Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Naik Mobil Ke 5 Tempat Wisata di Dieng dan Rutenya!

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Dieng

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa tempat wisata di Dieng yang nyaman didatangi dengan naik mobil. Dengan tahu lokasi dan rutenya, kamu bisa road trip bersama keluarga saat liburan ke Dieng dengan lebih menyenangkan.

Jika kamu belum thau, Dieng adalah kawasan wisata yang mempunyai julukan negeri di atas awan. Secara administratif, Dieng berada di dataran tinggi antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Berada di atas ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, wajar jika kawasan Dieng mendapat julukan “Negeri di Atas Awan”.

Bagi kamu yang suka dengan udara dingin dan pegunungan, dataran tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi. Namun begitu, disarankan untuk menuju ke Dieng, kondisi mobil haruslah fit. Sebab jalan menuju Dieng terbilang banyak tanjakan dan turunan yang cukup ekstrem.

Rute Menuju Dieng Dari Jakarta

Tempat wisata di Dieng

Rute ke Dieng

Road trip menuju tempat wisata Dieng dari Jakarta bisa melalui beberapa jalur mobil. Ada yang via Purwokerto/Wonosobo, via Kajen, dan via Bawang atau tol Kahyangan. Adapun seperti diungkapkan sebelumnya bahwa pastikan terlebih dahulu kondisi mobil dalam keadaan sehat, utamanya bagian pengereman dan bagian penting lainnya supaya aman di jalan.

Melalui Purwokerto/Wonosobo

Menuju tempat wisata di Dieng dengan mobil pribadi melalui rute Purwokerto atau Wonosobo paling direkomendasikan karena melewati kota dan area jalan yang relatif paling ramai diantara rute lainnya. Dari Jakarta kamu dapat melalui Tol arah semarang dan keluar di Exit Tol Pejagan, Brebes.

Rute ini adalah rute dimana kamu akan paling banyak menemui pom bensin, indomaret/alfamart, dan warung makan di sepanjang perjalanan. Tanjakan yang perlu diwaspadai adalah Tanjakan 15% antara yang terletak 20 km dari Wonosobo menuju Dieng. Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan malam hari, rute ini paling direkomendasikan.

Baca juga  5 Tempat Wisata di Solo Yang Hits, Kental Budaya Lokal

Melalui Kajen

Rute ini direkomendasikan untuk kamu yang berangkat pagi dari Jakarta menuju Dieng dengan kendaraan pribadi. Dari Jakarta kamu dapat melalui Tol arah semarang dan keluar di Gerbang Tol Pekalongan.

Keluar tol Pekalongan bisa langsung menuju Kajen (arah Selatan). Setelah melewati wilayah Kajen, kamu akan makin jarang menemui pom bensin dan titik keramaian lain. Jalanan yang berliku dan bentang alam desa yang cantik akan menjadi pemandangan mu sepanjang perjalanan.

Disarankan saat di Kota Pekalongan menuju Kajen, tangki BBM diisi dulu. Tanjakan yang perlu diwaspadai adalah tanjakan setelah Desa Batur menuju Dieng. Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan siang hari dari jakarta, rute ini paling direkomendasikan karena pemandangan alam yang indah.

Melalui Bawang dan Tol Kahyangan

Rute ini cukup menantang, sekali lagi, menantang. Sebelum melewati Tol kahyangan, tepatnya di tanjakan krakalan, kamu akan dihadapkan pada tanjakan yang cukup ekstrem.

Banyak pengunjung Dieng dibuat kapok melewati rute ini. Jika kamu memakai mobil bertipe otomatis dengan cc mesin kecil, disarankan untuk tidak melewati rute ini. Namun jika kamu yakin akan kemampuan berkendaramu dan sudah memastikan mesin kendaraan dalam keadaan prima, tidak ada salahnya mencoba rute ini. Konon rute dengan pemandangan terbaik akan kamu dapatkan ketika melewati rute ini.

Rekomendasi Lokasi Wisata di Dieng

Nah, setelah mengetahui rute menuju tempat wisata di Dieng, selanjutnya kami akan langsung membahas beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi dan bisa diakses menggunakan mobil pribadi. Berikut informasinya:

1. Bukit Sikunir

Tempat wisata di Dieng

Bukit Sikunir. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Dieng yang pertama adalah Bukit Sikunir atau Dieng Plateau. Tempat wisata ini cocok bagi yang suka pemandangan matahari terbit di pagi hari.

Bukit Sikunir berlokasi di Desa Sembungan yang merupakan salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 2.263 mdpl.  Bukit Sikunir sangat terkenal dengan Golden Sun Rise nya yang sangat indah dan memanjakan mata.

Baca juga  7 Tempat Wisata di Jogja yang Hits dan Mudah Dijangkau Mobil

Jalur akses dan rute perjalanan menuju Desa Sembungan tempat Bukit Sikunir berada cukup mudah. Jarak dari kota Wonosobo (Alun-alun Wonosobo) ke Dieng memakan waktu sekitar 50 menit dengan mobil. Mobil bisa diparkir di kawasan Telaga Cebong, Desa Sembungan yang berada di kaki bukit Sikunir.

Oh ya, jangan lupa untuk membawa pakaian yang cukup tebal karena suhu udara di lokasi bukit Sikunir cukup ekstrim yaitu 10-15 derajat celcius agar tidak membeku saat menikmati pemandangan yang mempesona tersebut. Untuk memasuki Kawasan Wisata Bukit Sikunir hanya dikenai biaya tiket masuk Rp 15.000 per-orang.

2. Telaga Warna

Tempat wisata di Dieng

Telaga Warna. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Dieng selanjutnya ada Telaga Warna yang lokasinya berada di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Tempat wisata Telaga Warna cukup dekat dari tulisan “Welcome to Dieng Wonosobo” yang ada di pertigaan. Jaraknya hanya sekitar 1,3 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 5 menit saja.

Keajaiban Telaga Warna adalah karena warna air danau bisa berubah-ubah saat terkena pantulan sinar matahari.  Fenomena ini disebabkan oleh tingginya kandungan belerang pada air danau. Tempat wisata ini berada di ketinggian 2.000 mdpl dengan bentang alam yang indah, serta dikelilingi panorama Gunung Prau.

3. Candi Arjuna

Tempat wisata di Dieng

Candi Arjuna

Candi Arjuna juga menjadi salah satu tempat wisata di Dieng yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Candi Arjuna termasuk wisata sejarah yang cukup terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu alasannya adalah letak Candi yang berada di di Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian mencapai 2093 mdpl.

Untuk tiket masuk, wisatawan akan dikenakan tarif Rp 20 ribu per orang. Dan untuk parkir mobil dikenakan tarif Rp 5 ribu.

Baca juga  7 Tempat Wisata Hits di Malang, Ramah Anak dan Enak Naik Mobil!

4. Dieng Plateau Theatre

Tempat wisata di Dieng

Dieng Plateau Theatre. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Dieng selanjutnya adalah Dieng Plateau Theatre. Dieng Plateau Theater merupakan objek wisata buatan yang bertujuan untuk memberikan informasi lewat audio visual kepada wisatawan.

Film dokumenter yang bisa Anda lihat di sini, berisi berbagai peristiwa terjadinya seputar wilayah Dieng. Seperti misalnya bagaimana kawah terbentuk, sejarah, budaya hingga potensi pariwisata yang ada di sini secara umum.

Lokasi Dieng Plateau Theater berada di kawasan wisata Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Tepatnya berada di lereng bukit Sikendil dengan ketinggian 2100 mdpl. Jika dari pintu masuk, maka jaraknya 1,5 km atau 150 m dari Telaga Warna.

Tiket masuknya hanya dibanderol Rp 15 ribu. Kemudian untuk tarif parkirnya hanya Rp 5 ribu.

5. Agrowisata Perkebunan Teh Tambi

Tempat wisata di Dieng

Agrowisata kebun teh Tambi. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Dieng berikutnya ada Agrowisata Perkebunan Teh Tambi berada di lereng gunung Dieng, tepatnya berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasinya berada tepat di pinggir jalan, sehingga wisatawan tak akan kesulitan mencari tempat wisata tersebut.

Dari pusat kota, menuju arah Dieng dengan jarak sekitar 20 km dan waktu tempuh 30 menit menggunakan kendaraan pribadi. Rute menuju lokasi terbilang mudah dengan jalan beraspal mulus yang memudahkan perjalan.

Selain pemandangan hijau kebun teh, tempat wisata ini juga ada fasilitas area parkir yang luas, toilet, Mushola, warung makan, camp area, serta wahana permainan untuk keluarga. Untuk tiket masuknya Rp 10 ribu dan tarif parkir Rp 5 ribu.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Dieng yang sangat indah dan eksotis. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika