Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tips Menanjak dengan Mobil Penggerak Roda Depan

by Tigor Sihombing
Toyota Avanza transmisi manual lebih punya daya untuk menanjak

Bagi Anda pengguna mobil penggerak roda depan pernahkan ragu saat hendak melintas di area jalan dengan tanjakan curam?

Pada kenyatannya melewati tanjakan dengan mobil penggerak roda depan seringkali menimbulkan keraguan bagi sebagian orang.

Tak terkecuali pengendara mobil baru berpenggerak roda depan semisal Toyota Avanza, Veloz, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, juga Honda Mobilio maka tanjakanan curam akan menjadi momok untuk ditaklukan terlebih saat beban kabin penuh. 

Kekhawatiran akan kehilangan traksi dan kemungkinan mundur atau tergelincir seringkali menghantui. Namun, dengan pemahaman dan strategi yang tepat, situasi tersebut bisa diatasi dengan baik.

mobil penggerak roda 4Berikut adalah beberapa tips menanjak di tempat curam untuk mobil penggerak roda depan.

Pertama-tama, penting untuk memahami bahwa mobil dengan penggerak roda depan memiliki kelemahan dalam traksi saat menanjak dibandingkan dengan mobil penggerak roda belakang.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya tekanan bobot kendaraan pada ban depan saat mobil berada dalam posisi miring di tanjakan.

Namun demikian, hal ini tidak berarti tidak dapat diatasi. Pengemudi perlu memahami situasi dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi tantangan tersebut.

Baca juga  Kenali Fungsi Thermostat Mobil dan Ciri Kerusakannya

Atur Tekanan pada Pedal Gas

mobil penggerak roda 4

Dalam mobil dengan transmisi manual, melepas kopling, rem tangan, dan menginjak gas harus dilakukan dengan perlahan serta bertahap.

Praktisi keselamatan berkendara, Jusri Pulubulu, menekankan dalam mengendarai mobil penggerak roda depan pentingnya mengatur pedal gas, rem, dan kopling dengan halus dan penuh perhitungan.

“Dalam mobil dengan transmisi manual, melepas kopling, rem tangan, dan menginjak gas harus dilakukan dengan perlahan. Semua harus dilakukan secara halus dan bertahap,” jelas Jusri.

Misal, saat melepas rem tangan, langkah pertama adalah menginjak pedal gas secara perlahan. Pada mobil dengan transmisi manual, langkah ini diikuti dengan melepas pedal kopling secara perlahan sambil mengikuti momentum gerakan mobil ke depan.

“Selanjutnya membiarkan mobil menanjak dengan kecepatan yang perlahan adalah salah satu strategi efektif dalam mengatasi tanjakan curam dengan mobil penggerak roda depan,” kata Jusri.

Harga mobil MPV Toyota November 2023

Harga Avanza menyentuh Rp 270 jutaan

Pengemudi juga perlu menghindari tindakan terburu-buru dalam menginjak pedal gas, karena hal ini dapat meningkatkan risiko selip pada ban depan. Situasi akan menjadi lebih buruk lagi jika permukaan jalan licin akibat hujan atau pasir.

Baca juga  Wuling Rilis Program Year End Surprise 2020, Ini Kelebihannya

Selain itu, Jusri menyarankan agar pengemudi tetap tenang dan menghindari panik. Kecemasan yang berlebihan hanya akan memperparah situasi.

“Jadi, jangan langsung menginjak gas dengan kuat. Jika dilakukan secara sembarangan, bisa saja ban berputar. Lakukan semua dengan tenang,” tambah Jusri.

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, penting bagi pengemudi untuk memahami dan memanfaatkan berbagai fitur mobil yang dapat membantu dalam menghadapi tantangan di tanjakan, seperti fitur kontrol traksi dan sistem pengereman anti terkunci (ABS).

komparasi veloz

Toyota Avanza kuat nanjak, meski dengan susah payah higga membuat kopling ngebul.

Salah satu hal yang sangat penting adalah selalu mempertahankan jarak yang aman antara kendaraan di depan dan di belakang. 

Dengan pemahaman yang baik tentang mobil dan teknik mengemudi yang tepat, tantangan menanjak dengan mobil penggerak roda depan dapat diatasi dengan lebih mudah dan aman.

Demikian ulasan tips menanjak dengan mobil penggerak roda depan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika