Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Avanza Manual Lebih Laris, Gara-Gara CVT Tidak Kuat Nanjak?

by Baghendra Lodra
Harga mobil MPV Toyota November 2023

Ternyata Toyota Avanza manual lebih laris dibanding matik atau CVT. Fakta ini kami temukan dari data Gaikindo untuk penjualan Wholesales dari Januari-Juli 2023.

Catatan Gaikindo, Avanza FWD dengan transmisi manual terjual 18.429 unit yang terdiri dari varian 1.3 E MT dan 1.5 G MT. Sementara Avanza CVT cuma laku 15.265 unit dari tiga varian yang ada yaitu 1.3 E CVT, 1.5 G CVT, dan 1.5 G CVT TSS.

Kenapa Avanza manual lebih laris? Bukankah transmisi manual lebih merepotkan, karena harus injak kopling dan ganti gigi saat berkendara?

Walau demikian, di sisi lain sesungguhnya Avanza manual juga punya keunggulan lebih murah dibanding versi matik. Sebagai gambaran, Toyota Avanza 1.3 E MT dijual cuma Rp 235,1 juta (OTR Jakarta). Lalu untuk Avanza 1.3 E CVT Rp 249,8 juta (OTR Jakarta), artinya ada gap hingga Rp 10 jutaan.

Bisa jadi juga, alasan Avanza manual lebih laris karena banyak konsumen yang membelinya untuk kebutuhan operasional perusahaan. Dengan begitu, tidak butuh transmisi CVT, karena ada supirnya. Mobil operasional juga umumnya tidak butuh fitur-fitur yang istimewa. Hal ini pun diakui oleh Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy melalui pesan singkat ke Moladin, beberapa waktu lalu.

Baca juga  Cas Baterai Toyota bZ4X, Butuh Berapa Daya Listrik?

“Kurang lebih sekitar 30% memang disumbang oleh fleet,” jelasnya. 

Kelebihan Avanza Manual Dibanding CVT

Avanza manual lebih laris dari CVT

Avanza FWD transmisi manual ternyata lebih laris dari yang matik

Bicara kelebihan Avanza manual dibanding CVT, bukan cuma harga murah. Salah satunya kami sudah melakukan review menanjak ekstrem. Hasilnya Avanza dengan transmisi manual sukses naik memanfaatkan momentum, sementara yang CVT gagal menanjak.

Sebagai informasi, untuk pengujian ini kami pakai Veloz CVT yang mesinnya tidak beda dari Avanza CVT dan Avanza MT yaitu 1.500 cc. Jadi sudah pasti soal torsi dan tenaganya tidak beda.

Hanya saja yang perlu diingat, saat kami melakukan pengujian, kondisinya ekstrem. Mobil diisi penuh 7-orang dengan bobot dua orang di dalam mobil lebih dari 100 Kg. Medan yang dilalui juga sangat curam, memiliki kemiringan 21 derajat.

Dengan kata lain, Avanza manual lebih bisa diandalkan di berbagai medan. Mungkin faktor inilah yang membuat banyak konsumen lebih tertarik meminangnya.

Walau demikian, sesungguhnya Veloz atau Avanza FWD CVT juga bukan tanpa keunggulan. Hasil review kami membuktikan untuk akselerasi 0-100 Km/jam bisa membukukan 13 detik, lebih cepat 0,4 detik dari yang manual. Kemudian soal konsumsi BBM, varian CVT juga lebih irit dengan catatan 18,14 Km/liter (rata-rata kecepatan 34 km/jam), sementara varian manual cuma 18 km/liter.

Baca juga  Inden Avanza Veloz Terbaru Dibuka, Cukup Bayar Segini!

Kemudian dari sisi fitur, Avanza CVT pun lebih banyak. Ambil contoh punya varian dengan Toyota Safety Sense (TSS) yang tidak ada di Avanza manual. Buat yang belum tahu, TSS merupakan fitur keselamatan berkendara, salah satunya bisa membuat mobil mengerem otomatis untuk menghindari kecelakaan.

Itulah tadi bahasan soal Avanza manual lebih laris dibanding CVT. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika