by

5 Cara Membasmi Kecoa di Mobil, Awas Salah Langkah!

Bagaimana cara membasmi kecoa di mobil? Mungkin pertanyaan ini kerap terbesit dibenak kalian. Meningat keberadaan serangga, kerap mengganggu kenyamanan kamu ketika mengemudi.

Selain kecoa, serangga lain seperti nyamuk dan lalat pun biasanya muncul di kabin kendaraan kesayanganmu. Jangan sampai keberadaan serangga di mobil membuat resah, ketika kalian mengemudi.

Pasalnya ada sebagian orang yang phobia terharap serangga, seperti kecoa. Dampaknya bahkan bisa membahayakan kalian, lho! Bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan hilang konsentrasi yang berujung kecelakaan.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk memastikan dapat membasmi serangga di dalam mobil, serta memastikan kabin selalu bersih agar berkendara pun semakin nyaman. Sebagai gambaran untuk kalian, setidaknya ada beberapa cara membasmi kecoa di mobil.

Penasaran ingin tahu cara membasmi kecoa di mobil? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Semprot Insektisida Merupakan Cara Membasmi Kecoa di Mobil yang Ampuh

Cara membasmi kecoa di mobil
Memahami cara membasmi kecoa di mobil dengan Insektisida

Cara membasmi kecoa di mobil yang cukup ampuh bisa kalian lakukan. Mungkin dengan menggunakan insektisida alias obat nyamuk semprot.

Obat nyamuk aerosol yang banyak dijajakan di pasaran, cukup ampuh untuk membunuh kecoa dalam waktu singkat. Pun begitu, kalian perlu tahu langkah yang tepat dalam penggunaannya.

Langkah pertama kamu bisa menutup semua lubang yang ada di mobil, seperti jendela dan juga pintu. Saat kalian melihat kecoa, segera semprot insektisida tepat di tubuhnya.

Apabila kalian tidak melihat keberadaan kecoa, kamu bisa semprotkan saja insektisida di dalam kabin secukupnya. Setelah itu kamu harus keluar, dan pastikan seluruh pintu dan jendela mobil tertutup secara rapat.

Ketika kalian selesai menyemprotkan insektisida ke dalam, sebaiknya jangan masuk ke dalam kabin selama kurun waktu lebih dari 12 jam. Kecoa yang terkurung di dalam mobil bersama dengan udara yang mengandung insektisida dipastikan akan mati secara seketika.

2. Bunga Melati, Ampuh Untuk Menumpas Kecoa

Bunga melati untuk membasmi kecoa di mobil
Bunga melati jadi cara membasmi kecoa di mobil yang cukup jitu

Membahas cara membasmi kecoa di mobil berikutnya, mungkin kamu bisa menggunakan bunga melati. Langkah ini juga berdampak pada kabin yang jadi harum, lho!

Baca juga  9 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Berikut Solusinya

Membasmi kecoa dengan bunga melati ini jadi salah satu langkah yang cukup praktis. Meskipun cara membasminya tidak dapat secara instan.

Kalian cukup mengambil beberapa bunga melati yang masih segar.  Selanjutnya taburkankelopak bunga melati di karpet mobil atau celah-celah mobil yang biasa menjadi tempat persembunyian kecoa.

Bagi manusia, aroma melati sedap untuk dihirup, namun wewangian bunga melati justru sangat mengganggu bagi kecoa. Supaya kecoa dapat menyingkir dari dalam mobil, sebaiknya kalian berikan celah seperti membuka sedikit jendela sebagai jalan keluar bagi kecoa.

3. Kapur Barus

kapur barus
Kapur barus ampuh untuk mengusir serangga di mobil

Solusi lain dalam menghilangkan kecoa bisa dengan cara menggunakan kapur barus. Cara membasmi kecoa di mobil yang satu ini cukup ampuh dan mudah, lho!

Aroma kapur barus sangat disukai oleh kecoa. Jika kamu meletakkan beberapa potong kapur baru dan membiarkan pintu dan jendela mobil dalam kedaan tertutup, maka kecoa akan berusaha keluar meninggalkan mobil.

Jika ingin proses pembasmian kecoa lebih cepat, kamu bisa gunakan kapur barus dan semprotkan insektisida secara bersamaan. Bila dirasa ada celah, bisa dipastikan kecoa akan langsung keluar dari dalam mobil kalian.

Namun bila tidak ada sirkulasi udara di dalam mobil. Bisa dipastikan kecoa-kecoa yang bersarang di mobil kalian akan mati secara perlahan-lahan.

Oh ya, bila menggunakan kapur barus dan insektisida. Sebaiknya kalian kondisinya tidak menggunakan mobil kurang lebih 12 jam. Karena ditakutkan akan mengganggu pernafasan ketika berkendara.

4. Baking Soda

Baking Soda untuk membasmi kecoa di mobil
Baking Soda sebagai cara membasmi kecoa di mobil

Buat kalian yang masih penasaran terkait cara membasmi kecoa di mobil. Langkah selanjutnya kamu mungkit bisa menggunakan perangkap sendiri, dengan bahan utama baking soda.

Baking soda cukup ampuh jadi perangkap bagi kecoa. Namun kalian membutuhkan pancingan untuk dapat menarik kehadiran kecoa, mungkin dengan makanan atau sirup.

Setelah itu, kamu bisa meletakkan campuran baking soda beserta makanan ataupun sirup di dalam mobil. Kecoa akan tertarik dengan aroma makanan atau sirup yang kamu letakkan.

Baca juga  Cara Mudah Membersihkan Busi Motor dan Busi Mobil

Ketika kecoa menyantap hidangan yang kamu siapkan, maka serangga itu akan mati keracunan. Karena mereka turut memakan baking soda yang sudah tercampur dengan baking soda.

5. Lem Perangkap Kecoa

Lem perangkap kecoa
Lem perangkap kecoa

Kalau tak mau repot-repot, cara membasmi kecoa di mobil bisa menggunakan perangkap lainnya seperti lem perangkap kecoa. Langkah ini cukup ampuh untuk membasmi kecoa di dalam kabin.

Kalian cukup meletakkan lem perangkap ini di karpet mobil atau sudut-sudut mobil yang berpotensi tempat bersarangnya serangga itu. Ketika kecoa melewatinya akan langsung terjebak dan tak bisa kabur.

Seiring berjalannya waktu, kecoa akan mati karena kelaparan. Setelah itu kamu bisa membuang bangkai dan lem perangkapnya.

Gimana sekarang sudah gambaran pastinya mengenai cara membasmi kecoa di mobil. Pun begitu, sebaiknya kamu juga melakukan pencegahan agar serangga tidak masuk ke dalam mobil kesayanganmu.

Tercatat ada sejumlah langkah jitu untuk mencegah serangga tidak bersarang di dalam mobil, lho! Daripada penasaran, berikut ini kami juga akan memberikan tips mengenai cara mencegah serangga bersarang di dalam mobil.

Mencegah Kecoa Bermukim di Dalam Mobil

Mencegah kecoa masuk ke mobil
Selain harus mengetahui cara membasmi kecoa di mobil. Kalian juga perlu tahu cara pencegahannya!

Tak hanya kalian perlu tahu cara membasmi kecoa di mobil. Namun kamu pun perlu tahu cara melakukan pencegahannya. Tujuannya tentu membuat kamu lebih nyaman ketika berada di dalam mobil.

Hal terpenting yang perlu kalian catat adalah hindari makan di dalam mobil. Karena makanan merupakan salah satu sumber utama yang menarik kecoa untuk datang.

Sekalipun kita mencoba untuk mengkonsumsi makanan dengan berhati-hati di dalam mobil. Sisa makanan atau remah sudah cukup untuk menarik kecoa masuk ke dalam mobil.

Hal ini tentunya sulit diterapkan, khususnya untuk kalian yang memiliki anak-anak. Namun ini menjadi salah satu langkah jitu mencegah hama seperti kecoa tertarik untuk bermukim di kendaraan kalian.

Jika kalian sulit untuk menghindari mengkonsumsi makanan di dalam mobil. Maka langkah satu-satunya kamu perlu rutin membersihkan kabin mobil.

Baca juga  7 Merk Semir Ban Terbaik dan Tanah Lama

Seperti diketahui dengan membersihkan mobil secara teratur, jadi cara jitu membuat mobil jadi bebas kecoa dan serangga lainnya. Jangan mengabaikan area seperti karpet, di antara jok mobil dan sisi pintu.

Daerah ini sering terbengkalai dan dapat mengumpulkan partikel limbah dari makanan yang sangat menarik bagi kecoa. Jadi sangat penting untuk kalian memastikan area ini benar-benar bersih.

Jangan sampai kalian meninggalkan sampah setiap kali meninggalkan mobil. Kecoa juga tertarik ke lingkungan lembab termasuk air, jadi pastikan tumpahan apapun di mobil harus segera dibersihkan.

Kondisi yang bersih dan rapih niscaya membuat kecoa enggan untuk bermukim di dalam kabin kendaraan kalian. Sejalan dengan itu, kamu juga jangan sampai meninggalkan tumpukan kertas, koran, kardus atau peralatan olah raga di dalam mobil.

Pastikan bagasi tetap dalam kondisi rapih, karena jika berantakan. Bagasi jadi salah satu tempat favorit bagi kecoa.

Bagasi mobil dapat menciptakan kondisi yang ideal untuk kecoa berkembang biak dan bersembunyi dengan keadaan lingkungan yang gelap dan lembab. Apabila harus menyimpan barang di mobil, sebaiknya kalian letakkan barang dengan teratur di dalam wadah plastic keras dengan penutup ketat.

Pasalnya tak ada mobil yang benar-benar kedap udara. Jadi dengan menutup jendela, kaca ataupun pintu mobil dengan rapat jadi suatu keharusan.

Satu hal yang tak boleh luput dari perhatian kalian adalah ventilasi AC yang menjadi salah satu cara masuknya kecoa ke dalam mobil. Untuk itu, kalian perlu perhatikan juga kondisi ventilasi AC dan rajin membersihkannya.

Sebaiknya kamu juga hindari parkir di tempat-tempat, di mana mereka berkembang seperti bukaan drainase, saluran pembuangan limbah dan di dekat tempat sampah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam membasmi kecoa di dalam mobil.

Baca juga:

Terbaru