Minggu, September 25, 2022

Biaya Perawatan Ertiga Hybrid, Semurah Apa?

by Tigor Sihombing
biaya perawatan ertiga hybrid

Kira-kira berapa ya biaya perawatan Ertiga Hybrid? Wajar kalau banyak yang tanya, karena khawatir dengan kehadiran teknologi hibrida di mobil ini menjadikan ongkos merawatnya jadi semakin mahal. Benarkah demikian?

Ternyata tidak, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim All New Ertiga Hybrid memiliki biaya servis yang pasti terjangkau. Selain itu, mekanisme perawatanya tetap sama dengan mobil Suzuki dengan teknologi mesin bensin konvensional.

Misal ketika melakukan servis berkala di bengkel resmi Suzuki, teknisi akan pakai battery tester dan Suzuki Diagnostic Tools-II. Lalu biaya perawatan Ertiga Hybrid dari 0-50.000 Km adalah gratis untuk jasa dan part tertentu.

Rinciannya seperti ini, saat jarak tempuh mencapai 10.000 km, Suzuki akan melakukan pengecekan kondisi kendaraan secara menyeluruh dan dilakukan penggantian oli mesin, filter oli, dan gasket untuk menjamin kinerja mesin yang optimal, efisiensi konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang yang rendah.

Saat menempuh jarak 20.000 km, Suzuki akan melakukan penggantian oli mesin, filter oli, gasket, dan busi. Pada jarak 30.000 km, hanya memerlukan penggantian filter oli, oli mesin, dan gasket kembali.

Baca juga  Bocoran Harga Suzuki Ignis Facelift 2020, Tembus Rp200 Juta

Selanjutnya, saat jarak tempuh mencapai 40.000 km, konsumen mendapatkan penggantian oli mesin, filter oli, gasket, filter udara, busi, oli transmisi, minyak rem, dan radiator coolant.

Saat jarak mencapai 50.000 km, servis yang dilakukan masih sama dengan perawatan jarak tempuh 30.000 km. Tujuannya adalah menjamin sistem dapur pacu tetap optimal, efisiensi bahan bakar yang baik, serta emisi gas buang yang rendah.

“Perawatan berkala di bengkel resmi pasti banyak untungnya baik untuk yang hybrid maupun konvensional, seperti harga yang terjangkau, gratis jasa servis, Oli dan Part sampai 50.000 km, ditangani tenaga ahli yang memiliki sertifikasi, hingga pengecekan sebanyak Standar 23 item,” kata Asst. to Service Dept. Head PT SIS, Hariadi dalam rilis resmi pada Senin (5/9/2022).

Lalu biaya perawatan Ertiga Hybrid untuk jarak tempuh 60.000 Km – 100.000 Km, mulai ditanggungkan ke konsumen yaitu sekitar Rp 5 jutaan. Merujuk laman resmi Suzuki, berikut rincian biaya servis mobil Ertiga Hybrid setelah 50.000 Km.

  • 60 ribu Km Rp 957 ribu
  • 70 ribu Km Rp 725 ribu
  • 80 ribu Km Rp 1,74 juta
  • 90 ribu Km Rp 725 ribu
  • 100 ribu Km Rp 957 ribu
Baca juga  Generasi Terbaru Toyota Starlet Lahir Kembali, Tertarik?

Biaya Penggantian Baterai Suzuki Ertiga Hybrid

biaya perawatan ertiga hybrid

Ongkos servis Ertiga Hybrid ternyata tidak beda dengan Ertiga konvensional

Untuk perawatan baterai Lithium-ion All New Ertiga Hybrid, bengkel resmi Suzuki akan selalu melakukan pengecekan kondisi baterai dan memastikannya bekerja dengan optimal. Apabila terjadi masalah, melepas dan memasang baterai lithium-ion harus dilakukan di bengkel resmi Suzuki dan ditangani tenaga ahli.

Kemudian, untuk baterai lithium-ion yang sudah tidak terpakai atau rusak, dapat dikembalikan ke bengkel resmi Suzuki dan selanjutnya akan ditangani oleh pihak ketiga yang sudah bekerja sama dengan Suzuki untuk mengelola limbah B3.

“Untuk pembelian All New Ertiga Hybrid konsumen akan mendapatkan garansi untuk khusus untuk lithium-ion battery dan Integrated Stater Generator (ISG) selama 5 tahun/100.000 km,” kata Hariadi.

Bila baterai Ertiga Hybrid mengalami kerusakan dan perlu diganti setelah 100.000 Km, maka biaya yang perlu dikeluarkan oleh konsumen sekitar Rp 15 juta. Cukup mahal memang.

Demikian ulasan terkait biaya perawatan Ertiga Hybrid. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio, Bagus Mana?

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika