabana khas Baluran. 

Mencoba Berbagai Macam Kuliner

Keseruan lain dari road trip adalah bisa mencicipi berbagai macam kuliner khas daerah yang dilewati. Sebab dengan menggunakan mobil pribadi, bisa leluasa berhenti kapan pun dan dimana pun.

Selain itu, kamu juga bisa mampir walau hanya sekedar ingin beristirahat atau membeli oleh-oleh. Keseruan ini tentunya tidak bisa didapatkan jika berlibur menggunakan transportasi umum. Misalnya ketika kamu melakukan perjalanan ke Banyuwangi, bisa kunjungi kuliner Sego Tumpang Mbok Wah yang lokasinya harus masuk ke jalan sempit. Tepatnya di Jl. Gembrung NO.220, Kec. Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Berbagi Banyak Cerita

Jika bepergian menggunakan transportasi umum, tentunya tidak akan ada cerita yang menarik yang mungkin bisa dibagi selama perjalanan berlangsung. Pasalnya bisa-bisa nanti mengganggu penumpang lain.

Berbeda dengan road trip, akan banyak kisah dan pengalaman seru atau unik yang mungkin dapat kamu bagi dengan teman-teman. Hal ini tentunya akan sangat seru untuk di ceritakan bersama yang lainnya. Maklum, kendaraan yang digunakan adalah mobil pribadi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai definsi road trip, persiapan yang harus dilakukan serta keseruannya. Kamu berencana melakukan perjalanan naik mobil ke mana? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika