by

7 Masalah Honda Freed Bekas yang Sering Dikeluhkan

Masalah Honda Freed bekas di bawah ini mungkin berguna untuk kamu yang ingin membeli unitnya. Karena walau mobil bergenre Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut sudah diproduksi lagi dalam versi baru, unit bekasnya cukup banyak dicari oleh konsumen Tanah Air.

Maka dari itu penting untuk mengetahui masalah Honda Freed bekas, supaya bisa mendapatkan unit yang sehat. Mobil bekas dengan unit yang sehat tentunya akan menguntungkan untuk pembeli.

Karena tidak perlu lagi banyak perbaikan, yang tentunya mengeluarkan uang lebih banyak. Selain itu, dengan mengetahui masalah Honda Freed bekas di awal kamu jadi bisa berkendara tanpa perlu was-was.

Langsung saja. Berikut masalah Honda Freed bekas yang umum terjadi :

1. Bagasi Sempit

Masalah Honda Freed Bekas
Seluruh penumpang Honda Freed memiliki keleluasaan ruang gerak yang terbilang baik.

Masalah Honda Freed bekas yang pertama adalah soal bagasi yang sempit. Honda Freed  merupakan salah satu MPV yang memberikan kenyamanan kepada seluruh penumpangnya dari baris pertama hingga ke-3.

Seluruh penumpang Honda Freed memiliki keleluasaan ruang gerak yang terbilang baik. Sayangnya karena hal ini, ada konsekuensi yang harus dibayar, yakni kabin jadi terasa sempit untuk membawa barang.

Terutama di bagasai Honda Freed bagian belakang. Padahal MPV identik dengan kabin bagasi yang luas. Meskipun kursi belakang (baris ke-3) sudah dilipat, bagasi dari Honda Freed tetap tidak seluas mobil MPV salah satu kompetitornya.

2. Performa Mesin Kendur

Masalah Honda Freed Bekas
Mesin Honda Freed

Honda Freed dibekali dengan mesin terbaik mereka yakni L15A dengan teknologi teknologi i-VTEC. Mesin ini memiliki berkapasitas 1.500 cc, tenaganya 118 hp dan torsi 146 Nm.

Baca juga  Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, Mana Pilihanmu?

Tapi beberapa keluhan terkait mesin ditemukan di forum-forum yakni masalah performa yang turun drastis. Misalnya soal akselerasinya sudah tidak responsif setelah beberapa tahun pemakaian, dan sulit untuk diajak ‘lari’, terutama di atas kecepatan 100 km/jam.

Putra, mekanik bengkel di bilangan Otista Jakarta Timur menjelaskan  gejala merosotnya performa Freed disebabkan penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai kebutuhan.

“Masalah Honda freed bekas terkait performa kendur juga bisa berhubungan dengan busi, karena busi standarnya tidak kuat jika bahan bakar diisi dengan bahan bakar yang kualitasnya kurang baik,” kata Putra.

Putra mengatakan, jika masalah ini sudah melanda pengguna Honda Freed ada baiknya ganti pula busi berjenis iridium standar pabrikan. Oh iya untuk busi standar pabrikan Honda Freed adalah  NGK IZFR6K-13 Laser Iridium.

Jangan sampai salah ya, karena efek penggunaan busi yang tidak sesuai spesifikasi akan membuat bahan bakar sedikit menjadi boros.

Lalu selain mesin, biasanya keluhan Honda Freed terjadi pada girboks dikarenakan oleh umur pemakaian. Misalnya timbul suara aneh saat pindah tuas transmisi otomatis. Gejala lain adalah ada efek mengentak yang tidak nyaman saat berpindah gigi.  Jika mengalaminya, segera bawa ke bengkel terpercaya.

3. Kaki-Kaki Sudah Tidak Optimal

masalah honda freed
Kaki-kaki Honda Freed tahun lama umumnya sudah termakan usia

Penyakit atau masalah Honda Freed bekas selanjutnya ada di bagian kaki-kaki mobil yang sudah tidak optimal dalam meredam guncangan jalan. Hal ini sesungguhnya wajar terjadi karena usia pakai, serta sering melewati kondisi jalan yang tidak mulus.

“Umumnya pemilik Honda Freed mengeluhkan kaki-kaki dan steeringnya, di bagian lower arm, link stabilizer, rack end, tie rod end, rubber support shock absorber dan wheel bearing belakang,” kata Putra mekanik mobil di bilang Otista Jakarta Timur.

Baca juga  3 Masalah Honda Civic FD yang Sering Dikeluhkan

Jika keluhan terjadi di bagian kaki-kaki, kamu bisa melakukan servis di bengkel terpercaya. Dapat pula dilakukan penggantian komponen, hanya saja memang harganya tidak murah.

4. Fasilitas Hiburan Bisa Saja

Masalah Honda Freed Bekas
Sistem audio Freed sering dikeluhkan biasa saja

Meski dijejali dengan desain interior yang lumayan memikat. Namun untuk kualitas dan fasilitas hiburan Honda Freed terbilang biasa saja. 

Layar kontrol terbilang kecil yakni berukuran 6,1 inci. Kemudian hanya memiliki kemampuan memutar CD, MP3 player dan soket USB. Pun dengan kualitas audio yang biasa saja. Berbeda dengan beberapa kompetitornya yang sudah menyediakan kualitas audio lebih baik.

Beberapa model Honda Freed juga belum memiliki port khusus charging HP. Jika kamu ingin melengkapi fasilitas hiburan ini, bisa diatasi dengan memasang perangkat sendiri di toko aksesoris dengan budget tambahan.

5. Sliding Door Bunyi

Masalah Honda Freed Bekas
Solusi sliding door bunyi cukup setel di bagian pin locknya di bengkel terpercaya.

Masalah Honda Freed bekas lainnya adalah tekait sliding door atau pintu geser yang mengeluarkan bunyi-bunyian. Hal ini akan timbul terutama karena pemilik sebelumnya kurang merawat fasilitas sliding door ini.

“Sliding door bunyi umunya karena sistem engselnya di atas dan bawah yang sudah termakan usia, jadi rentang goyang. Ditambah bobot pintunya yang terbilang berat turut berpengaruh,” tambah Putra.

Solusinya cukup setel ulang pintu sliding door Freed, terutama bagian pin locknya sampai center lagi. Selanjutnya karet-karet disemprot dengan rubber silicone agar lebih elastis.

Baca juga  4 Rekomendasi Hatchback Bekas di Bawah Rp 100 juta

6. Kaca Lampu Berembun

Masalah Honda Freed Bekas
Jika kondisi luar lampu memang masih nampak terlihat bagus, masuknya air juga bisa disebabkan dari pemasangan soket lampu yang tidak pas.

Masalah Honda Freed bekas lainnya adalah kaca lampu belakang yang sering berembun. Kasus ini kami temukan di beberapa forum otomotif dimana para pengguna Honda Freed lawas mengeluhkan soal ini.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. “Jika kondisi luar lampu memang masih nampak terlihat bagus, masuknya air juga bisa disebabkan dari pemasangan soket lampu yang tidak pas, atau bakan adanya retakan kecil di bagian belakang yang dapat menyebabkan air dapat masuk melalui celah-celah tersebut,”

Bisa juga karena faktor dari sealant pelindung lampu yang mengalami kebocaran yang disebabkan karena faktor usia. Jika sudah seperti ini jangan didiamkan, kerena bisa menyebabkan jamur sehingga membuat lampu menjadi kusam dan tidak maksimal penerangannya.

7. Airbag Kena Recall

Masalah Honda Freed Bekas
Honda pernah melakukan recall untuk Freed terkait masalah airbag

Recall bertujuan baik untuk melindungi pemilik kendaraan dari kerusakan dan dampak kecelakaan yang serius. Seperti pada Honda Freed ini.

Jika kamu meminangnya terutama Honda Freed produksi 2014-2016, pastikan mobil tersebut sudah masuk kedalam jalur perbaikan di bengkel resmi.

Recall Honda Freed terjadi untuk penggantian airbag inflator dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya keadaan dimana airbag mungkin mengembang secara berlebih (over deployment) akibat tekanan gas yang berlebihan dalam komponen airbag inflator.

Hal ini tentunya berpotensi membahayakan penumpang depan atau pengemudi pada saat terjadi kecelakaan.

Demikian ulasan terkait masalah Honda freed bekas. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru