by

Bayar Pajak Motor di Indomaret, Sangat Mudah!

Bayar Pajak Motor di Indomaret – Demi memudahkan masyarakat dalam hal pembayaran pajak kendaraan. Pemerintah bersama dengan Sistem Administrasi Manunggal Satu (Samsat), melakukan inovasi baru khusus untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Kini masyarakat tak perlu lagi untuk mengantre di loket, untuk melakukan pembayaran kendaraan bermotor. Pembayaran pajak kendaraan bermotor, kini bisa kamu lakukan secara online.

Adapun bayar pajak motor bisa dilakukan melalui internet banking atau Indomart, alfamart, dan sejumlah situs-situs online lainnya. Jika ingin bayar pajak motor di Indomaret, pemilik kendaraan tidak perlu ragu mengenai besaran nominalnya.

Kemudahan bayar pajak motor di Indomaret ini, merupakan bagian dari layanan e-SAMSAT melalui Payment Point Online Bank (PPOB). Untuk membayar pajak motor, kamu jadi nggak perlu repot lagi, cukup mendatangi Indomaret saja, Sob!

Ingin tahu bagaimana proses bayar pajak motor di Indomaret? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Bayar pajak motor di Indomaret
Proses bayar pajak motor di Indomaret

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk bayar pajak motor di Indomaret. Pemilik kendaraan bermotor bisa datang langsung ke Indomaret terdekat dengan membawa STNK asli motor atau mobil yang akan dibayarkan pajaknya, beserta dengan KTP pemilik.

Selanjutnya yang menjadi bagian dalam proses bayar pajak motor di Indomaret. Kamu bisa langsung datang ke kasir. Biasanya pihak kasir akan menanyakan data diri, seperti nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan beserta nomor handphone wajib pajak.

Apabila data dirasa sudah lengkap, maka akan muncul nominal pajak yang wajib kamu bayarkan. Baru selanjutnya kamu bisa menyetorkan uang sebesar nominal pajak yang harus dibayarkan via kasir Indomaret.

Setelah dana yang kamu berikan diterima, dan proses pembayaran dilakukan kasir. Selanjutnya kamu akan menerima struk bukti pembayaran dan SMS bitly yang berisi ERI (Electronic Registration and Identification).

Baca juga  Tips Memilih Oli Motor Terbaik dan 9 Rekomendasinya

SMS bitly itu bisa kamu klik, dan akan menampilkan gambar Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP) yang dilengkapi dengan barcode (QR code) sebagai tanda bukti pelunasan pajak kendaraan dan bukti pengesahan STNK yang bisa disimpan atau dicetak.

Nah, yang perlu kamu ingat, bukti pembayaran pajak tersebut wajib kamu simpan. Karena bukti pembayaran tersebut menjadi modal kamu untuk pengesahan di STNK kendaraan bermotor pengguna.

Proses Pengesahan STNK Motor

Pengesahan STNK, jika bayar pajak motor di Indomaret
Pengesahan STNK, jika bayar pajak motor di Indomaret

Jika seluruh proses bayar pajak motor di Indomaret selesai. Kamu bisa lakukan pengesahan STNK dengan cara mendatangi langsung Polsek ataupun Polres terdekat dengan membawa bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang sudah diberikan oleh kasir Indomaret.

Untuk diketahui, Barcode (QR code) yang kamu dapatkan ketika pembayaran via Indomaret. Merupakan tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Pengesahan STNK yang valid dan sah.

Jadi ketika petugas kepolisian melakukan razia, maka bisa di verifikasi pengesahan dengan menggunakan scan barcode (QR code) tersebut. Dengan barcode itu, pengguna tak perlu balik ke Samsat lagi untuk mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP).

Pasalnya setelah kamu membayar secara online akan mendapatkan e-TBPKP yang bisa disimpan di ponsel dan dicetak sendiri serta sah di kepolisian. Dengan melakukan pembayaran pajak via ATM atau Indomaret ini diharapkan dapat terhindar dari percaloan.

Terpenting adalah pembayaran pajak melalui online ini dapat diharapkan bisa menghilangkan korupsi penerimaan pajak. Di samping itu, pemilik kendaraan juga bisa mendapatkan ketepatan perhitungan pajak yang akan dibayarkan, serta tentunya memberikan kenyamanan bagi para wajib pajak.

Terlebih saat ini Indomaret sudah memiliki lebih dari 16 ribu gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Tentunya hal ini dapat semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi di mana pun sesuai dengan tempat kamu bermukim.

Baca juga  Motor Masih Kredit Hilang? Begini Cara Mengurusnya

Tak sampai di situ saja, pemerintah pun mengklaim bahwa bayar pajak motor di Indomaret ini merupakan jawaban dari kebutuhan masyarakat, yang menginginkan proses bayar yang cepat, tidak ribet.

Masyarakat juga bisa cetak sendiri Pembayaran Pajak Kendaraan khususnya motor melalui E- Samsat yang bisa dilakukan di lebih dari 78 ribu jaringan ATM – ATM Bank yang telah bekerja sama di seluruh wilayah Indonesia.

Sekadar informasi tambahan, layanan e-Samsat melalui ATM Bank ini harus sesuai dengan identitas si pemilik kendaraan. Rekening tabungan harus sesuai dengan KTP, STNK, BPKB si pemilik kendaraan bermotor.

Khusus untuk wilayah Jakarta, terdapat batas waktu penukaran struk pembayaran yakni 30 hari dan apabila tidak dilakukan pengesahan STNK di kantor Samsat terdekat. Maka kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional.

Kenali Sanksi Jika Tidak Bayar Pajak Motor

sanksi tidak membayar pajak
Kenali sanksi tidak membayar pajak motor

Pemilik kendaraan wajib tahu, mengenai sanksi tegas jika tidak membayar pajak kendaraan bermotor. Kamu jangan pernah menganggap enteng pajak motor ataupun mobil yang kamu punya.

Bila telat, melakukan pembayaran pajak akan ada sanksi tegas yang akan kamu hadapi. Terlebih saat ini bayar pajak motor di Indomaret prosesnya sangatlah mudah.

Telat membayar pajak kendaraan bermotor kamu akan dikenakan denda yang wajib untuk dibayarkan. Siapa disangka, jika tidak membayar pajak. Kendaraan yang kamu punya bisa ditahan, lho!

Penasaran ingin tahun sanksi jika tidak membayar pajak kendaraan bermotor? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Motor yang Tidak Membayar Pajak Bisa Ditahan

bayar pajak motor di indomaret
Kamu bisa kena tilang di mana saja, kalau tidak ikut peraturan lalu lintas

Pemilik kendaraan bermotor sebaiknya melakukan pembayaran pajak sesuai batas waktu yang ditentukan. Karena jika tidak membayar motor yang kamu punya bisa ditahan oleh pihak berwajib.

Biasanya proses penahan motor terjadi ketika terjadi razia lalu lintas yang dilakukan pihak kepolisian. Apabila kedapatan pajak mati, maka motor dapat ditahan. Riwayat pembayaran pajak akan dilihat bersamaan dengan STNK.

Baca juga  6 Penyebab Turun Mesin Motor dan Ciri-Cirinya

Oleh Karena itu, sebaiknya kamu melakukan pembayaran pajak tepat waktu. Agar kendaraan yang kamu punya tidak ditahan, yang tentunya bakal merepotkan kamu.2

2. Membayar Denda

Denda pajak kendaraan bermotor
Sanksi tegas akan diterima pemilik kendaraan, jika telat membayar pajak

Pajak yang telat bayar, biasanya akan dikenakan sanksi denda. Kamu juga wajib ketahui bahwa denda yang dikenakan pada pemilik motor adalah 20% pada bulan pertama keterlambatan dengan kenaikan denda 2% pada bulan berikutnya.

Perhitungan denda berdasarkan jumlah pajak yang seharusnya dibayarkan setiap tahun. Semakin lama pajak motor tidak dibayarkan, semakin besar denda yang harus ditanggung oleh pemilik motor.

Jadi alangkah baiknya jika kamu segera bayar pajak motor agar tidak mendapatkan denda. Setidaknya dengan sejumlah cara di atas dapat membantu kamu dalam membayar pajak

Mengenal Fungsi Pajak Untuk Pembangunan Negara

Fungsi pajak kendaraan bermotor
Pajak kendaraan bermotor berfungsi untuk membantu pembangunan negara

Buat kamu yang rutin membayar pajak, seharusnya kamu perlu bangga. Karena dari pajak kendaraan bermotor yang kamu bayarkan menjadi sumber pemasukan negara.

Dana pembayaran pajak tersebut digunakan untuk pembangunan fasilitas umum seperti jalan, penerangan, dan lainnya.

Pengguna kendaraan bermotor yang taat membayar pajak juga akan semakin meringankan kerja pemerintah dalam menyediakan fasilitas yang layak untuk masyarakat.

Sebaliknya, pemilik motor yang enggan membayar pajak motor termasuk orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan membayar pajak kendaraan bermotor, setidaknya sebagai bentuk pengendalian masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor.

Hal ini dapat dilihat dari syarat bayar pajak motor yang dibawa setiap proses pembayaran setiap tahunnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

Terbaru