Jumat, Maret 1, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Baterai Mobil Listrik, Murah Jika tidak Diganti Full

by Tigor Sihombing
kekurangan mobil listrik - baterai mahal

Kali ini Moladin akan membahas soal harga baterai mobil listrik. Informasi ini masih banyak dilontarkan calon konsumen atau orang awam yang ingin membeli mobil elektrifikasi, baik hybrid electric vehicle (HEV) atau battery electric vehicle (BEV). 

Sama dengan produk umum lainnya, baterai mobil listrik memiliki harga yang bervariasi. Banderolnya ditentukan oleh banyak hal, sebut saja jenis, kapasitas baterai, serta teknologi yang digunakannya.

Seperti dikutip dari laman howtogeek, harga baterai mobil listrik berkisar antara $100 hingga $300 per kilowatt-hour (kWh) untuk tahun 2021. Contohnya, mobil Tesla Model S menggunakan baterai dengan kapasitas sekitar 100 kWh. Jika kita pakai kisaran harga yang disebutkan di atas, maka baterai tersebut dapat memiliki harga sekitar $10.000 – $30.000 atau jika dikurs dalam rupiah sekitar Rp 145 – 455 jutaan.

Harga tersebut pastinya belum termasuk peremajaan komponen-komponen lain yang harus dipasang saat pergantian baterai baru, seperti kabel-kabel dan konektor yang kisarannya $20 – $200. Ada pula biaya jasa yang bertarif $175 per jam. Mahalnya baterai mobil listrik tersebut masih wajar, lantaran saat ini perkembangan teknologi yang ada, belum bisa memproduksi komponen tersebut dalam skala yang lebih besar.

Konsumen dijanjikan Garansi yang Sangat Panjang

harga baterai mobil listrik

SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, pose di depan charging station Hyundai Bintaro

Tetapi untuk saat ini konsumen sebenarnya tidak perlu khawatai mengenai perihal kerusakan baterai jangka pendek kendaraanya. Karena semua pabrikan saat ini rata-rata memberikan garansi baterai mobil listrik yang sangat panjang, malah lebih panjang dari garansi layanan purna jualnya.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors kepada moladin membeberkan untuk pembelian mobil listrik konsumen tidak perlu khawatir. “Karena baterai mobil listrik Wuling Air EV sudah melewati pengujian sedemikian rupa hingga aman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apa lagi pabrikan sendiri telah memberikan jaminan atau garansi terkait kerusakan baterai mobil listrik,” kata Danang.

Baca juga  Toyota Indonesia Produksi Mobil Listrik Tahun 2022, Innova Hybrid?

“Selain itu, meski sudah beruia 8 tahun, bukan serta merta baterai listrik langsung rusak dan harus diganti. Masih bisa digunakan lagi dalam jangka waktu yang lama, tergantung penggunaan sebelumnya,” beber Danang.

Harga Baterai Mobil listrik Wuling Air EV

harga baterai mobil listrik - wuling air ev

Wuling Air EV Long Range punya kapasitas batera 26,5 kWh

Bicara harga baterai mobil lisitrik Air EV sebenarnya pabrikan Wuling belum pernah meyebut angka pasti. Tetapi beberapa waktu lalu, Product Planning Wuling Motors, Mahesa Ryan pernah bilang jika estimasi harga baterai mobil lisrik tidak sampai setengah dari harga mobilnya itu sendiri. 

Kalau harga mobil listrik Wuling Air EV Rp 240 jutaan, berarti harga baterainya secara keseluruhan tidak sampai Rp 120 jutaan. Lalu yang juga menarik, kerusakan baterai Wuling Air EV tidak serta merta langsung diganti keseluruhan. Bisa pula diganti per sel, tentunya ini juga membuat harga penggantian baterai mobil listrik mungil tersebut semakin terjangkau.

Untuk spesifikasi baterainya, Wuling Air EV memiliki dua pilihan kapasitas. Yang pertama adalah baterai berkapasitas 18 kWh untuk varian standard range dengan kemampuan daya jelajah 200km. Serta 26,5 kWh untuk varian Air EV long range dengan jarak tempuh sekitar 300 Km.

Untuk mengecas mobil listrik Wuling Air EV dibutuhkan daya listrik rumah tangga minimum 2.200 W. Daya ini khusus untuk mengisi baterai Air ev saja. Berarti jika seseorang ingin memiliki Wuling Air EV, berarti ia harus memiliki daya listrik di rumahnya  lebih dari 2.200 watt.

Waktu pengisian dayanya dibutuhkan waktu sekitar 8,5 jam hingga 11 jam, untuk mengisi dari 20 – 100 persen. Sedangkan jika rumah dengan daya 6.600 watt butuh waktu sekitar 4 jam, untuk mengisi baterai dari 20 persen hingga 100 persen.

Harga Baterai Mobil Listrik Hyundai

harga baterai mobil listrik

baterai Ioniq 5

Berbicara mengenai baterai mobil listrik, pada model Hyundai IONIQ 5 ini memiliki jenis baterai standard range dengan kapasitas baterai 58 kWH dengan motor listrik bertenaga 125 kWH dan torsi 350 Nm dengan daya jelajah 384 km.

Baca juga  Harga dan Spesifikasi Chery Omoda 5 EV 2023, Sudah Bisa Dipesan!

Sedangkan varian baterai long range yang berkapasitas 72,6 kWH dengan motor listrik bertenaga 160 kWH dan torsi 350 Nm, dengan daya jelajah 451 km.

Menjelaskan mengenai harga baterai mobil listrik Hyundai IONIQ 5,pabrikan H miring pernah mengungkap jika harga baterai Hyundai Ioniq 5 tipe Signature Long Range misalnya berkisar 40-50% dari harga mobilnya. Jika harga vaian ioniq 5 Singnature Long range dibandrol Rp 829 juta, jadi harga baterainya bisa berkisar sekitar 400 jutaan.

Namun demikian, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek Hyundai di Indonesia berani memberikan garansi selama 8 tahun atau 160 ribu kilometer untuk baterai Ioniq 5. Selai itu Head of Parts Department PT Hyundai Motors Indonesia, Tony Hadiyanto, menjelaskan bahwa baterai pack Long Range memiliki 30 modul.

Sedangkan tipe Standard Range memiliki 24 modul. Jika baterai tersebut mengalami kerusakan, kata Tony, akan dilakukan penggantian pada modul yang rusak saja. “Harga baterai Ioniq per 5 modul itu sekitar Rp 15-Rp 20 jutaan,” kata.

Menurut Tony, konsumen tidak akan dikenakan biaya penggantian modul baterai jika masih terlindungi masa garansi 8 tahun atau 160 ribu kilometer.

Head of Before-Service Department PT Hyundai Motors Indonesia, Putra Samiaji, menambahkan bahwa bengkel resmi Hyundai telah dilengkapi dengan alat untuk mendeteksi kerusakan pada baterai mobil listrik yang dipasarkan produsen asal Korea Selatan itu di Indonesia.

Harga Baterai Mobil Listrik Toyota

harga baterai mobil listrik

Baterai Toyota bZ4X bisa membuat mobil melaju hingga jarak 500 Km

Sema seperti kedua model listrik yang disebutkan sebelumnya, pihak Toyota pernah mengungkapkan harga baterai toyota bz4X juga sekitar 50% dari harga mobil. Jika harga mobil bZ4X Rp 1,19 miliar, maka baterainya ada di kisaran 560 jutaan. Mahal bukan?

Baca juga  Fiat 600 Siap Meluncur, Jeep Avenger Versi Imut-Imut!

Kendati harga baterainya cukup tinggi, konsumen tidak perlu khawatir karena Toyota memberikan garansi hingga 8 tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu). Garansi tersebut berlaku untuk penggantian maupun kerusakan. Klaim garansi tersebut bisa dilakukan konsumen di seluruh jaringan dealer Toyota se-Indonesia.

“Ya tidak perlu khawatir. karena kita justru memperpanjang warranty battery baik bz4x dari 5 tahun menjadi 8 tahun. jadi selama 8 tahun kalau ada problem, defect, dan lain-lain dari baterainya, pasti akan kita replace,” kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dikonfirmasi terpisah.

Sekadar informasi mobil listrik pertama Toyota ini mengadopsi baterai Lithium-ion mempunyai kapasitas 71,4 kWh baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Baterai Ertiga Hybrid Seberapa Mahal?

suzuki mild hybrid di ertiga terbaru

Ertiga Hybrid dijual sangat terjangkau dibanding mobil hybrid lain

Harga baterai mobil listrik versi hybrid tentunya lebih murah lagi. Sebelumnya All New Suzuki Ertiga Hybrid mengandalkan dua komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai.

Sekadar informasi, Suzuki Ertiga Hybrid dilengkapi baterai lithium-ion 6Ah 12V serta Lead Acid Battery 55Ah. Disebutkan, baterai yang digunakan bukan termasuk kategori onderdil fast moving. Meski demikian Suzuki menjamin ketersediaannya untuk memberikan kenyamanan dan kepercayaan kepada pelanggan.

“Kendaraan ini menggunakan dua jenis baterai, yakni lead acid dan lithium-ion. Untuk harga baterai lithium-ion Rp 15 juta, sementara lead acid Rp 3,6 juta. Stok tersedia memadai dan garansi kami adalah 5 tahun atau 100 ribu kilometer,” terang Christiana Yuantie, Spareparts Dept. Head PT SIS beberapa waktu lalu pada media.

Tidak ada perawatan khusus pada komponen baterai ini. Namun untuk menjaga performanya, menurut Suzuki mobil harus digunakan secara normal. Demikian ulasan harga baterai mobil listrik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika