Thursday, October 6, 2022

Rincian Biaya Servis Radiator Mobil Terbaru 2022

by Deni Ferlindungan
Penyebab temperatur mobil naik, karena radiator bermasalah

Ada beberapa jenis rincian biaya servis radiator mobil. Sebab, radiator merupakan sebuah rangkaian komponen yang jika bermasalah tentunya harus dicek setiap bagiannya.

Selain itu, tingkat kerusakan juga menjadi acuan dari biaya servis radiator. Jika terjadi kerusakan yang berat, maka biaya servis radiator mobil tentunya membutuhkan dana yang lumayan besar juga. Apalagi jika kerusakan radiator tersebut menutut kalian mengganti dengan komponen yang baru.

Apalagi jika kerusakannya sudah menyeluruh dan sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Maka mau tidak mau pemilik mobil harus mengganti satu set radiator baru, dan tentunya harga tidak murah alias mahal.

Sebagai contoh, harga Radiator untuk Toyota Innova Reborn saat ini dibanderol kisaran Rp 6 jutaan. Itu juga belum termasuk biaya pemasangannya. Namun apabila kerusakan radiator mobil kamu tergolong ringan, seperti lecet ataupun terjadi kebocoran pada selang air. Biayanya masih cenderung terjangkau.

Sebagai catatan, meski terlihat simpel, penanganan perangkat radiator yang bermasalah membutuhkan skill tersendiri. Karena itu, umumnya bengkel radiator itu khusus hanya menangani kerusakan atau masalah pada radiator, alias bukan bengkel umum.

Adapun selain bengkel khusus radiator, pengecekan radiator yang bermasalah atau rusak bisa juga dilakukan di bengkel resmi masing-masing merek mobil. Namun biasanya harga jasa dan komponen akan jauh lebih mahal dibanding bengkel khusus radiator.

Nah, biar tidak penasaran lagi, mari kita simak ulasan mengenai biaya jasa servis radiator mobil berikut ini:

Daftar Biaya Servis Radiator Mobil Berdasar Spesifikasi Pengerjaannya

biaya service radiator mobil

Kisaran biaya servis radiator mobil

Ketika radiator mengalami kendala, sebaiknya segera dilakukan perbaikan. Karena jika hanya mengalami kerusakan ringan, biaya servis radiator mobil tidaklah besar. Selain itu juga untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada mesin mobil.

Jadi alangkah baiknya jika kalian segera membawa mobil ke bengkel spesialis radiator terpercaya atau bengkel resmi. Tujuannya tentu mencari solusi ampuh untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Baca juga  6 Cara Mencegah Mobil Agar Tidak Berkarat, Wajib Tahu!

Sebagai gambaran untuk kalian, mengenai biaya servis radiator mobil. Sebenarnya disesuaikan dengan jenis kerusakan yang ada. Kalau kerusakan kecil tentunya biaya jasa servis tidaklah besar. Adapun estimasi biaya service radiator mobil meliputi:

1. Melepas Radiator Mobil (Rp 200 ribu – Rp 250 ribu)

Biaya service radiator mobil

Segini biaya servis radiator mobil

Proses melepas radiator mobil, sejatinya sudah dikenakan biaya. Jadi jangan kaget ketika kalian ingin membayar biaya servis radiator mobil ada tagihan melepas.

Proses pelepasan dan pemasangan radiator memang terlihat mudah. Namun begitu, jika dilakukan bukan oleh ahlinya serta tidak didukung oleh peralatan yang memadai, bisa jadi malah akan merusak radiator.  Umumnya, radiator perlu dilepas jika ada keluhan “ngorok” dari mesin oleh pemiliknya.

Pasca radiator mobil kalian dilepas, selanjutnya radiator akan dibersihkan. Jadi bukan hanya sekadar dilepas saja. Mekanik akan mengecek seluruh bagian radiator untuk membersihkan serta memastikan apakah ada kerusakan atau tidak.

Jika tidak terjadi kerusakan lainnya, maka montir bisa memasang radiator kembali setelah memastikan kondisinya sudah bersih. Estimasi biaya pelepasan radiator tersebut sekitar Rp 200 ribu sampai dengan Rp 250 ribuan.

2. Pengecekan Radiator Mobil (Rp 100 ribu)

Rincian biaya pengecekan radiator mobil

Rincian biaya pengecekan radiator mobil

Kalau hanya pengecekan saja, biaya servis radiator mobil tidaklah besar. Kalian bisa mengunjungi bengkel spesialis radiator terdekat dari rumah untuk sekadar melakukan pengecekan saja.

Umumnya, biaya pengecekan radiator berkisar Rp 100 ribuan. Mengutip dari sejumlah sumber, biaya yang dikeluarkan tersebut untuk pengecekan seluruh komponen radiator secara menyeluruh.

Pengecekan radiator meliputi selang radiator, dan pengisian ulang air radiator (menggunakan air mineral atau air keran). Ada biaya tambahan yang kalian keluarkan, jika harus melakukan pengisian ulang air radiator dengan cairan khusus.

Baca juga  5 Tips Ganti Ban Mobil, Boleh Cuma Satu?

3. Servis Radiator (Rp 175 ribu –  Rp 400 ribu)

Tarif service radiator mobil

Tarif servis radiator mobil

Setiap bengkel memberikan tarif perbaikan yang berbeda-beda. Namun biaya servis radiator mobil tentunya tak akan jauh berbeda antara bengkel spesialis radiator.

Berbeda halnya untuk biaya servis radiator mobil di bengkel resmi, tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan bengkel spesialis radiator.  Rata-rata, biaya servis untuk radiator mobil di bengkel resmi berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 400.000.  Tergantung seberapa parah kerusakan radiator mobil kalian.

Berbeda dengan bengkel mobil resmi, untuk harga servis radiator di bengkel umum biasa hanya sekitar Rp 175 ribu hingga Rp 350 ribuan saja. Namun tergantung tingkat kerusakan yang terjadi pada radiator mobil kalian.

Semakin parah kerusakan radiator mobil. Maka, semakin mahal pula biaya servis yang harus Anda keluarkan pastinya.

4. Kuras Radiator (Rp 30 – Rp 50 ribu)

Biaya kuras radiator mobil

Harga kuras radiator mobil masih cenderung terjangkau

Tak kalah penting untuk kalian ketahui, adalah harga kuras radiator. Mengingat kuras radiator di rasa sangat penting untuk mengembalikan fungsi radiator kendaraan kalian.

Kuras radiator tentunya cukup penting dalam memulihkan kembali fungsi radiator dalam kondisi prima. Seperti diketahui, seiring dengan penggunaan sebaiknya air radiator dilakukan pergantian setiap jangka waktu tertentu.

Ketika mobil kerap mengalami overheating atau mesin cepat panas. Kamu wajib mengganti jenis air radiator biasa ke jenis air radiator khusus, seperti air coolant radiator, radiator super coolant, ataupun antifreeze coolant protector.

Terkait biaya, ongkos kuras radiator masih cenderung murah sekitar Rp 30 ribuan hingga Rp 50 ribuan saja. Namun saat mobil kerap overheat, kalian harus menggunakan air radiator khusus.

Nah, untuk harga dari cairan khusus untuk radiator sendiri berkisar antara Rp 50 ribuan hingga Rp 85 ribuan untuk kemasan satu liter.

Baca juga  Cara Pasang Klakson Keong di Mobil, Mudah Banget!

Sekadar informasi, biasanya kerusakan yang terjadi pada komponen radiator disebabkan oleh adanya kebocoran atau kerusakan-kerusakan kecil lainnya. Oleh karena itu, kalian perlu lakukan pengecekan secara berkala.

Dengan mengetahui biaya servis radiator mobil terlebih dahulu. Kamu jadi bisa memiliki gambaran mengenai dana yang harus disiapkan sebelum melakukan perbaikan di bengkel.

Cara Merawat Radiator Tetap Dalam Kondisi Prima

Merawat radiator mobil kesayangan kalian

Merawat radiator mobil kesayangan kalian

Ketimbang kalian mengeluarkan biaya servis radiator mobil, sebaiknya lakukan perawatan yang rutin. Karena merawat radiator sebenarnya tidak sulit, hanya rajin mengecek kondisi air radiator.

Air radiator sejatinya wajib dicek sebelum kalian mulai berkendara, terutama menempuh jarak jauh. Cek bagian-bagian selang, input dan output dari radiator mobil tersebut.

Jangan sampai kalian membawa mobil dalam kondisi radiator mengalami kebocoran. Caranya, buka tutup radiator dan lihat, apakah volume air di dalam radiator berkurang atau tidak. Jika kurang, tambahkan air coolant atau air biasa secukupnya.

Untuk diketahui, air coolant memiliki tingkat didih yang lebih rendah dibandingkan dengan air biasa. Air coolant juga mampu memberikan pendinginan yang optimal pada radiator mobil kalian.

Nah, yang tak boleh luput dari perhatian kalian. Lakukan juga pengecekan pada bagian tabung air cadangan. Tabung air cadangan atau reservoir ini jangan sampai kondisinya kosong.

Lakukan pengecekan bagian radiator lainnya secara menyeluruh. Jika sudah ditemui ada beberapa karat, usahakan langsung dibawa ke tempat servis.

Segera lakukan perbaikan setidaknya beberapa bulan sekali, supaya kondisi radiator tetap dalam kondisi baik. Semoga informasi mengenai biaya servis radiator mobil dan cara merawatnya bermanfaat untuk kalian.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya servis radiator mobil terbaru tahun 2022. Carilah bengkel khusus servis radiator terpercaya atau bengkel resmi untuk menangani masalah radiator mobil Anda.

Oh ya, bagi kamu yang belum tahu. Moladin adalah sebuah platform jual beli mobil bekas terpercaya yang sudah mempunyai cabang hampir diseluruh kota di Indonesia.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika