Hobi Berkendara Motor Jarak Jauh? Ketahui Dulu Hal Penting Ini

Moladin – Berkendara motor jarak jauh atau touring bersama teman bagi sebagian orang merupakan hobi, tetapi perlu persiapan yang matang sebab menempuh perjalanan jauh tidak boleh sembarangan.

Kok bisa gitu ya? Moladiners jangan sampai salah pilih motor, ujung-ujungnya nanti bsia menghambat perjalanan. Berikut hal yang perlu diketahui Moladiners jika hendak berkendara motor jarak jauh. 

 

Kawasaki D-Tracker

*Angsuran mulai dari

 

Pilih Motor Irit Bahan Bakar

Saat hendak bermotoran jarak jauh, bijaknya menggunakan motor yang irit bahan bakar. Jarak yang jauh sudah bisa dipastikan akan memakan konsumsi BBM yang gak sedikit, ini juga akan berpengaruh dengan dana yang harus dikeluarkan. Jadi, Moladiners juga perlu perhitungan yang matang ya.

Yamaha VixionKonsumsi BBM Yamaha Vixion capai 42km/liter | Foto: Moladin

 

Motor di Dukung Volume Tangki Besar

Selain bahan bakar harus irit, perlu diperhatikan juga volume tangki harus besar. Perjalanan jauh, akan tidak efisien jika rajin ke pom bensin untuk isi BBM, karena bisa menyita waktu juga memperlambat perjalanan.

Yamaha Vixion punya kapasitas tangki 12 literYamaha Vixion punya kapasitas tangki 12 liter | Foto: Moladin

Volume tangki yang besar akan memberikan keuntungan, karena Moladiners bisa terus melaju tanpa harus terlalu sering bolak-balik ke pom bensin.

 

Posisi Berkendara Harus Nyaman

Gak kalah penting nih, perhatikan juga posisi jok dengan stang. Sebab perjalanan jarak jauh pastinya bisa membuat kelelahan berlebihan. Posisi duduk sangat berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Jangan menggunakan motor dengan posisi berkendara yang terlalu membungkuk.

Posisi membungkuk yang cukup lama bisa membuat tubuh jadi pegal, lelah dan kepala pusing. Pilihlah motor yang memiliki posisi duduk sempurna karena bisa membantu peredaran darah dalam tubuh tetap lancar meskipun sedang melakukan perjalanan jarak jauh.

Posisi riding harus dibuat nyamanPosisi riding harus dibuat nyaman | Foto: Moladin

 

Kawasaki D-Tracker X

*Angsuran mulai dari

 

Itu tadi tips & trick jika Moladiners hendak berkendara jarak jauh, sangat penting untuk memilih kendaraan yang pas ya. Pasalnya jika motor yang kita gunakan kurang cocok untuk berkendara jauh, bisa berakibat fatal. Semoga bermanfaat buat Moladiners!!!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *