by

Bedah Fitur ASA dan D-CVT pada Daihatsu Rocky

Mengenal fitur ASA dan D-CVT penting diketahui jika kamu ingin meminang Daihatsu Rocky.

Daihatsu Rocky sendiri diluncurkan pada pada April 2021 lalu. Dan dikatakan Daihatsu, Rocky mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, termasuk komunitas.

Maka dari itu, dalam rangka memberikan informasi seputar teknologi terkini kepada konsumennya terutama yang bernaung dalam komunitas, pabrikan mobil Daihatsu kembali selenggarakan Auto Clinic bertema “Teknologi A.S.A. dan D-CVT Daihatsu Rocky”.

Event edukasi ini dilakukan secara virtual pada 28 Agustus 2021 lalu yang diikuti oleh pengurus dan anggotanya yang tergabung di 20 komunitas mobil Daihatsu di seluruh Indonesia.

Penjelasan Fitur ASA dan D-CVT

Fitur ASA dan D-CVT
Teknologi ASA dan D-CVT jadi kelebihan Daihatsu Rocky

Sesuai temanya, Daihatsu membedah teknologi baru yang terdapat di Rocky. Teknologi A.S.A (Advanced Safety Assist) merupakan fitur keselamatan aktif dan tertinggi di kelasnya.

Fitur A.S.A berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi untuk meminimalisir resiko kecelakaan, seperti fitur peringatan ketika terdeteksi potensi tabrakan, sistem pengereman untuk mengurangi dampak benturan.

Fitur ini juga mencegah tabrak depan karena salah menginjak pedal gas, karena mobil akan memberikan peringatan saat mobil depan sudah bergerak maju.

Baca juga  5 Mobil Tahun 90 yang Masih Diburu Masyarakat

Fitur ASA juga berfungsi sebagai peringatan ketika mobil menginjak garis marka secara tidak sengaja, serta fitur yang dapat mengembalikan posisi mobil ke jalur sebelumnya.

“Cara kerja fitur ASA diawali dari kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil, lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan sistem rem dan kemudi,” tulis Daihatsu dalam keterangan resminya dikutip Selasa, (7/9/2021).

Sedangkan pada teknologi transmisi, Daihatsu Rocky dilengkapi Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission), yang merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear.

Sehingga penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga, sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit.

“Kami ingin memperkenalkan teknologi terbaru Daihatsu Rocky kepada komunitas sebagai pelanggan setia dan juga merupakan bagian dari keluarga besar Daihatsu yang member-nya tersebar di seluruh Indonesia”, kata Ben Faqih, People Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca juga  Sparepart Daihatsu Bisa Digunakan Toyota? Ini Jawabannya

Daihatsu Indonesia sendiri menargetkan Rocky terjual 500 unit setiap bulannya. Sedangkan Rocky 1.2 sebanyak 1.500 unit.

Dengan hadirnya Daihatsu Rocky 1.2 liter pada 17 Juni 2021 lalu, PT ADM pun menjelaskan bahwa penjualan mobilnya akan ditingkatkan secara keseluruhan mejadi 2.000 unit.

Terkait harga, saat ini relaksasi diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku adalah 25% terhitung 1 September 2021 sampai Desember.

Daihatsu Rocky mengalami perubahan harga mulai dari Rp 10,4 juta sampai Rp 13,9 juta. Harga Rocky 1.2 M MT yang sebelumnya mulai dipasarkan sebesar Rp 178,9 juta kini menjadi Rp 189,3 juta.

Sementara versi 1.000 cc turbo varian tertinggi, menjadi Rp 250 juta dari sebelumnya Rp 236,1 juta.

Demikian ulasan terkait Fitur ASA dan D-CVT pada Daihatsu Rocky. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru