Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

7 Tempat Wisata di Cirebon, Dari Goa Hingga Restoran

by Tigor Sihombing
tempat wisata di Cirebon

Ada banyak tempat wisata di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari belanja batik trusmi, kuliner, hingga pesona keraton. Terlebih jarak antara Jakarta dan Cirebon tidak begitu terlalu jauh.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu langsung mengambil jalan ke arah Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju arah timur. Kemudian, lanjutkan perjalanan melalui Jalan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) hingga mencapai gerbang tol Cirebon.

Adapun jarak dari Jakarta ke Cirebon adalah sekitar 210 kilometer jika menggunakan jalan tol. Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 3-4 jam tergantung pada lalu lintas dan kondisi jalan. Namun, perlu diingat bahwa waktu tempuh dapat bervariasi tergantung pada kondisi lalu lintas saat itu.

Cirebon sendiri adalah sebuah kota di Jawa Barat, merupakan destinasi wisata yang kaya akan budaya dan sejarah. Dengan keraton tua, masjid megah, dan gua-gua yang menakjubkan. Selain itu Cirebon juga menawarkan pengalaman wisata kuliner yang beragam.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat yang harus kamu kunjungi saat berwisata di Cirebon, termasuk kuliner.

1. Keraton Kasepuhan

image121

Menelusuri Kejayaan Kerajaan Keraton Kasepuhan adalah salah satu tempat wisata utama di Cirebon. Bangunan ini merupakan bekas tempat tinggal kerajaan dan merupakan salah satu keraton tertua di Jawa.

Kamu dapat mengagumi arsitektur tradisional Jawa yang indah dan menjelajahi museum yang menampilkan koleksi kerajaan seperti pusaka dan perhiasan.

Keraton Kasepuhan terletak di pusat kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Lebih tepatnya, alamat Keraton Kasepuhan adalah Jl. Kasepuhan No.38, Kasepuhan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45116.

Jika kamu ingin mengunjungi Keraton Kasepuhan, disarankan untuk memeriksa jam buka dan tiket masuk terlebih dahulu, karena ada kemungkinan adanya perubahan jadwal atau biaya masuk.

Baca juga  7 Rekomendasi Tempat Wisata Kekinian di Lembang yang Ramah Mobil!

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

61df4461105ba

Tampilan dalam Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Keajaiban Arsitektur Islam Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah salah satu masjid terkenal di Cirebon. Dibangun pada abad ke-15, masjid ini merupakan contoh arsitektur Islam tradisional yang menakjubkan. Dengan ukiran kayu yang rumit dan ornamen-ornamen artistik, masjid ini menghadirkan keindahan seni dan keagungan Islam yang tak tertandingi.

Masjid ini menjadi salah satu landmark penting di Kota Cirebon dan sering dikunjungi oleh jamaah serta wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan arsitektur masjid yang indah

Masjid Agung Sang Cipta Rasa terletak di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Alamat lengkap Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah Jl. Siliwangi No. 149, Kebonbaru, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131.

3. Taman Sari Gua Sunyaragi

2825551753

Tampilan indah Taman Sari Gua Sunyaragi

Keindahan Alam dalam Gua Taman Sari Gua Sunyaragi adalah kompleks taman yang terletak di dalam gua alam. Dikelilingi oleh air mancur, kolam, dan vegetasi hijau yang indah. Tempat ini menawarkan suasana yang menenangkan dan pemandangan alam yang memikat. Kamu dapat menjelajahi gua-gua yang menakjubkan dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

Taman Sari Gua Sunyaragi adalah kompleks taman dan gua yang terletak di tengah kota Cirebon. Lokasinya di Jl Sunyaragi, Sunyaragi, Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45144.

4. Goa Selarong Gunung Ceremai

Gua Selarong 1

Petualangan Mistis di Dalam Gua Goa Selarong adalah gua sejarah yang terletak di lereng Gunung Ceremai. Gua ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan serta menjadi tempat yang dianggap suci oleh masyarakat setempat.

Baca juga  6 Tempat Wisata Kekinian di Semarang, Asik Dijangkau Mobil!

Sambil menjelajahi keindahan alam dalam gua, kamu juga dapat merasakan nuansa mistis dan keagungan alam di sekitarnya.

Jarak antara Kota Cirebon dan Goa Selarong di Gunung Ceremai cukup jauh. Secara perkiraan, jaraknya sekitar 80-90 kilometer. Waktu tempuh untuk mencapai Gunung Ceremai dari Kota Cirebon dapat bervariasi tergantung pada rute yang dipilih, kondisi lalu lintas, dan kecepatan perjalanan.

Perjalanan dari Kota Cirebon ke Gunung Ceremai membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Rute perjalanan umumnya melalui Jalan Raya Cirebon-Kuningan yang mengarah ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, di mana Gunung Ceremai terletak.

5. Kampoeng Batik Trusmi

tempat wisata di Cirebon

Wisata Belanja dan Batik Jika Anda tertarik dengan batik, kamu harus mengunjungi Kampoeng Batik Trusmi. Di sini, kamu dapat melihat proses pembuatan batik tradisional Cirebon dan membeli produk batik yang indah.

Kampoeng Batik Trusmi terletak di luar kota Cirebon, tepatnya di Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Jarak antara Kampoeng Batik Trusmi dengan pusat Kota Cirebon sekitar 10-15 kilometer.

Untuk mencapai Kampoeng Batik Trusmi dari Cirebon, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau angkutan umum. Perjalanan dari pusat Kota Cirebon biasanya memakan waktu sekitar 30-45 menit tergantung pada lalu lintas.

Disarankan untuk menggunakan aplikasi peta atau navigasi terkini untuk mendapatkan arah terbaik ke Kampoeng Batik Trusmi. Biasanya, kamu dapat memasukkan “Kampoeng Batik Trusmi” atau “Desa Trusmi” sebagai tujuan dalam aplikasi peta atau navigasi untuk mendapatkan petunjuk rute yang akurat.

6. Pantai Kejawanan

14dc9d6de9670246d174adbdd69a6e6d

Pantai Kejawanan terletak di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Jarak antara Pantai Kejawanan dan pusat Kota Cirebon sekitar 15-20 kilometer.

Baca juga  Road Trip Ke 14 Tempat Wisata di Bogor, Serta Biayanya!

Untuk mencapai Pantai Kejawanan dari Kota Cirebon, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil dengan memakan waktu sekitar 30-45 menit tergantung pada lalu lintas.

Rute yang umumnya digunakan adalah dengan mengikuti Jalan Raya Cirebon-Kuningan hingga sampai di Desa Kejawanan, Kabupaten Cirebon. Pantai Kejawanan dapat diakses dengan mudah dan terletak dekat dengan jalan utama.

Pantai Kejawanan adalah salah satu pantai yang populer di wilayah Cirebon. Pantai ini menawarkan pasir putih yang indah dan pemandangan laut yang menakjubkan. Selain menikmati pantai, kamu juga dapat menikmati makanan laut segar yang tersedia di warung-warung makan di sekitar pantai.

Pastikan untuk memeriksa kondisi pantai dan arus laut sebelum berenang atau melakukan aktivitas air lainnya di Pantai Kejawanan. Selalu berhati-hati dan patuhi peraturan keselamatan yang berlaku di lokasi wisata tersebut.

7. Rumah Makan Klapa Manis Cirebon

RM Klapa Manis

Rumah makan Klapa Manis berada di Jalan Raya Gronggong, Patapan, Kabupaten Cirebon. Bisa ditemmpuh dari pusat kota menuju Klapa Manis membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Nggak heran saat weekend tempat ini akan ramai pengunjung dan sangat direkomendasikan bersama keluarga. Tapi jangan khawatir karena memiliki tempat yang luas.

Luasnya tempat ini memiliki 4 lantai kebawah dengan suasana yang berbeda-beda disetiap lantainya. Tempat makan ini menjadi list yang harus dikunjungi, beberapa sumber mengatakan restoran ini hidangan dan pelayanannya sangat baik.

Demikian ulasan tempat wisata di Cirebon. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika