by

Kaca Film VKool Vs Solar Gard, Mana Lebih Baik?

Membahas mengenai kaca film VKool Vs Solar Gard, kedua produk ini menawarkan sejumlah keunggulan. Masing-masing kaca film tersebut dibekali dengan beragam teknologi canggih.

Bila mengacu pada pasar after market di Indonesia. Pertimbangan kebanyakan masyarakat yang ingin memasang kaca film, terutama di kalangan awam. Biasanya bakal mempertimbangkan produk mana yang paling bagus dengan harga paling terjangkau.

Pemahaman ini sangatlah wajar, mengingat harga komponen dan aksesori termasuk kaca film semakin melangit. Pun begitu, pilihan kaca film saat ini sudah begitu beragam, baik dari segi harga maupun kualitas.

Secara umum, kalangan awam biasanya cenderung memahami kaca film mobil dari segi warna. Di mana memang kaca film sejak dahulu ditawarkan dalam pilihan kelir hitam dan sparta.

Sedikit mengulas mengenai sparta, dahulu merupakan salah satu merek produk kaca film. Tapi saat ini sudah tidak ada dan dipakai untuk mengistilahkan jenis kaca film yang mengilap.

Bagi kalian yang ingin upgrade kaca film atau baru akan mengganti dari bawaan pabrik ke yang baru. Kalangan pedagang produk kaca film biasanya dibagi menjadi dua kategori, Sparta dan biasa.

Untuk jenis sparta artinya warna-warna mengilap, sedangkan yang biasa identik dengan kelir hitam atau gelap. Umumnya pemilik mobil cenderung memilih warna hitam untuk digunakan di mobilnya.

Banyak orang menganggap penggunaan kaca film berkelir hitam membuat tampilan mobil jadi terasa lebih mewah. Warna-warna jenis sparta atau mengilap dianggap sebagian konsumen sebagai produk kurang berkelas.

Ketika di siang hari, memang kaca film jenis sparta menghasilkan pantulan matahari. Kesan penggunaan kaca film sparta juga dianggap agak murahan. Jadi jangan bingung, ketika di suruh memilih jenis kaca film apa yang akan kamu gunakan.

Dari sekian banyak produk kaca film yang ditawarkan di Indonesia. Kaca film V-Kool dan Solar Gard mungkin bisa jadi pilihan kalian. Kedua produk ini menawarkan kualitas yang baik.

Baca juga  7 Kaca Film Mobil Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Lalu apa saja kelebihan yang ditawarkan VKool Vs Solar Gard? Berikut ulasannya:

Komparasi VKool Vs Solar Gard

kaca film solar gard
Komparasi kaca film VKool Vs Solar Gard, dari sisi harga Solar Gard lebih terjangkau

Membahas mengenai komparasi produk VKool Vs Solar Gard. Sejatinya kedua merek kaca film ini menyajikan kelebihannya masing-masing.

Contohnya seperti Solar Gard, yang punya kualitas untuk melindungi penggunanya dari paparan sinar matahari yang menyengat, melalui produk unggulannya yang diberi nama Black Phantom Series.

Produk ini menggunakan material The Most Advanced Nano Ceramic Technology yang membuatnya memiliki tampilan hitam pekat. Dengan material itu, kaca film mobil Solar Gard memiliki kemampuan menangkal sinar ultraviolet dan inframerah hingga 99 persen dan 96 persen.

Kelebihan Solar Gard mungkin terletak pada banderol yang cenderung lebih terjangkau. Jika dibandingkan dengan merek V-Kool.

Pasalnya untuk pemasangan kaca film Solar Gard Black Phantom Series biasanya dibanderol Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan. Harga tersebut tergantung ukuran mobil.

Kaca Film VKOOL Vs Solar Gard
Urusan kualitas, kaca film VKool Vs Solar Gard, keduanya memiliki produk yang patut dipertimbangkan

Sementara untuk kaca film V-Kool, tak kalah menarik dibandingkan Solar Gard. Teknologi yang disediakan pun sudah sangatlah modern.

Kiprah V-Kool di pasar otomotif Indonesia sendiri sudah lebih dari 20 tahun. Selain itu, V-Kool juga menawarkan beragam varian yang dibuat dengan material dan teknologi terbaik.

Setiap produk kaca film mobil V-Kool, setidaknya memiliki tujuh lapisan elektrik yang diperkuat dengan emas untuk meningkatkan daya tahan dan performanya.

Hasilnya, tentu kualitas kaca film mobil V-Kool sangatlah baik. Pihak produk mengklaim jajaran produk mereka mampu memantulkan sinar inframerah yang menyebabkan panas di mobil dengan baik.

Kaca film mobil yang satu ini juga memiliki teknologi Spectrally Selective V-Kool. Teknologi ini bertujuan untuk mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam kabin, namun tetap mempertahankan tingkat cahaya yang masuk ke dalam kabin.

Dengan kata lain, kaca film secara visual berpenampilan bening. Namun mampu menolak panas dengan maksimal, Sob!

Terkati harga, biasanya untuk pemasangan kaca film V-Kool berkisar mulai dari Rp 4,5 juta. Tergantung dari ukuran mobil. Semakin besar dimensi dan jumlah kaca maka semakin besar pula biaya yang perlu dikeluarkan.

Baca juga  10 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik, Mana Pilihanmu?

Gimana sudah tahukan kira-kira produk mana yang jadi pilihan kalian, antara VKool Vs Solar Gard? Bila berminat, kamu juga perlu tahu cara melepas kaca film berikut dengan cara merawat yang tepat.

Pasalnya jangan sampai, setelah membuat bujet besar, justru kaca film yang kamu gunakan jadi seakan sia-sia.

Cara Melepas Kaca Film Dengan Tepat

Cara melepas kaca film mobil
Kedua produk kaca film, yakni VKool Vs Solar Gard punya kualitas yang sama-sama baik

Tak sebatas membahas mengenai VKool Vs Solar Gard, Moladin juga akan memberikan tips mengenai cara melepas kaca film dan merawat dengan tepat.

Menurut pengalaman Moladin, melepas kaca film di mobil bisa kalian dengan mudah. Terlebih untuk kaca film bagian depan dan juga samping.

Melepas kaca film bisa dilakukan dengan cara disobek dari ujungnya, lalu kalian bisa lepaskan. Selanjutnya semprotkan air sabun ke kaca, lalu diamkan sekitar 2 hingga 3 menit.

Setelah itu, kamu bisa lap dan bersihkan sisa-sisa lem di kaca hingga bersih. Perlakuan ini bisa dilakukan untuk kaca bagian samping dan depan.

Sedikit berbeda jika kalian melepas kaca film belakang. Karena pada mobil-mobil modern, saat ini sudah dilengkapi dengan fitur defogger yang bertugas menghilangkan embun pada kaca.

Untuk kaca film yang sudah tersedia deffoger, dalam melepas kaca film kamu harus ekstra hati-hati. Pasalnya jika tidak hati-hati, dapat mengakibatkan elemen defogger bisa terputus.

Saat ingin melepas kaca film belakang yang dilengkapi deffoger. Kamu perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu menggunakan heat gun.

Setelah yakin panasnya merata, baru kamu bisa sobek dari ujung dan lepaskan kaca film dengan hati-hati dan perlahan. Bila kaca film sudah berhasil terlepas, kamu perlu menyemprotkan air sabun kaca tersebut dan diamkan selama kurang lebih 2 hingga 3 menit. Lalu bersihkan dengan lap untuk mengangkat sisa lem yang menempel di kaca.

Baca juga  Begini Cara Melepas Kaca Film Mobil Dengan Mudah

Merawat Kaca Film Dengan Mudah

Membersihkan lem di kaca film mobil
Dari sisi penjualan, VKool Vs Solar Gard sama-sama tinggi di Tanah Air

Sudah bisa menentukan ingin pakai VKool Vs Solar Gard? Jangan lupa pikirkan juga cara merawat yang benar. Karena dengan melakukan perawatan kaca film dengan benar, dapat memperpanjang usia pemakaian pelapis kaca tersebut.

Urusan merawat kaca film juga bukan perkara yang sulit. Perawatan kaca film bahkan bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Dalam merawat kaca film, kamu cukup membersihkannya secara rutin.

Cara ini pun tidak membutuhkan cairan khusus. Karena jika menggunakan cairan khusus justru berpotensi merusak kaca film, mengingat biasanya mengandung zat tertentu didalamnya.

Nah, yang pasti untuk membersihkan kaca film tidak perlu pakai cairan yang mengandung amonia atau alkohol. Karena cairan itu malah bisa mengurangi kualiats dan umur dari kaca film.

Jadi bila melihat kaca film mobilmu kotor, sebaiknya bersihkan saja menggunakan air biasa. Kalau ada noda, bisa dibasahkan dengan air lalu dilap tidak perlu pakai cairan khusus.

Pemilihan lap yang tepat juga patut diperhatikan, karena sebaiknya menggunakan lap tersendiri dan tidak sama dengan yang digunakan untuk membersihkan bagian bodi mobil. Alangkah baiknya kalian menggunakan kain microfiber.

Tapi jangan menggunakan kain yang sama yang digunakan untuk bodi. Karena bisa menyebabkan baret. Selain perawatan yang sederhana tersebut, menjaga keawetan kaca film juga bisa dilakukan dengan menempatkan mobil di tempat yang teduh.

Terpenting kamu jangan memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Karena dapat menyebabkan kerusakan pada kaca film. Lem di kaca film akan berkurang kekuatannya sehingga menimbulkan gelembung.

Sekarang sudah tahukan mengenai kaca film VKool Vs Solar Gard, beserta cara merawatnya? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru