by

Biaya Ganti Kaca Mobil Pecah, Semahal Apa?

Biaya ganti kaca mobil pecah beragam, tergantung merek mobil serta poisi kaca pada mobil tersebut. Selain itu juga produksi mobil Jepang dan Eropa tentu berbeda harganya.

Kaca mobil merupakan salah satu bagian terpenting dalam struktur sebuah mobil. Berfungsi sebagai penahan angin dan kotoran dari luar masuk ke dalam kabin mobil.

Meski materialnya terbilang tidak mudah rusak, namun kemungkinan mengalami kerusakan atau pecah bisa saja terjadi yang disebabkan oleh faktor usia atau faktor eksternal karena terkena kerikil dan kecelakaan di jalan.

Untuk mengganti kaca mobil pecah bisa dilakkukan melalui dua pilihan, melalui bengkel resmi atau bengkel spesialis kaca mobil.

Nah, berapa harga biaya ganti kaca mobil pecah? Mari kita ulas untuk mengetahuinya.

Harga kaca mobil

biaya ganti kaca mobil pecah
Penggantian kaca belakang mobil.

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa biaya ganti kaca mobil pecah selain tergantung merek dan jenis mobil juga tergantung pada posisi letak jendela mobil tersebut. Apakah kaca mobil depan, samping atau belakang.

  • Harga kaca mobil depan

Biaya ganti kaca mobil pecah kita ambil untuk jenis mobil Daihatsu Xenia. Aris Triyono selaku Servis Advisor Astra Daihatsu mengungkapkan harga kaca mobil depan dan belakang di bengkel resmi Daihatsu.

“Untuk kaca bagian depan harganya berkisar Rp 960 ribuan, serta lem kacanya Rp 200 ribu serta list kaca dikisaran Rp 90 ribuan. Harga teresebut belum termasuk biaya pasangnya. Untuk biaya jasa pasang Rp 350 ribu,” terang Aris

Baca juga  5 Tips Beli Mobil Bekas Taksi yang Berkualitas

“Selain itu, kami juga memberikan garansi selama 6 bulan atau 10 ribu kilometer. Dengan catatan bukan untuk garansi dari eksternal seperti terkena batu atau kerikil,” imbuh Aris.

Sementara itu, Sanusi selaku mekanik dari bengkel spesialis kaca mobil di bilangan Ciputat mengungkapkan bahwa biaya ganti kaca mobil pecah tidaklah mahal.

“Saya ambil contoh mobil yang banyak populasinya, yaitu Toyota Avanza. Untuk harga kaca depan di harga Rp 1,2 jutaan termasuk biaya pasang.

  • Harga kaca mobil samping

biaya ganti kaca mobil pecah
Kaca samping depan.

Berbeda halnya dengan kaca mobil bagian depan dan belakang, umumnya jika kaca bagian samping mengalami kerusakan atau retak umumnya tidak bisa diperbaiki. Dengan kata lain harus ganti yang baru.

Sebab, kaca mobil samping terbuat dari tempered glass yang tebal dan susah untuk dilakukan perbaikan. Untuk harganya dibanderol Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribuan.

  • Harga kaca mobil belakang

Biaya ganti kaca mobil pecah bermacam-macam, untuk kaca belakang dibanderol kisaran harga Rp 560 ribuan untuk mobil Daihatsu Xenia. Lagi-lagi harga tersebut belum teramasuk biaya jasa pasang seta harga kaca filmnya.

“Harga kaca mobil memang berbeda-beda, tergantung letak posisi kacanya serta mobil buatan mana. Kalo mobil Jepang masih terbilang terjangkau, namun kalo mobil Eropa lebih mahal, berkisar di atas harga mobil Jepang. Selisinya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 2 jutaan,” jelas Sanusi.

“Oh ya, jika konsumen mengalami keterbatasan budget terkadang ada kaca mobil copotan. Namun harus hati-hati dalam memilihnya, ditakutkan kaca mobil bekas tersebut sudah pernah direparasi. Imbasnya jelas kekuatannya tidak akan sama dengan yang masih baru,” imbuh Sanusi.

Baca juga  Plus-Minus Memacu Mobil Dalam Kecepatan Tinggi

Mengenal kaca mobil orisinil, aftermarket serta bakaran

  • Kaca mobil orisinil

biaya ganti kaca mobil pecah
Kaca orisinil BMW

Kaca mobil orisinil berarti kaca mobil yang mempunyai logo merk kendaraan tersebut, dan biasanya dijual di dealer resmi ataupun toko spare part merk kendaraan tersebut. Sebut saja kaca mobil orisinil BMW, berarti kaca mobil ini mempunyai Logo BMW pada kaca  tersebut, yang disertai dengan logo pabrik yang memproduksi kaca mobil tersebut.

  • Kaca mobil aftermarket atau OEM

Apa itu OEM? OEM adalah Original Equipment Manufacturer  atau pabrik yang menghasilkan kaca mobil orisinil untuk dipakai para merk-merk otomotif. Pabrik tersebut juga memproduksi kaca mobil dengan menggunakan logo merk dagang mereka sendiri untuk dipasarkan sehingga disebut sebagai kaca mobil Aftermarket atau OEM.

Proses produksi kaca aftermarket pun sama dengan kaca mobil  yang digunakan untuk memproduksi kaca orisinil. Yang membedakan keduanya hanyalah tidak adanya logo merk endaraan tersebut seperti BMW, Toyota, Honda, dan lain sebagainya.

Contoh merek kaca aftermarket adalah Fuyao. Umumnya dari sisi harga juga lebih murah dibanding kaca OEM.

  • Kaca mobil bakaran

Kaca mobil bakaran biasanya digunakan jika kaca mobil orisinil ataupun kaca mobil aftermarket tidak tersedia di pasaran. Umumnya digunakan untuk mobil-mobil klasik yang mempunyai spare part yang sulit untuk dicari misalnya mobil tahun 1980-an, ataupun juga mobil-mobil karoseri.

Baca juga  Cara Menghilangkan Noda Kuning Pada Mobil Putih, Mudah!

Dari beberapa pilihan kaca mobil tersebut, mana yang harus dipilih? Jika mempunyai budget lebih disarankan untuk menggunakan kaca orisinil yang dijual di diler-diler. Selain lebih meyakinkan, umumnya juga ada garansinya.

Namun jika budget tidak mamapu untuk membeli kaca mobil ang orisinil, bisa dengan alternatif membeli kaca aftermarket yang tentunya harga dan kualitasnya sebenarnya sama dengan yang kaca mobil orisinil. Yang membedakan hanya tidak ada logo merk sesuai mobilnya.

Nah, jika mobil klasik yang mengalami pecah kaca mobilnya bisa menggunakan kaca bakar untuk mengantisipasinya sementara. Namun baiknya tetap diganti dengan kaca mobil yang orisinil atau OEM.

Proses pemasangan kaca mobil, berapa lama?

biaya pasang kaca mobil pecah
Pemasangan kaca mobil

Pemasangan kaca mobil tidak membutuhkan waktu lama, sekitar dua sampai tiga jam saja, namun jika yang diganti full dari depan, samping dan belakang maka tentu biayanya akan lebih maha. Stsu beberapa bengkel spesialis kaca juga menawarkan paket pemasangan kaca mobil.

“Untuk paket ganti kaca baru depan, belakang dan samping berkisar Rp 3 juta sampai 5 jutaan. Lagi-lagi tergantung merek dan mobil lansiran mana, Jepang atau Eropa.

Untuk waktu yang dibutuhkan untuk pemasangan kaca mobil pecah biasnaya sekitar 2 sampi 3 jam. Namun jika yang ingin diganti seluruh kaca mobilnya bisa sampai Rp 5 juta,” tutup Sanusi.

Modaliners, itulah ulasan mengenai biaya ganti kaca mobil pecah. Untuk informasi otomoti menarik pantau terus Moladin.com.

Terbaru