oleh

6 Merek Mobil Cina yang Ada dan Akan Hadir di Indonesia

Ada beberapa merek mobil Cina yang sudah melantai di pasar otomotif Indonesia. Menariknya, mobil Cina yang saat ini beredar sudah membawa teknologi yang modern namun tetap dengan harga jual yang kompetitif.

Di Indonesia sendiri, masih ada beberapa konsumen yang memandang sebelah mata mobil merek mobil Cina. Bukan tanpa alasan, beberapa tahun lalu sempat ada salah satu merek mobil Cina yang masuk ke Indonesia namun pelayanan after salesnya buruk.

Berbeda halnya dengan merek mobil Cina yang saat ini ada di Indonesia, mereka hadir dengan desain yang lebih modern, fitur yang lengkap serta layanan after sales yang baik. Alhasil citra mobil Cina yang rentan dengan kerusakan mulai pupus dan mulai mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia.

Bahkan untuk meyakinkan mengenai kualitas dan layanan purna jualnya, salah satu merek mobil Cina juga membuka pabrik untuk memproduksi mobil-mobilnya.

“Mobil merek Cina yang ada di Indonesia saat ini memang berbeda dari mobil Cina yang dulu pernah ada. Yang sekarang kualitas dan layanan after salesnya lebih baik. Saya sekarang pakai Wuling Almaz karena desainnya bagus dan fiturnya lengkap, tidak kalah dengan mobil Jepang dan Eropa, namun harganya lebih bersahabat,” ungkap Momon, salah satu pemilik Wuling Almaz RS yang berdomisili di Sawangan, Depok. (28/6/2022).

Baca juga  Babak Baru Kasus DFSK Glory 580 Tak Kuat Nanjak

Nah, untuk mengetahui apa saja merek mobil Cina yang saat ini sudah beredar dan yang berencana masuk ke Indonesia. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Wuling

Merek mobil Cina
Wuling merupakan salah satu merek mobil Cina di Indonesia

Merek mobil Cina yang pertama adalah Wuling. Yup, brand mobil asal Tiongkok ini mulai membangun pabriknya di kawasan industri Deltamas pada tahun 2015.

Kemudian tahun 2017 mereka melaunching produk pertamanya yaitu Wuling Confero  dan Confero S yang merupakan jenis mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater. Satu tahun kemudian (2018), PT SGMW Motor Indonesia kembali meluncurkan mobil jenis MPV yaitu Wuling Confero.

Pabrikan otomotif ini nampaknya langsung tancap gas untuk mengisi lini produknya. Terbukti pada tahun 2019 mereka kembali merilis mbil baru yaitu Wuling Almaz dengan segmen mobil SUV dan dilanjutkan pada tahun 2021 mereka merilis Wuling Almaz RS dan New Confero dengan teknologi fitur yang lebih lengkap dan modern.

2. DFSK

Merek mobil Cina
Salah satu diler DFSK

Merek mobil Cina selanjutnya adalah Sokonindo Automobile alias DFSK. Yup, mobil yang mempunyai logo mirip siluet dua ikan lumba-lumba yang sedang menyatu itu juga mengusung mobil yang tak kalah menarik dari Wuling.

Baca juga  Wuling Luncurkan Formo S, Harganya Murah Banget!

Adapun produk yang dipasarkan untuk pasar Indonesia ada 5 pilihan. yaitu DFSK Glory 560, Glory i-Auto, Gelora, Gelora Electric, serta mobil pikap DFSK Super Cab.

Adapun harga mobil DFSK tergolong murah jika dibandingkan dengan mobil Jepang atau Korea Selatan. Harga yang dibanderol oleh DFSK mulai dari Rp 148,5 juta hingga Rp 484 juta.

3. BYD

Merek mobil Cina
BYD

Meski belum secara resmi meluncurkan produk massal, merek mobil Cina BYD sebenarnya sudah mengaspal di Indonesia melalui mobil listrik e6 yang digunakan sebagai salah satu armada taksi Bluebird.

BYD mempunyai jajaran lini produk yang mempunyai desain dan fitur menarik. Di antaranya adalah BYQ Qin model sedan, BYD Song Max model MPV, serta BYD Tang dengan model SUV.

Dari beberapa lini produk tersebut, kemungkinan yang berpeluang besar masuk pasar Indonesia adalah BYD Tang EV600 yang mengusung konsep desain ‘Dragon Force’ khas pabrikan Cina tersebut. Sebab saat ini tren di Indonesia mulai ramai dengan mobil MPV.

4. Chery

Merek mobil Cina
Chery

Merek mobil Cina berikutnya adalah Chery. Merek ini memang sebelumnya pernah masuk ke Indonesia, namun sayangnya layanan after salesnya buruk sehingga meninggalkan trauma konsumen di Indonesia.

Namun begitu, Chery yang sekarang berbeda jauh dengan yang dahulu. Mereka bahkan sudah merencanakan untuk membangun pabrik di tahun 2025 sampai 2026.

Baca juga  Wuling Pertahankan Diskon PPnBM Mandiri, Almaz RS Tetap Murah

Belum dipastikan kapan Chery akan meluncurkan produknya. Namun begitu, diprediksi mereka akan memboyong tiga model SUV untuk senjata utama mengaspal di Indonesia. Adalah Chery Tiggo 4 Pro, Chery 7 Tiggo Pro, serta Chery Tiggo 8 Pro.

5. Great Wall Motor

Merek mobil Cina
Great Wall Motor

Merek mobil Cina selanjutnya adalah Great Wall Motor (GWM). Kehadiran merek GWM tersebut juga dipastikan dengan terdaftarnya merek tersebut di laman resmi DJKI Kemenkumham Nomor 40/DI/2021 dengan nomor permohonan A00202102935.

Dari laman resmi DJKI tersebut, terlihat tampilan desain mobil jenis SUV didaftarkan di bawah nama GWM. Meski tidak tertulis nama model mobil yang didaftarkan, kuat dugaan desain yang dipatenkan adalah GWM Cyber Tank 300.

6. Weltmeister Motor

Merek mobil Cina
Weltmeister

Weltmeister Motor (WM) juga merupakan deretan merek mobil Cina yang rencananya juga akan meramaikan pasar otomotif di Indonesia dengan mobil listrik. Diketahui WM Motor sudah meluncurkan beberapa mobil listrik murninya (BEV) secara global, seperti EX5-Z, EX6 Plus, dan W6.

Moladiners, itulah ulasan beberapa merek mobil Cina yang sudah dan akan masuk ke Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru