Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Jalan Paling Ekstrem di Dunia, Berani Naik Mobil ke Sana?

by Tigor Sihombing
jalan paling ekstrim di dunia

Kira-kira dimana ya, jalan paling ekstrem di dunia, utamanya untuk para pengendara mobil? Buat kamu yang penasaran, ternyata ada jalan yang sangat berbahaya dan curam di berbagai belahan dunia. Maka dari itu, perlu keberaniah khusus untuk kamu bisa melewatinya.

Umumnya jalan-jalan ini memiliki keunikan tersendiri, Ada yang disebut ekstrem, lantaran kondisi cuacanya. Tersedia pula yang berbahaya, karena tikungannya tajam, serta lain-lain.

Ambil contoh Jalan Yungas di Bolivia yang berada di pinggir tebing, disebut mematikan lantaran kemungkinan mobil terjatuh ke jurang sangat tinggi. Lalu di Dalton Highway, Alaska, Amerika Serikat yang merupakan daerah dingin, sering kali kedapatan salju dengan angin kencang.

Ingin tahu daftar jalan paling ekstrem di dunia? Dalam artikel ini, kami akan bahas secara lengkap yang bisa membuat pengendara mobil ketakutan. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Jalan Yungas, Bolivia (Jalan Kematian)

jalan paling ekstrim di dunia - Yungas Bolivia

Jalan ekstrem di Bolivia

Tahukah kamu, Jalan Yungas juga dikenal sebagai Jalan Kematian, terletak di Bolivia. Jalan paling ekstrem di dunia ini menghubungkan kota La Paz dengan kawasan hutan hujan Yungas.

Jalan Yungas terkenal karena jalannya yang sempit, berliku-liku, dan memiliki tanjakan serta turunan yang curam. Tidak hanya itu, jalan ini juga dikelilingi oleh tebing curam di satu sisi dan jurang dalam di sisi lainnya.

Kondisi jalanan yang buruk dan cuaca yang tidak menentu membuat Jalan Yungas menjadi salah satu jalan paling berbahaya di dunia. Banyak orang yang memilih untuk mengunjungi jalan ini  hanya untuk sekedar merasakan sensasi yang menegangkan, namun tetap perlu berhati-hati karena risiko kecelakaan yang tinggi.

2. Jalan Guoliang, Cina

jalan paling ekstrim di dunia

Jalan Guoliang, Cina

Jalan Guoliang terletak di provinsi Henan, Cina. Jalan ini terkenal karena dibangun di atas tebing-tebing curam dan memiliki terowongan dan jembatan gantung yang menakjubkan. Pada awalnya, penduduk desa setempat memutuskan untuk membangun jalan ini secara mandiri dengan cara mengukir terowongan di tebing curam. Proses pembangunannya memakan waktu bertahun-tahun, namun hasilnya sangat mengesankan.

Sekarang, jalan ini paling ekstrem di dunia yang ada di Cina tersebut menjadi daya tarik wisata yang menarik banyak pengunjung untuk merasakan sensasi mengemudi di atas tebing dengan pemandangan indah di sekitar. Mau ke sana? Ingat saja namanya, Jalan Guoliang di Henan.

3. Dalton Highway, Alaska, Amerika Serikat

jalan paling ekstrim di  - alaska

Jalan di Alaska, ekstrem untuk mobil karena penuh salju dan angin kencang

Dalton Highway adalah jalan terpencil yang menghubungkan kota Fairbanks dengan Deadhorse di Alaska Utara, Amerika Serikat. Jalan ini terkenal karena kondisi cuaca yang ekstrem, dengan suhu yang sangat rendah dan angin kencang.

Jalur ini dibangun untuk mendukung industri minyak di wilayah tersebut. Selain itu, jalan ini juga memiliki sedikit fasilitas di sepanjang jalurnya, membuatnya menjadi tantangan tersendiri bagi para pengemudi.

Perjalanan di Dalton Highway membutuhkan persiapan yang matang, seperti membawa persediaan makanan, bahan bakar, dan peralatan darurat.

4. Jalan Trans-Siberia, Rusia

jalan paling ekstrem di dunia - Rusia

Rusia memiliki jalan paling ekstrem di dunia

Jalan Trans-Siberia adalah salah satu jalan terpanjang di dunia, membentang sejauh 11.000 kilometer dari Moskow hingga Vladivostok di Rusia. Melintasi daratan yang luas dan terisolasi di Siberia, jalan ini menjadi simbol petualangan dan tantangan ekstrem.

Sejarah dan Signifikansi Jalan Trans-Siberia Jalan Trans-Siberia pertama kali dibangun pada awal abad ke-20 sebagai proyek yang ambisius untuk menghubungkan Rusia, Eropa, dengan Siberia Timur dan Wilayah Pasifik. Pembangunannya memakan waktu bertahun-tahun dan melibatkan ribuan pekerja.

Meski memliki jalur yang ekstrem, lokasi ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Perjalanan dimulai dari Moskow, melintasi hutan belantara, dataran yang luas, dan pegunungan yang megah.

Belum lagi siberia dikenal dengan kekayaan alamnya, seperti Danau Baikal yang indah dan dalam, yang merupakan danau air tawar terbesar dan terdalam di dunia. Selain itu, pengemudi akan melewati sungai-sungai yang besar dan mengarungi dataran yang meliputi padang rumput, hutan, dan rawa-rawa yang subur.

Adapun tantangan ketika melewati jalur ini adalak cuaca ekstrem bisa mencapai -40 derajat Celsius di musim dingin, sementara di musim panas, pengemudi harus menghadapi panas yang berlebihan. Selain itu, jalan ini melintasi wilayah yang jarang penduduknya, sehingga pengemudi harus mempersiapkan persediaan makanan, bahan bakar, dan peralatan darurat yang cukup untuk perjalanan yang panjang.

5. Taroko Gorge Road, Taiwan

Jalan Paling Ekstrem di Dunia - taiwan

Jalan paling ekstrem di dunia ada di Taiwan, tepatnya di Taroko Gorge Road

Taroko Gorge Road di Taiwan adalah salah satu jalan paling ekstrem di dunia. Jalan ini memiliki titik lokasi ekstrem yang perlu diperhatikan oleh pengemudi, lantaran berada di ketinggian serta memiliki banyak tikungan tajam. Pengemudi harus berhati-hati dan mengurangi kecepatan saat melewati tikungan agar dapat mengendalikan kendaraan dengan baik.

Tidak sampai disitu, karena kontur jalan yang mengikis pegunungan batu, serta terletak di antara tebing-tebing curam dan ngarai yang dalam, maka kawasan ini juga rawan longsor. Terutama saat musim hujan atau setelah gempa bumi, kemungkinan adanya longsor dan batu jatuh dari tebing sangat tinggi.

Beberapa bagian jalan tidak memiliki pagar pengaman atau penghalang yang memadai. Ini berarti bahwa kesalahan kecil saat mengemudi dapat berakibat fatal. Pengemudi harus menghindari terlalu dekat dengan tepi jalan dan memperhatikan keadaan sekitar untuk menghindari risiko jatuh ke jurang. Belum lagi ditambah cuaca yang tidak menentu dan bisa berubah dengan cepat. Seperti dari cerah ke hujan deras, kabut tebal.

Kondisi akan diperparah jika ada kabut asap dari kebakaran hutan yang kerap terjadi di sana. Pastinya banyak pengendara mobil yang ngeri ketika melewatinya.

Demikian ulasan jalan paling ekstrim di dunia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika