oleh

Cara Skir Klep Mesin Mobil, Harus Teliti dan Sabar!

Cara skir klep mesin mobil menarik untuk dibahas. Sebab banyak pemilik mobil yang belum mengetahuinya. Meski untuk melakukannya secara mandiri dibutuhkan pengalaman dan ketelitian agar hasilnya optimal.

Cara skir klep mesin mobil harus lah dilakukan dengan cara yang benar. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang menjadi penyebab skir klep gagal. Sebab, jika hasil skir klep bocor, mau tidk mau harus mengulang lagi dari awal yang tentu saja hanya membuang-buang waktu dan tenaga.

Skir klep merupakan upaya merapatkan kembali antara klep dengan sitting klep yang mengalami kebocoran. Tujuan dari skir klep yaitu mengembalikan kompresi mesin yang menurun atau bahkan hilang yang mengakibatkan mesin tidak bertenaga dan susah dihidupkan.

Skir klep juga dapat didefinisiakan upaya untuk merapatkan klep dengan sitting klep. Agar hasil skir klep maksimal, dibutuhkan konsentrasi dan fokus dalam melakukan penyekiran. Terutama posisi klep jangan sampai miring dan tangan jangan sampai goyang ketika melakukan skir klep.

“Melakukan skir klep tidak sembarangan, dibutuhkan jam terbang dan pengalaman seorang mekanik. Karena selain teori, prakteknya juga harus tepat agar hasilnya optimal,” ungkap Zamroni, salah satu mekanik bengkel mesin mobil di Cirendeu. (23/5/2022).

Ada du acara skir klep mesin mobil. Yaitu skir klep manual dan skir klep dengan menggunakan mesin bor tangan. Untuk lebih detailnya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Baca juga  5 Cara Mengecas Aki Mobil Dengan Benar, Mudah Kok!

Ini Cara Skir Klep Manual

Cara skir klep mesin mobil
Skir klep mobil secara manual

Cara skir klep mesin mobil yang pertama adalah dengan manual menggunakan tangan. Caranya cukup mudah dan sederhana. Meskipun membutuhkan waktu yang lama, namun umumnya menghasilkan skir klep yang optimal.

Nah, untuk melakukan skir klep manual, ada beberapa equipment yang harus disiapkan terlebih dahulu. Yaitu amril, oli, serta selang kecil yang diameternya lebih kecil dari lubang klep. Berikut Langkah-langkahnya:

  • Letakan silinder head pada suatu dudukan yang kokoh, rata dan ditak goyang.
  • Kemudian loeskan amril secukupnya pada bagian payung klep yang akan diskir.
  • Masukan klep pada tempatnya. Kemudian masukan selang kecil pada tangkai klep.
  • Kemudian lakukanlah penyekiran dengan cara memutar klep (selang) dengan gerakan naik dan turun.
  • Setelah beberapa saat, teteskan oli pada bagian yang di skir (tepi klep).
  • Selanjutnya, lakukan terus penyekiran sampai permukaan klep terlihat rata. Usahakan posisi klep tidak miring dan tangan tidak banyak bergoyang.
  • Setelah terlihat goresan halus dan merata pada sitting klep, sudahilah penyekiran dan bersihkan sisa amril pada klep dan setting klep dengan menggunakan bensin sampai bersih.

“Skir klep manual (dengan tangan) memang membutuhkan effort yang lebih besar serta membutuhkan waktu yang lama. Namun hasilnya kebanyakan lebih optimal,” imbuh Zamroni.

Baca juga  Cara Cek Kondisi Mobil Sendiri di Rumah, Mudah!

Skir Klep Menggunakan Mesin Bor

cara skir klep mesin mobil
Cara skir klep mesin mobil dengan mesin bor

Kemudian, cara skir klep mesin mobil yang kedua adalah dengan menggunakan mesin bor. Jadi diperlukan beberapa alat, seperti mesin bor tangan, amril, oli dan selang kecil. Berikut Langkah-langkahnya:

  • Siapkan mesin bor tangan. Disarankan menggunakan mesin bor berukuran kecil agar tangan tidak cepat pegal saat melakukan penyekiran.
  • Kemudian siapkan dudukan untuk menaruh silinder head. Sebagai catatan, tempat dudukan harus kuat dan tidak miring atau goyang.
  • Pasang mata bor atau baut kecil yang sama dengan diameter tangkai klep. Lanjutkan dengan pasang selang kecil untuk menghubungkan antara mata bor dengan tangkai klep.
  • Oleskan amril secukupnya di bagian payung klep. Oh ya, Untuk penyekiran klep baru, gunakanlah amril yang kasar, kemudian yang halus.
  • Teteskan oli pada tangkai klep kemudian masukan ke tempatnya. Kemudian hubungkan klep dengan selang yang telah menempel pada mata bor.
  • Selanjutnya, nyalakan mesin bor dan lakukan penyekiran dengan gerakan naik dan turun secara perlahan. Teteskan oli secara berkala pada bidang tepi klep supaya gesekannya tidak terlalu tajam yang mengakibatkan setting klep cepat habis.
  • Pada saat penyekiran, hal yang wajib diperhatikan adalah posisi klep dalam kadaan lurus dan  jangan sampai miring.
  • Setelah terlihat goresan halus dan merata pada sitting klep, segeralah berhenti dan bersihkan sisa amril yang melekat pada klep dan setting klep dengan menggunakan bensin sampai bersih.
Baca juga  Kupas Tuntas Kebijakan PSBB Jilid 2 di Jakarta

Cara Cek Hasil Skir Klep

  • Setelah proses penyekiran selesai, bersihkan sisa amril yang melekat pada klep dan sitting klep dengan menggunakan bensin. Kemudian semprot dengan angin (kompresor) sampai bersih dan kering.
  • Kemudian, pasanglah klep pada tempatnya dan kunci dengan kancing klep. Setelah semua terpasang dengan benar, masukan bensin ke dalam lubang hisap (intake) dan lubang pembuangan (gexhouse) secara bergantian dengan mengarah ke atas.
  • Perhatikan celah antara payung klep dan setting klep. Jika terlihat kering dan tidak ada rembesan bensin, berarti hasil penyekiran bagus dan berhasil. Namun, jika terlihat rembesan bensin, berarti masih ada kebocoran klep dan harus melakukan penyekiran ulang.

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara skir klep mesin mobil. sekali lagi, secara teori memang seprtinya mudah untuk dilakukan.

Namun begitu, jika dirasa masih belum berpengalaman, alangkah baiknya menyerahkan pengerjaan skir klep ke bengkel rekanan yang sudah teruji hasil kerjanya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru