Sabtu, April 13, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mobil Listrik BAIC Stone 01, Land Rover Defender dari Cina!

by Firdaus Ali
Mobil listrik BAIC Stone 01

Pasar kendaraan listrik akan semakin ramai dengan rencana hadirnya mobil listrik BAIC Stone 01. Menariknya, mobil buatan Cina tersebut mempunyai desain yang mirip dengan Land Rover Defender.

Dilansir dari laman carscoops, sosok mobil listrik BAIC Stone 01 muncul di situs pemerintah Cina dengan tampilan eksterior yang mirip dengan Defender. Mulai dari dimensi, bentuk wheel arc, handle pintu dan juga atapnya.

Pada bagian depan menampilkan grill bergaya honeycomb berukuran besar dengan balutan kelir hitam glossy yang dipadukan dengan lampu utama LED berbentuk huruf “T”. Pada bagian belakang, terdapat tempat untuk ban cadangan dengan desain apik dan warna selaras dengan body.

Oh ya, untuk menunjang penampilan machonya, atap BAIC Stone 01 juga dibalur dengan warna hitam. Berbicara dimensi, BAIC Stone 01 mempunyai panjang 5.050 mm, lebar 1.869 mm, dan tinggi 1.980 mm.

Untuk interior memang belum dipublikasikan secara gamblang. Namun begitu beberapa media otomotif Cina mengungkapkan bahwa BAIC Stone 01 menawarkan pilihan akomodasi 6 dan 7 penumpang.

Baca juga  Hyundai Ioniq 5 VS Kona EV, Beli yang Mana?

Dengan kata lain, mobil listrik ini didesain dengan 3 baris bangku penumpang. Untuk kapasitas 6 orang, kemungkinan jok baris kedua dan ketiga mengadopsi model captain seat. Sementara untuk kapasitas 7 penumpang mengusung model kursi layaknya SUV 7-seater.

Untuk desain dashboard, diprediksi akan mengusung kombinasi aura futuristik dan elegan. Kemudian ada juga panoramic sunroof untuk melengkapinya. Oh ya, Untuk menyiratkan kemiripan dengan Land Rover Defender, dibagian samping juga disematkan louvre (insang samping) yang posisinya berada di dekat ban depan.

Sebagai informasi, BAIC Stone 01 diproduksi oleh Baijing Automobile Work (BAW) yang merupakan brand baru di industri mobil Cina. BAW merupakan hasil akusisi dari Rox Motor yang mengalami masalah keuangan.

Spesifikasi BAIC Stone 01

Mobil listrik BAIC Stone 01

Mobil listrik BAIC Stone 01

Mobil listrik BAIC Stone mempunyai desain eksterior yang mirip bahkan seperti jiplakan dari Land Rover Defender. Lalu bagaimana dengan spesifikasinya?

Mobil listrik dari Negeri Tirai Bambu ini kabarnya akan dibekali dengan teknologi plug-in hybrid yang dipadukan dengan motor ganda dan mesin 1.5 liter turbo. Mesin bertenaga 150 hp ini hanya akan berfungsi sebagai generator motor listrik pada roda depan dan belakang yang masing-masing menghasilkan daya 201 hp dan 268 hp.

Baca juga  5 Kelebihan Nissan Kicks e-Power, Canggih Banget

Soal fitur, BAAIC Stone 01 juga dikabarkan mengadopsi sistem keselamatan ADAS (Advance Driver Assistance System). Dimana hal itu bisa terlihat dari adanya kamera di bagian depan, samping (rumah spion) dan bagian belakang. Umumnya, dengan adanya 3 kamera itu, sebuah mobil akan mempunyai fitur kamera 360.

Kemudian, ADAS juga biasanya meliputi fitur Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil listrik BAIC Stone 01 yang rencananya akan diluncurkan untuk pasar Cina pada akhir tahun 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika