Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Cuci Steam Mobil Apakah Aman? Ini Rekomendasi dan Manfaatnya

by Baghendra Lodra
cuci steam mobil

Perawatan mobil memang banyak ragamnya. Salah satunya adalah merawat tampilan mobil dengan membersihkannya ketika kotor menggunakan cuci steam mobil. Proses steam lebih direkomendasikan dan memiliki banyak keunggulan, tetapi tidak boleh sembarangan dilakukan. Setidaknya kamu perlu mengetahui bagian-bagian mobil yang tidak disarankan di-steam. 

Untuk kamu yang masih belum mengetahui apa itu steam mobil dan apa saja keunggulannya, yuk intip penjelasannya berikut ini!

Apa itu steam mobil?

cuci steam mobil

Cuci steam mobil menggunakan air bertekanan tinggi

Cuci steam mobil adalah teknik dalam kegiatan cuci mobil memakai mesin steam atau mesin kompresor yang memakai air tekanan tinggi untuk membersihkan kendaraan. Sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk mobil, cuci steam juga bisa digunakan untuk kendaraan motor. Di berbagai daerah sudah banyak steam mobil terdekat yang bisa kamu cari juga secara online. 

Kegiatan cuci mobil menggunakan steam ini aman dilakukan secara rutin tiap 2 hingga 3 minggu sekali. Apalagi jika kendaraan mobil tersebut digunakan setiap hari dengan jarak tempuh yang jauh. Namun jika kamu jarang menggunakan mobil, intensitas untuk mencuci mobil bisa lebih sedikit dari yang seharusnya. Mungkin setiap satu bulan sekali, atau kamu juga bisa menyesuaikan rutinitas tersebut sesuai kondisi. 

Berapa lama cuci steam mobil?

Untuk waktu berapa lama cuci steam mobil, jawabannya bisa cukup beragam. Selain dari panjangnya antrian yang ada di tempat steam mobil tersebut, lama cuci mobil teknik steam juga akan tergantung dari model tempat steamnya. Tetapi rata-rata rentang waktu cuci steam mobil sekitar 30-60 menit sejak mobil masuk hingga keluar. 

Apakah cuci steam penting?

Bagi kamu yang belum pernah mencoba cuci steam mobil, kamu perlu tau hal ini. Steam mobil cukup penting dilakukan karena selain membersihkan bagian terluar dari mobil saja, steam mobil juga bisa membersihkan secara menyeluruh, selain bagian yang memang sudah dilarang sejak awal. Teknisi yang membersihkan mobil menggunakan teknik steam umumnya sudah tau kalau memang ada bagian yang perlu dilewati pada proses steam.

B​iaya steam mobil

Untuk biaya steam mobil bisa jadi akan berbeda di tiap tempat penyedia. Selain itu terkadang harga cuci steam mobil ini juga bisa berbeda tergantung dari jenis serta ukuran mobilnya. Jika kami lihat dari beberapa penyedia jasa ini, rata-rata tarif cuci steam mobil berkisar Rp 35.000. Bisa lebih mahal, kalau pakai teknologi hidrolik atau mobil dinaikkan ke posisi yang lebih tinggi, biasanya cuci steam plus hidrolik membutuhkan biaya Rp 50.000 hingga Rp 60.000.

Manfaat cuci steam mobil

apa itu steam mobil

Mobil yang dicuci steam akan membuat kotoran hilang dengan mudah

Dari penjelasan di atas, sudah banyak disebutkan bahwa steam mobil punya banyak keunggulan dan manfaat bagi kendaraan. Cek penjelasan manfaat steam mobil yang bisa kamu dapatkan berikut ini. 

  1. Dapat membersihkan bagian dalam mobil
  2. Melakukan pembersihan hingga ke sela-sela
  3. Menghilangkan jamur dan kotoran yang bandel
  4. Memperbaiki kualitas udara di dalam mobil
  5. Mampu membersihkan bagian ban pada mobil
  6. Membersihkan bagian bawah atau kolong mobil
  7. Menghindari munculnya karat karena endapan air hujan
  8. Dengan cara yang benar, bahkan bisa membersihkan bagian mesin
  9. Membersihkan secara maksimal

Kelebihan steam dibandingkan cuci mobil sendiri

Tidak sedikit orang yang memilih untuk membersihkan mobil secara mandiri di rumah. Mulai dari peralatan sederhana maupun dengan membeli mesin steam mobil yang cukup banyak diperjual belikan. Namun, sebetulnya mencuci mobil sendiri di rumah itu kurang direkomendasikan, terutama jika kamu menggunakan teknik steam mobil. 

Hal ini dikarenakan tidak jarang jika mencuci mobil sendiri menggunakan alat sederhana, hasil pencucian kendaraan tersebut tidak maksimal. Terkadang ketika sudah mengering, akan muncul bekas cuci mobil karena kurang bersih. Selain itu, jika mencuci mobil sendiri menggunakan teknik steam berpotensi merusak bagian-bagian tertentu karena kebanyakan orang belum memahami partisi mana saja yang berpotensi rusak jika terkena semprotan air, apalagi dengan tekanan yang tinggi. Pastikan kamu sudah mengerti bagian mana saja yang tidak boleh terkena air dalam mobil. 

Sehingga, untuk lebih praktis dan lebih cepat, ada baiknya untuk menggunakan jasa cuci steam mobil terdekat saja agar semua hasilnya bersih maksimal dengan tenaga pekerja yang berpengalaman. 

Baca juga  7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar, Kok Bisa?

Bagian yang perlu diperhatikan saat steam mobil

cuci steam mobil mesin

Mesin mobil harus hati-hati kalau dicuci steam, karena di sana banyak komponen kelistrikan dan sensor-sensor

Mencuci mobil secara mendalam memang perlu dilakukan sebagai salah satu bagian perawatan kendaraan. Tapi untuk cuci steam mobil kamu perlu perhatikan bagian ini, karena kalau salah bisa jadi justru merusak komponen yang ada di kendaraan.

Lapisan Anti Karat

Tingginya tekanan air yang digunakan pada steam mobil bisa mengikis bagian lapisan anti karat pada mobil. Tipsnya agar lapisan ini tetap aman yaitu dengan mengurangi tekanan dan menyikat bagian lapisan karat secara lebih halus dibandingkan dengan bagian lainnya. 

Bagian bodi mobil

Mencuci mobil dengan teknik steam perlu mempertimbangkan beberapa hal termasuk salah satunya adalah adanya kemungkinan terkelupasnya bagian cat pada bodi mobil. Terlebih lagi, ketika catnya belum kering, setelah melakukan repaint.

Kemudian bodi mobil juga tidak boleh dicuci steam, setelah melakukan coating. Hal tersebut bisa membuat molekul bahan coating tidak menempel sempurna di cat mobil. Kalau dibiarkan, justru menjadikan umur coating jadi lebih pendek dari seharunsnya. Setidaknya, steam mobil bisa dilakukan 2 hari setelah coating dilakukan. 

Bagian mesin

Keadaan bagian mesin yang kotor memang tidak bagus untuk kendaraan kamu. Karena itulah, bagian ini perlu dibersihkan agar kondisinya tetap prima. Walau demikian, untuk teknik steam mobil perlu lakukan dengan hati-hati. Utamanya karena di bawah kap mesin, banyak komponen kelistrikan seperti aki.

Jika di mobil terbaru, beberapa sudah yang dilengkapi anti air atau kover sehingga aman jika dicuci menggunakan steam atau air bertekanan tinggi. Namun tetap saja, perlu hati-hati. Bahkan kalau bisa, bagian dibalik kap mesin ini tidak perlu dicuci steam untuk menghindari korsleting.

Bagian sensor kendaraan

Terakhir, coba hindari bagian sensor kendaraan. Ditakutkan jika dicuci dengan air tekanan tinggi justru bisa mengurangi fungsional dari sensor tersebut. Contohnya pada sensor untuk parkir. Untuk membersihkannya, kamu bisa mencuci dengan lebih berhati-hati, tidak terlalu sering, dan tidak menggunakan steam mobil. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu steam mobil dan apa-apa saja yang harus diperhatikan ketika akan mencuci mobil dengan teknik steam. Sebelum memilih untuk melakukan cuci steam mobil, coba perhatikan berbagai hal yang telah dilampirkan di atas. Karena di samping berbagai manfaat yang akan didapatkan, untuk beberapa kondisi mobil justru cuci steam mobil perlu dihindari.

Kenali kondisi mobil kamu terlebih dahulu agar mengetahui apakah teknik cuci steam mobil cocok dan tidak akan merusak kendaraan, terlebih bagian bodi yang baru saja di repaint. Mulai perkaya diri dengan informasi otomotif agar kamu bisa merawat kendaraan dengan cara yang benar.

Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat, jangan lewatkan juga informasi terkait otomotif lainnya di Moladin. Tidak hanya menjadi platform jual beli mobil bekas online berkualitas di Indonesia, kami juga menyediakan video menarik yang ada di Youtube official Moladin. Karena #MoApapunMoladin aja! 

 

Baca juga  Biaya Pasang Sarung Jok Mobil, Sesuai Selera

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika