by

Kisaran Harga Honda Freed Bekas, Masih Mahal?

Menyandang predikat sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV), harga Honda Freed bekas di pasaran terbilang stabil. Padahal MPV ini sudah disetop penjualannya untuk model baru sejak 2016, penyebabnya penjualan Honda Freed terus menurun dari tahun ke tahun.

Meski begitu, pamor Freed sebagai kendaraan keluarga yang nyaman masih berlaku hingga sekarang. Ahmad Sodikin, pedagang mobil bekas di bilangan Klender Jakarta Timur mengatakan, unit Freed masih banyak yang cari.

“Kebanyakan yang cari bekasnya sepertinya keluarga muda. Mungkin karena mobil ini nyaman untuk membawa penumpang anak-anak makanya dicari. Desainnya juga tidak ketinggalan zaman,” kata Ahmad kepada Moladin.com. 

Alasan Beli Honda Freed Bekas

alasan beli honda freed
Mobil ini cukup nyaman untuk mengangkut seluruh anggota keluarga

Honda Freed sendiri merupakan mobil yang ada di segmen LMPV pintu geser. Salah satu alasan mengapa layak dijadikan mobil incaran adalah  tampilannya cukup mewah.

Kemudian ada pula fitur automatic sliding door, captain seat, dan ruang penumpang yang lumayan memberikan kenyamanan berada di dalamnya. Belum lagi desain interior dan dual layer dashboard yang unik membuat kabin terasa lebih lapang.

Waktu baru diluncurkan pertama kali di Indonesia, Honda Freed ditawarkan pada harga Rp 237 jutaan untuk tipe non automatic sliding door. Kemudian Rp 257 jutaan untuk power sliding door dengan dual SRS Airbag.

Bicara dapur pacu, mobil ini mengusung mesin yang sama dengan Honda Jazz, berkapasitas 1.500 cc, berkonfigurasi 4 silinder segaris i-VEC yang digerakan oleh transmisi 4-speed automatic.

Baca juga  Daftar Harga Toyota Agya Bekas, Jangan Pilih yang Murah!

Untuk kamu yang sedang berburu MPV Freed mungkin ini saat nya. Terlebih sekarang harga Honda Freed bekas sudah lumayan terjangkau. Yakni berkisar mulai Rp 100 jutaan.

Untuk rata-rata kondisi unitnya pun masih terbilang bagus. Maklum saja, jika dihitung dari awal peluncurannya. Mobil tertua Honda Freed sudah berusia 12 tahun.

Dari pada penasaran, berikut harga Honda Freed bekas yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber.

Honda Freed Bekas Harganya Mulai Rp 100 Jutaan

Harga honda freed bekas
Sosok Honda Freed PSD 2009

Di pasaran mobil bekas, Honda Freed tersedia varian A (Alpha), S, dan E PSD. Semua variannya menggunakan transmisi automatic.

Untuk besutan tahun 2009 harga Honda Freed bekas dibuka dengan harga Rp 125 juta untuk type tertingi PSD dan Rp 112 juta untuk trim S nya. Sedangkan versi terendahnya ada yang menjual dengan buka harga dikisaran Rp 102 juta.

Sedangkan di tahun 2012 Honda Freed sudah punya versi facelift. Ubahannya kala itu terbilang minor.

Hanya desain grille yang mirip dengan versi parts Modulo. Pelek juga mendapatkan desain baru. Pun dengan lampu utama dan belakang yang sedikit mengalami revisi desain.

Pada interior, sudah punya kombinasi warna beige dengan hitam. Pada model ini juga sudah mengaplikasi sistem audio video layar sentuh yang kompatibel dengan iPod, iPhone, Bluetooth dan konektor USB.

Untuk harga bekasnya. Honda Freed PSD lansiran 2012 facelift buka harga mulai Rp 138 jutaan. Sedangkan trim S di bawahnya berkisar sekitar 120-125 jutaan. 

Baca juga  3 Kelebihan Honda City Hatchback RS Dibanding Kompetitor

Untuk kamu yang punya budget lebih minim, trim E juga bisa dilirik. Model ini dibanderol mulai harga Rp 110 jutaan. Meskipun fiturnya lebih minim namun tidak meninggalkan kesan mewah dari Honda Freed.

Berikutnya adalah harga Honda Freed bekas keluaran terakhir yang beredar dipasaran 2015-2016. Unit ini mendapat kelengkapan fitur semisal AC double blower, power sliding door untuk penumpang sisi sebelah kanan dan kiri, interior lamp, fog lamp, serta kacanya dibalut oleh film kaca V-Kool (tipe S).

Dua varian Honda Freed terbaru ini pun juga masing-masing telah dibekali dengan dual SRS Airbags. Honda Freed juga masih mempertahankan suspensi MacPherson Strut yang akan memberikan kenyamanan ekstra kepada pengemudi dan penumpangnya.

Sementara itu, untuk ruang dapur pacunya, Honda memang tak banyak memberikan perubahan.

Mobil keluarga generasi baru ini masih tetap mengandalkan mesin lama yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 PS pada putaran mesin 6.600 rpm serta torsi sebesar 146 Nm pada 4.800 rpm.

Di pasaran untuk harga tertinggi Honda Freed PSD 2015 dibuka harga Rp 170 jutaan. Sedangkan type bawahnya Honda Freed S dibanderol mulai harga Rp 140-150 jutaan. Sedangkan type E, yang merupakan trim terendah di pasaran harganya berkisar Rp 120 – 135 jutaan.

Baca juga  Review Toyota Camry XV50, Sedan Mewah Seharga Vios!

Kesimpulan

Harga Honda Freed Bekas
Satu hal yang harus diperhatikan ketika memboyong Freed, sudah melakukan recall air bag secara resmi.

Terakhir sebagai catatan. Untuk kamu yang menginginkan mobil untuk harian atau sebagai kendaraan kedua sebagai mobil antar jemput anak berkegiatan mobil ini sangat cocok, meski digunakan dalam mobilitas yang tinggi.

Konsumsi BBM yang irit seperti Honda Jazz dan desain yang lumayan kompak tentunya akan sangat memberikan kenyamanan saat berkendara di lalu lintas yang padat.

Namun satu hal yang harus diperhatikan ketika ingin memboyong mobil ini bekasnya adalah dengan memastikan mobil tersebut sudah melakukan recall air bag secara resmi. Hal ini tentunya berpotensi membahayakan penumpang depan atau pengemudi pada saat terjadi kecelakaan. 

Terutama untuk Honda Freed produksi 2014-2016. Recall Honda Freed dilakukan untuk mengganti airbag inflator sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya keadaan. Di mana airbag mungkin mengembang secara berlebih (over deployment) akibat tekanan gas yang berlebihan dalam komponen airbag inflator.

Kemudian masalah-masalah Honda Freed yang perlu diperhatikan, sebut saja sliding door yang kerap berisik. Ada pula persoalan dibagian kaki-kaki yang sudah tidak optimal dalam meredam guncangan, maklum faktor usia.

Oleh karenanya, ketika membeli Honda Freed bekas bukan cuma siapkan uang untuk menebusnya. Kamu juga perlu punya tambahan bujet melakukan perbaikan, minimal 10 persen dari harga beli mobil.

Demikian ulasan terkait harga Honda Freed bekas. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru