by

6 Cara Mengatasi Rem Mobil Blong di Turunan, Biar Selamat!

Tentu tidak ada yang mau mengalami rusak rem di perjalanan. Walau demikian, sebagai persiapan penting untuk kamu tahu cara mengatasi rem mobil blong. Apalagi masalah ini terjadi di jalan menurun atau turunan.

Salah satu hal penting sebagai solusinya adalah tetap tenang. Terlihat sepele, tapi kalau kamu panik tentu tidak bakal bisa menemukan jalan keluar terbaik.

Bila pikiran tenang, kamu bisa mulai mengingat teknik-teknik yang seharusnya dilakukan. Setidaknya ini penting, agar mobil yang kamu kendarai tidak mengalami kecelakaan fatal.

Lalu apa yang perlu dilakukan agar laju mobil bisa dihentikan. Inilah bahasan lengkap, enam cara mengatasi rem mobil blong saat melakukan perjalanan:

1. Jangan Menginjak Pedal Gas

cara mengatasi rem mobil blong
Kala panik, kamu bisa saja dengan tidak sengaja menginjak pedal gas

Ketika kamu tahu rem mobil blong saat berkendara terutama di turunan, yang harus dilakukan adalah jangan menginjak pedal gas. Pasalnya itu akan membuat kendaraan melaju semakin cepat dan berpotensi lebih sulit untuk dikendalikan.

“Hindari menginjak pedal gas karena akan menambahkan kecepatan tinggi pada mobil,” kata Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi seperti dikutip dari rilis resmi yang kami terima pada Kamis (7/10/2021).

Baca juga  5 Tips Beli Mobil Eropa Bekas untuk Pemula

2. Jangan Langsung Mematikan Mesin

cara mengatasi rem mobil blong
Dalam kondisi mesin yang mati justru membuat mobil lebih sulit dikendalikan

Cara mengatasi rem mobil blong juga dapat dilakukan dengan tidak mematikan mesin secara langsung. Pasalnya ini justru bisa membuat pengendara lebih sulit dalam mengendalikan arah mobil.

Kalau mesin mati, pompa power steering juga tidak aktif. Alhasil setir terasa berat dan jadi sulit dikendalikan.

3. Aktifkan Hazard dan Tekan Klakson

cara mengatasi rem blong mobil
Tekan klakson berkali-kali agar pengguna jalan lain tahu kalau mobil kamu bermasalah

Segera aktifkan hazard dan tekan klakson, merupakan cara mengatasi rem mobil blong selanjtunya. Saat menekan klakson pun jangan cuma sekali tapi berkali-kali. Tujuannya supaya pengemudi lain tahu, bahwa mobil kamu sedang mengalami masalah.

Jika mereka tahu, setidaknya bisa berhati-hati dan menghindar dari potensi kecelakaan dengan mobil kamu.

4. Pompa Terus Rem dengan Kaki

penyebab rem blong
Tidak ada salahnya pompa terus rem mobil kamu supaya mendapatkan kembali gigitannya

Kemudian, kamu bisa coba terus pompa rem dengan kaki berkali-kali. Hal ini dimaksudkan agar tekanannya bisa kembali seperti semula. Kalau berhasil, setidaknya kamu jadi bisa menghentikan laju kendaraan dengan mudah.

Walau demikian, sebaiknya jangan lanjutkan dulu perjalnaan. Lebih baik periksa dulu sistem pengereman secara mandiri. Kalau kamu tidak bisa, langsung hubungi bengkel mobil terpercaya agar kerusakan rem bisa dicek segera.

Baca juga  Jangan Beli Toyota Innova Bekas, Sebelum Baca Ini!

5. Gunakan Rem Tangan

cara mengatasi rem mobil blong 001
angkat rem tangan secara perlahan supaya tidak membahayakan pengendara lain

Ketika rem kaki sudah tidak lagi bisa digunakan, cara mengatasi rem mobil blong berikutnya adalah manfaatkan rem tangan. Untuk mobil-mobil yang masih pakai rem tangan manual, kamu bisa tarik tuasnya secara hati-hati.

Rasakan dulu gigitan rem tersebut di bagian kaliper roda, agar tidak melakukan pengereman mendadak. Pasalnya kalau sampai tiba-tiba berhenti di jalan, bisa jadi mobil kamu ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain.

Jadi perlahan saya angkat rem tangannya, hingga mobil pelan-pelan melambat. Arahkan pula mobil ke pinggir jalan atau lokasi yang sekiranya aman.

6. Tabrak Benda yang Lunak

berkendara mobil
Arahkan mobil ke benda yang lunak, bisa semak-semak, tumpukan ban, atau gundukan tanah

Bila semua cara di atas tidak berhasil, cara mengatasi rem mobil blong selanjutnya bisa dengan menabrakkan mobil ke benda yang lunak. Sebut saja semak-semak, gundukan tanah, tumpukan ban dan pasir.

Kalau di jalan tol, biasanya ada jalur evakuasi. Tempat ini terdiri dari gundukan tanah atau tumpukan ban yang memang ditujukan buat mobil-mobil yang mengalami rem blong di turunan.

Baca juga  10 Tips Penting Saat Membeli Mobil Bekas

“Jalur evakuasi biasa terdapat pada sisi kiri jalan tol terutama untuk jalan tol yang menurun, kondisi jalan evakuasi berupa jalan tanjakan dan diunjungnya terdapat gundukan tanah atau tumpukan ban,” beber Hariadi.

Itulah tadi tips mengatasi rem mobil blong. Kami harap bisa membantu kamu saat mengalami masalah di perjalanan, tapi yang lebih penting semoga hal tersebut tidak sampai terjadi. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru