oleh

IIMS 2022: Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 Indonesia

Pengumuman spesifikasi Hyundai Ioniq 5 berlangsung di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid, pada Rabu (31/3/2022). Mobil listrik produksi dalam negeri ini memiliki empat varian.

Ioniq 5 Indonesia menawarkan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

SungJong Ha, President Director of PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, “Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia. Ioniq 5 memiliki semua kelebihan yang selama ini diinginkan masyarakat Indonesia, seperti desain yang tak lekang oleh waktu, teknologi mutakhir, hingga kenyamanan yang maksimal. Produk ini akan menjadi mobil listrik yang paling tepat dan dapat menjadi kebanggaan Indonesia.”

Hyundai Ioniq 5 juga menawarkan spesifikasi baterai yang mengagumkan. Varian Ioniq 5 Prime Standard dan Signature Standard dapat dikendarai sejauh 384 Km bila baterai mobil sedang terisi penuh.

Baca juga  Penjualan Ioniq 5 Sudah 1.700 Unit!

Tidak hanya sampai di situ, varian Ioniq 5 Long Range juga memiliki kemampuan jarak tempuh yang lebih mengesankan lagi, di mana tipe Prime Long Range bisa dikendarai sejauh 481 KM. Kemudian varian Signature Long Range dapat menempuh jarak sejauh 451 KM.

Ioniq 5 membutuhkan waktu 5 – 6 jam untuk pengisian daya hingga 100% menggunakan fasilitas wall charger atau AC Charger. Kemudian, EV ini membutuhkan 46 – 57 menit untuk pengisian daya hingga 80% di fasilitas fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50kW.

Dalam jangka panjang, Hyundai berencana menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW di Indonesia yang memungkinkan semua tipe Ioniq 5 dapat melakukan pengisian daya hingga 80% hanya dalam kurun waktu 18 menit.

Andalkan Adaptive Cruise Control

Spesifikasi Hyundai IONIQ 5
Tampilan belakang Ioniq 5 sangat futuristik.

Ioniq 5 juga menjadi mobil Hyundai pertama yang dilengkapi dengan fitur adaptive cruise control. Fitur ini mampu mengatur kecepatan dan jarak dengan kendaraan lain, bahkan ketika kendaraan lain di depan berhenti, Ioniq 5 akan ikut berhenti.

Baca juga  Hyundai Creta Semakin Dekat untuk Produksi Lokal

Kemudian, ada surround view monitor (SVM) atau kamera yang memberikan pengemudi visual kendaraan secara 360 derajat.

Fitur ini memudahkan pengemudi untuk bermanuver, khususnya di area yang sempit atau terbatas.

Selain SVM, Ioniq 5 Indonesia juga memiliki blind spot view monitor (BVM) yang menampilkan visual area kiri dan kanan belakang melalui layar digital. BVM akan aktif saat pengemudi menggunakan turn indicator ketika berpindah lajur.

Fitur keamanan di kabin juga dapat dinikmati calon pengguna Hyundai. Safe Exit Assist (SEA) merupakan fitur keamanan yang bisa mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang dan mengunci child lock di pintu belakang selama sementara waktu.

Sehingga, penumpang hanya bisa membuka pintu dan keluar dari mobil saat keadaan di sekitar mobil sudah aman. Terakhir, ada fitur high beam assist (HBA) yang bisa mendeteksi jika ada kendaraan yang berada di jangkauan sensor.

Lampu akan ditukar ke mode low-beam. Saat tidak ada kendaraan lain yang terdeteksi, lampu akan kembali ke mode high beams.

Baca juga  Mobil Listrik Huawei Siap Diproduksi, Saingan Apple?

Demikian ulasan terkait Spesifikasi Hyundai Ioniq 5. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru