by

BattRE GPSie, Skuter Listrik Murah Cuma Rp12 Jutaan

Spesifikasi BattRE GPSie – Motor listrik kini semakin ramai menghiasi dunia otomotif roda dua. Istimewanya lagi, dari sisi harga kian terjangkau.

Tidak percaya? Coba cek BattRE GPSie, skuter listrik yang baru meluncur di India. Harganya cuma INR 64,990 atau setara Rp12 jutaan.

Walau murah, teknologinya tidak kalah dibanding motor berbahan bakar minyak (BBM). Salah satu yang menarik adalah skuter tersebut terintegrasi smartphone. Jadi, segala informasi dapat diakses dengan mudah oleh pengendara via aplikasi smartphone.

Ingin tahu lebih detail tentan spesifikasi BattRE GPSie yang dijual Rp12 jutaan? Simak bahasan berikut:

Desain BattRE GPSie seperti Skuter Konvensional

motor listrik
Desainnya seperti skuter konvensional dengan roda ukuran 10 inci dan suspensi depan teleskopik

Spesifikasi BattRE GPSie secara dimensi, tidak jauh beda dengan skuter pada umumnya. Konvensional dengan dimensi panjang 1.820 mm, lebar 520 mm, dan tinggi 1.120 mm.

Ukuran rodanya kecil, pakai 10 inci. Ban pakai teknologi tubeless. Alhasil sangat mudah perawatannya bila terkena paku di jalan. Kemudian untuk kaki-kaki di depan pakai teleskopik dan belakang menggunakan jenis ganda.

Jok tersedia untuk pengendara dan pembonceng dalam satu kesatuan. Tampak, desain tempat duduknya cukup nyaman.

Keistimewaan lain, spesifikasi bobot BattRE GPSie sangat ringan yaitu cuma 60 Kg. Tentu ini memudahkan pengendara pemula dalam mengendalikan motor di jalan.

Baca juga  UBL Bangun Motor Listrik BL-SEV01, Asli Karya Anak Bangsa!

Desain tubuh motor listrik ini juga cukup sportif dengan lekuk-lekuk tajam. Hanya saja kalau melihat tampak depan, ada lampu besar untuk pencahayaan. Di batoknya juga terdapat sein dan daytime running light.

Aura modern tampak dari penggunaan lampu depan LED. Kehadiran LED mampu membuat kelistrikan motor jadi hemat daya, namun visibilitas tetap baik. Tidak ketinggalan, panel instrumen telah full digital.

Soal fitur, paling menarik adalah integrasi motor dengan SIM card smartphone. Dengan begitu, banyak fitur modern yang dapat diakses. Sebut saja GPS tracking, remote immobilization, secure park, dan lain-lain.

Lewat fitur-fitur tersebut, motor listrik bakal aman dari tangan maling. Kalau sampai kecurian, kamu bisa memantau pergerakannya dengan smartphone.

Pengendara juga bisa mengakses langsung berbagai informasi seperti gaya berkendara dan jarak tempuh. Semua itu lagi-lagi dapat diakses via smartphone. Istimewa bukan?

Skuter Listrik Ini Mampu Melaju 65 Km

battre gpsie
Kecepatan maksimalnya cuma 25 Kpj

Spesifikasi BattRE GPSie untuk performa, dibekali baterai Lithium Ferro Phoshate 48V/24Ah. Baterai tersebut diklaim mampu bertahan cukup lama hingga 2.000 kali isi ulang.

Baca juga  5 Kelebihan Motor Listrik Gesits G1, Canggih!

Dalam kondisi penuh, baterai tersebut bisa menggerakkan motor listrik hingga jarak 65 Km. Sementara untuk kecepatan maksimalnya 25 Kpj. Tidak lebih.

Memang untuk penggunaan jalan raya, sepertinya kurang mantap. Terlebih buat kamu yang suka akan kecepatan. Hanya saja untuk penikmat berkendara santai, tentu 25 Kpj bukan masalah.

Bila ingin melakukan isi ulang baterai, waktu yang dibutuhkan tidak lama. Cukup 2,5 jam hingga baterai terisi penuh.

Soal keselamatan, BattRE GPSie sudah dilengkapi rem cakram di ekdua roda. Ukuran cakramnya 220 mm. Tersedia pula regenerative braking untuk mengisi daya baterai ketika pengendara melakukan pengereman.

Fitur-fitur lain yang tersedia adalah reverse mode, crash alert, speeding alert, dan lain-lain. Tidak ketinggalan USB Charger untuk mengisi daya baterai smartphone selama berkendara.

Di India, BattRE GPSie dijual Rp12 jutaan. Namun setiap tahun, pemilik motor harus membayar INR 1,200 atau setara Rp200 ribuan untuk memperpanjang masa berlaku SIM card motor.

Terkait pilihan warna ada tiga: merah, putih, dan biru. Bila kamu tertarik, motor ini bisa dibeli via Amazon India.

Baca juga:

Baca juga  Motor Listrik GESITS Siap Jadi Kendaraan Dinas di Jawa Barat

Indonesia Punya Gesits, Viar Q1, dan Niu

Viar Q1
Motor listrik Viar Q1 dijual bebas untuk pasar otomotif Indonesia

Bila di India ada BattRE GPSie, Indonesia juga punya tiga skuter listrik yang sudah dijual: Gesits, Viar Q1, dan Niu. Hanya saja banderol keduanya tetap lebih mahal dari produk Negeri Bollywood tersebut.

Harga Viar Q1 Rp18,95 juta (OTR Jakarta). Skuter ini sungguh menarik dengan kemampuan melaju hingga 60 Kpj dan jarak tempuh 60 Km. 

Sementara Gesits dipasarkan lebih mahal dari Q1, banderolnya Rp24,95 juta (off the road). Memang dari sisi tampilan, jauh lebih sportif Gesits. Motor listrik Gesits bisa berakselerasi hingga 70 Kpj.

Terakhir ada pula Niu Mobility, pendatang baru motor listrik di Indonesia. Kuda besi ini juga sama istimewanya dengan BattRE GPSie, mampu terkoneksi smarpthone. Lalu lajunya juga cukup oke hingga 45 Kpj. Namun, banderolnya mulai Rp25 jutaan.

Meski sudah dipasarkan, motor listrik memang belum mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Alasannya merek-merek yang menjualnya belum terlalu popular. Kemudian stasiun pengisian listrik umum (SPLU) belum banyak tersebar.

Terbaru