by

Secanggih Apa Fitur ADAS Pada Wuling Almaz RS?

Wuling Motors Indonesia secara resmi memperkenalkan mobil baru mereka, Wuling Almaz RS, untuk konsumen di Tanah Air. Kini fitur ADAS pada Wuling Almaz RS menjadi salah satu hal yang diunggulkan untuk kebutuhan konsumen setianya.

Mengenai pengembangan yang dilakukan terhadap Wuling Almaz RS, menurut Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia, sudah dilakukan sejak 2019. Dalam pengembangan tersebut, pihaknya sudah memilih dan mempertimbangkan perihal pembenaman fitur ADAS pada Wuling Almaz RS.

Salah satu yang menjadi pembeda dari Wuling Almaz RS dengan generasi sebelumnya adalah adanya fitur ADAS atau Advanced Driver Assistant System di mana pada teknologi ini beberapa fitur keselamatan sudah disematkan untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara.

“Yang pertama itu teknologi ADAS untuk membantu driver, sesuai dengan namanya Advanced Driver Assistant System. Jadi dia membantu driver untuk mengurangi beban kerja ketika mengemudi,” ujar Danang, di sela-sela exclusive preview Wuling Almaz RS, Kamis (18/3/2021).

Sementara mengenai berapa lama pihak Wuling Motors Indonesia melakukan pengembangan terhadap fitur ADAS pada Wuling Almaz RS, tidak membutuhkan waktu yang lama. Menurut Danang, hal tersebut sudah dilakukan sejak 2019 dan baru terelisasikan pada akhir 2020.

Baca juga  Kupas Tuntas Honda CR-V Facelift 2021, Cocok Untuk Indonesia

“Ya kalau bicara pengembangan, memang sudah dari 2019 kita sudah mulai memikirkan untuk melakukan pengembangan terhadap mobil ini. Enggak lama juga sih pengembangannya. Kalau di SGMW Cina, fitur ini sudah ada, jadi kita pindahkan ke Almaz RS ini,” tambah Danang, menjelaskan.

Meski fitur tersebut sudah ada di beberapa model Wuling yang beredar di Cina, tapi Danang menjelaskan hal tersebut tidak bisa dilakukan secara plug and play.

“Bukan plug and play ya, tapi kita juga melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan serta melihat karakter mobil Wuling Almaz RS ini juga,” jelasnya.

Cara Kerja Fitur ADAS Pada Wuling Almaz RS

Fitur ADAS pada Wuling Almaz RS
Fitur keselamatan Wuling Almaz RS lebih mumpuni dari generasi sebelumnya

Dengan adanya fitur ADAS tersebut, memang membuat berkendara menjadi lebih nyaman. Karena, pada teknologi tersebut mengandalkan sensor dan kamera yang berfungsi sebagai pendeteksi adanya bahaya di depan mobil.

“Caranya, ada sensor yang mendeteksi kondisi jalan dan lalu lintas, dan bacaan sistem mobil akan memberikan feedback berupa warning atau mengoreksi lingkar kemudi kepada driver. Dengan adanya fitur ini akan meningkatkan keselamatan berkendara dan akan memberikan kenyamanan dalam berkendara,” imbuhnya.

Baca juga  Suzuki Luncurkan Jimny LCV, Bagasinya Luas!

Beberapa fitur keselamatan yang menjadi bagian dari ADAS antara lain adalah Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistant (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assist (LKA).

Kami sudah mencoba sendiri kehebatan fitur ADAS ini, rasanya pun begitu menyenangkan sekaligus membuat berkendara semakin nyaman. Terlebih kalau berkendara dilakukan di jalan bebas hambatan.

Pasalnya dengan fitur ADAS pada Wuling Almaz RS, mobil bisa melaju dan mengerem secara otomatis mengikuti kecepatan kendaraan lain di depan. Bahkan ketika kendaraan di depan berhenti, Wuling Almaz RS pun akan berhenti juga dengan sendirinya. Alhasil pengendara cukup mengatur lingkar kemudi saja. Menarik bukan? 

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru