by

Biaya Perbaikan Bodi Mobil Penyok, Semahal Apa?

Biaya perbaikan bodi mobil penyok beragam, mulai dari tingkat kerusakan, posisi, hingga warna cat mobilnya. Selain itu harga antara bengkel resmi, bengkel spesialis reparasi bodi, dan bengkel di pinggir jalan atau ketok magic juga tentunya berbeda.

Masalah bodi mobil penyok memang bikin nilai estetika memudar. Karenanya jika mobil mengalami kejadian yang membuat bodinya penyok, tentu saja pemiliknya berpikir untuk segera memperbaikinya.

Meski demikian, masih banyak pemilik mobil yang bingung mengenai harga perbaikan penyok tersebut. Mahal atau murah?

Sebelum membahas lebih jauh biaya perbaikan bodi mobil penyok, ada baiknya mengetahui bahwasanya perbaikan bisa lewat bengkel ketok magic yang tersebar di pinggir-pinggir jalan, di bengkel reparasi bodi atau  di bengkel resmi.

Biaya perbaikan bodi mobil penyok di bengkel ketok magic

Biaya Perbaikan Bodi Mobil Penyok
Bengkel krtok magic

Siapa yang tak kenal bengkel ketok magic, bengkel reparasi bodi mobil yang awal mulanya muncul di Blitar ini sudah menyebar di beberapa kota besar seperti Jakarta.

Bengkelnya sederhana dan terkadang terletak di sudut-sudut jalan. Ciri khas utama bengkel ini adalah adanya pintu pagar yang tinggi dengan tulisan besar “bengkel ketok magic blitar”.

Harganya memang terbilang murah, untuk tingkat penyok kecil dan ringan umumnya dipatok harga Rp 300 ribu. Namun jika tingkat kerusakan atau penyoknya parah, biaya yang dikenakan juga bisa mencapai jutaan rupiah.

Baca juga  5 Tips Ganti Shockbreaker Mobil, Jangan Asal!

Kelebihan bengkel ketok magic adalah selain harga yang terbilang murah, waktu pengerjaanya juga tergolong cepat. Untuk kerusakan ringan hanya memerlukan waktu tidak sampai 2 jam.

Biaya perbaikan bodi mobil penyok di bengkel reparasi bodi

Biaya Perbaikan Bodi Mobil Penyok
ilustrasi bengkel reparasi bodi

Berbeda dengan bengkel ketok magic, meski sama-sama berperan memperbaiki bodi mobil yang penyok atau rusak, bengkel reparasi bodi umumnya peralatannya lebih lengkap dibandingkan bengkel ketok magic.

“Biaya perbaikan penyok mobil per panel sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu. Itu sudah dengan pengecatan. Sedangkan untuk waktu yang dibutuhkan, jika penyoknya sedikit bisa ditunggu, setengah harian kurang lebih, namun jika penyoknya lumayan parah ya sekitar dua sampai tiga harian. Itu juga kalo tidak ada antrian,” ungkap Mulyadi, salah mekanik bodi repair dikawasan Cinere. (6/9/2021).

“Beda halnya dengan kerusakan yang parah seperti habis mengalami tabrakan, otomatis ada beberapa bagian yang pecah pada bagian bodi, atau bagian belakang ringsek. Itu biayanya bisa di atas Rp 8 jutaan dan membutuhkan waktu bisa satu minggu lebih,” imbuh Mulyadi.

Biaya perbaikan bodi mobil penyok di bengkel resmi

Biaya Perbaikan Bodi Mobil Penyok

Beberapa Agen Pemegang Merk (APM) kini sudah membuka bengkel perbaikan bodi dan pengecatan seperti contohnya Daihatsu.

“Untuk perbaikan bodi dan pengecatan mobil di bengkel resmi Daihatsu dihitung per panel. Dimulai dari harga 680 ribu sampai dengan harga Rp 1,2 juta per panel. Harga tersebut sudah termasuk perbaikan bodi, pengecatan serta jasanya. Oh ya, harga juga sudah termasuk PPN 10%,” terang Aris Triyono selaku Service Advisor Astra Daihatsu.

Baca juga  5 Rekomendasi Knalpot Mobil Racing Terbaik, Awas Salah Pilih

Biaya perbaikan bodi mobil penyok yang dipatok bengkel resmi memang terbilang lebih mahal dari bengkel ketok magic ataupun bengkel reparasi bodi.

Meski demikian, bengkel resmi memberikan garansi 6 bulan atau 10 ribu kilometer untuk hasil pengerjaanya.

“Harga perbaikan bodi mobil penyok atau pengecatan di bengkel resmi memang lebih mahal dibandingkan bengkel reparasi bodi mobil atau ketok magic. Sebab mekanik yang mengerjakan perbaikan bodi dibengkel kami tentunya sudah mendapatkan pelatihan dan standar yang ditentukan oleh manajemen. Selain itu juga untuk kualitas cat kami pastikan sesuai dengan komposisi dan jenis cat mobil yang di perbaiki. Jadi tidak mungkin belang,” imbuh Aris.

Tingkatan penyok mobil

  • Penyok ringan

Biaya Perbaikan Bodi Mobil Penyok
Penyok pada bumper belakang mobil

Penyok ringan umumnya terjadi disebabkan karena kurang kehati-hatian saat parkir mobil yang akhirnya menyenggol objek tertentu, mobil tertimpa suatu benda, misalnya mobil diparkir di bwah pohon mangga dan kemudian mobil tersebut kejatuhan mangga dan mengakibatkan penyok. Atau bisa juga disebabkan karena bersenggolan yang tidak terlalu kencang dengan kendaraan lain saat di jalan raya.

  • Penyok sedang

Penyok sedang bisa terjadi karena kurang kehati-hatian saat memarkir mobil namun dengan dibarengi rasa buru-buru. Akhirnya berimbas dengan menabrak suatu objek, misalnya tembok atau pintu garasi yang lumayan kencang. Atau bersenggolan dengan pengendara lain di jalan raya namun saat mobil dengan kecepatan di atas 40 km/jam.

Baca juga  6 Tips Merawat Mobil untuk Pemula, Sederhana dan Mudah!

Tentu saja hal tersebut akan mengakibatkan penyok mobil yang lumayan parah. Penyok pada bodi mobil dengan tingkatan sedang tersebut bisa mengakibatkan pecah atau robek pada bodi mobil.

Alhasil, perbaikannya juga membutuhkan biaya dan waktu yang lumayan lama.

  • Penyok berat atu ringsek

Biaya Perbaikan Bodi Mobil Penyok

Umumnya disebabkan karena tabrakan di jalan raya dengan kecepatan di atas 80 km/jam. Bisa karena kurang hati-hati dan akhirnya menabrak kendaraan lain atau disebabkan karena faktor bencana alam seperti tertimpa pohon.

Untuk tingkat penyok yang berat biaya perbaikannya pasti mahal. Sebab selain mengecat ulang bagian yang penyok, tentunya pihak bengkel juga akan memperbaiki bodi yang robek atau pecah tersebut sesuai keadaan normal sebelumnya.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya perbaikan bodi mobil penyok. Jika mobil kamu ada penyok, kamu pilih bengkel yang mana nih?

Untuk informsai otomotif menarik lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru