Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

3 Varian Suzuki XL7 2023: Zeta, Beta, dan Alpha

by Firdaus Ali
Penjualan mobil Suzuki hybrid

Berikut akan kami ulas mengenai beda 3 varian Suzuki XL7 2023, baik zeta, beta, dan alpha yang baru saja meluncur beberapa hari yang lalu di Jakarta. Ternyata tidak semuanya pakai mesin hybrid, ada juga yang masih mengandalkan mesin bensin konvensional.

Yup, Suzuki XL7 terbaru hadir dengan tampilan yang lebih segar dan modern. Mobil berlogo S ini hadir untuk bersaing dengan para kompetitornya seperti Toyota Rush, Mitsubishi Xpander Cross, Daihatsu Terios, dan Honda BR-V.

Selain mempunyai tampilan yang cukup menawan, XL7 terbaru juga menyematkan beberapa fitur modern seperti e-mirror. Dimana fitur ini tidak dimiliki oleh para kompetitornya. Soal Dimensi, Suzuki XL7 terbaru mempunyai panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm. Sementara itu jarak sumbu rodanya 2.740 mm dan jarak ground clearance 200 mm.

Eksterior Suzuki XL7 2023 sebenarnya hanya facelift atau penyegaran ringan,seperti pada bagian grille, veg desain baru, tail gate garnish chrome, dan short pole antenna. Di interior cuma dapat panel instrumen motif kayu warna hitam dan kelir jok baru, yaitu kombinasi abu-abu dan hitam.

Meski sekilas punya tampilan yang sama, nyatanya Suzuki XL7 terbaru punya perbedaan disetiap variannya. Biar tidak penasaran, berikut beda 3 varian Suzuki XL7 2023, baik zeta, beta, dan alpha.

Suzuki XL7 Zeta

Varian Suzuki XL7 2023

Suzuki XL7 Zeta

Varian Suzuki XL7 2023 yang pertama ada Zeta yang merupakan tipe termurah. Suzuki XL7 Zeta dibanderol harga Rp 256.100.000 untuk Zeta M/T dan Zeta A/T Rp 267.100.000.

Baca juga  Promo Suzuki Awal 2022, Beli Mobil Berhadiah Jimny

Menyandang sebagai varian entry level, XL7 Zeta tidak punya teknologi Mild Hybrid atau SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Dengan kata lain, mesin K15B 4-silinder 1.462 cc VVT, tidak ada Integrated Starter Generator (ISG) dan tidak punya baterai lithium-ion.

Di atas kertas, mesin bensin ini menghasilkan tenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm melalui transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Untuk tampilan eksterior, yang membedakan varian Zeta dengan varian lain adalah grille hadir dengan aksen krom serta velg 16 inci desain baru dengan kelir silver.

Bericara fitur keselamatan, di tipe ini adalah SRS Front Dual Airbags, ISOFIX Child Seat Anchorages, Childproof Rear Door Lock, Side Impact Door Beams, ABS With EBD Function, Reverse Parking Sensor, dan Immobilizer.

Pilihan warna bodinya single-tone, yaitu Metallic Magma Grey, Pearl Brave Khaki, Snow White Pearl, dan Cool Black.

Suzuki XL7 Hybrid Beta

Varian Suzuki XL7 2023

Varia Suzuki XL7 2023 (Beta)

Varian Suzuki XL7 2023 berikutnya adalah XL7 Hybrid Beta, ini merupakan trim yang posisinya di tengah antara Zeta dan Alpha sebagai flagshipnya. Untuk varian Beta, harga jualnya Rp 283.900.000 untuk Beta M/T dan Beta A/T Rp 294.900.000.

Suzuki XL7 Beta menggunakan mesin yang sama dengan XL7 Zeta yaitu mesin K15B. Bedanya adalah sudah dilengkapi dengan teknologi Mild Hybrid alias SHVS. Jadi di tipe ini ada ISG dan dibekali baterai Lithium-ion berkapasitas 10 Ah 12V.

Baca juga  Penjualan Suzuki di IIMS 2022, Melebihi Target!

Di atas kertas, tenaga dan torsi yang dihasilkan XL7 Hybrid Beta sama persis dengan tipe XL7 Zeta. Sebab teknologi SHVS ini diklaim hanya untuk meningkatkan efisiensi BBM dan mereduksi emisi gas buang.

“Penggunaan teknologi SHVS menjadikan New XL7 Hybrid sebagai pelopor SUV 7 penumpang di kelasnya yang menggunakan teknologi hybrid. Keluarga Indonesia bisa segera merasakan pengalaman baru berpetualang bersama New XL7 Hybrid sekaligus berkontribusi positif terhadap lingkungan,” kata Matsushita Ryohei selaku 4W Managing Director Sales & Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Nah, supaya konsumen tidak bingung dan sebagai identitas bahwa mobil ini pakai teknologi elektrifikasi, tipe Beta ini dikasih emblem Hybrid. Oh ya,Walau tipe Beta juga pakai pelek alloy 16 inci, tapi finishingnya kelir hitam yang selaras dengan warna grillnya. dan untuk pilihan warna body, sama persis dengan varian Zeta.

Selanjutnya, perbedaan lain di eksterior, mulai di tipe Beta sudah dibekali Autolight with Guide Me Light dan Auto Retractable Mirror.

Masuk ke bagian interior, dashbord dan jok tipe Beta juga sama persis dengan tipe Zeta, namun di setir tipe Beta sudah ada tombol Cruise Control. Kemudian, khusus di Beta, ada Gear Shift Indicator untuk transmisi manual.

Untuk fitur keselamatan berkendara tipe Beta sama persis dengan Suzuki XL7 Zeta. Hanya saja di Beta ditambah fitur ESP (Electronic Stability Program).

Suzuki XL7 Hybrid Alpha

Varian Suzuki XL7 2023

Di varian Aplha, sudah ada spion e-mirror touch screen

Varian Suzuki XL7 Hybrid selanjutnya adalah Alpha yang merupakan trim termahal. Menyandang sebagai varian flagship, XL7 Alpha hadir dengan fitur yang paling lengkap.

Baca juga  Mau Beli Suzuki Ignis Bekas? Ini Harga Lengkapnya!

Yaitu fitur Autolight with Guide Me Light, Auto Retractable Mirror, Cruise Control, dan E-Mirror Touchscreen, dan Gear Shift Indicator, SRS Front Dual Airbags, ISOFIX Child Seat Anchorages, Childproof Rear Door Lock, Side Impact Door Beams, ABS With EBD Function, Reverse Parking Sensor, Immobilizer, dan ESP (Electronic Stability Program).

Dari sisi eksterior, Suzuki Xl7 Alpha terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari Beta dan Zeta. Yaitu emblem Alpha yang berwarna biru dan Alpha punya pilihan kelir bodi two-tone.

Untuk pilihan warna two-tone tipe Alpha adalah Savanna Ivory – Black, Sunrise Orange – Black, dan White – Black. Sementara untuk pilihan warna single-tone, tipe Alpha cuma tersedia kelir Cool Black saja.

Jantung pacu Suzuki XL7 varian ALpha juga sama dengan XL7 Beta, yaitu mesin K15B yang sudah dilengkapi dengan teknologi Mild Hybrid alias SHVS. Dengan kata lain, sudah ada ISG dan dibekali baterai Lithium-ion berkapasitas 10 Ah 12V.

Selanjutnya, untuk kabin interior, varian Alpha dan Beta tidak ada bedanya. Hanya saja untuk tipe Alpha spion tengah sudah jenis E-Mirror Touchscreen. Soal Harga, XL7 Hybrid Alpha M/T dijual Rp 293.900.000 sedang yang A/T Rp 304.900.000.

Moladiners, itulah ulasan perbedaan 3 varian Suzuki XL7 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika