by

Bocoran Fitur Toyota Avanza Terbaru, Pakai Teknologi Hybrid?

Pelan-pelan bocoran fitur Toyota Avanza terbaru semakin terkuak. Bisa jadi ini merupakan tanda bahwa peluncuran mobil tersebut tidak lama lagi.

Informasi tentang Avanza generasi ketiga tersebut, kami dapat dari Lampiran Permendagri No.40 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permendagri No 1 Tahun 2021. Di sana terdapat kode mobil baru yang didaftarkan oleh Toyota yaitu W100RE dan W101RE.

Memang tidak disebutkan bahwa itu adalah Avanza. Hanya saja dugaan semakin mengerucut, lantaran Daihatsu juga mendaftarkan kode mobil baru yang serupa dengan Toyota. Kode dari Daihatsu adalah W100RG dan W101RG. Dengan demikian, kemungkinannya mengarah ke mobil kembar Avanza-Xenia terbaru.

Dari kode yang didaftarkan, kita juga bisa tahu bocoran fitur Toyota Avanza terbaru. Pasalnya jika dilihat secara lengkap, ada huruf-huruf yang kalau diperhatikan merujuk ke teknologi kepunyaan pabrikan berlogo T.

Totalnya Toyota mendaftarkan delapan tipe mobil yang diduga sebagai Avanza terbaru:

  • W100RE-LBDFJ 1.3 E CVT
  • W100RE-LBDFJ 1.3 E M/T
  • W101RE-LBMFJ 1.5 G CVT
  • W100RE-LBMFJ 1.5 G CVT TSS
  • W101RE-LBSFJ 1.5 CVT
  • W101RE-LBVFJ 1.5 Q CVT TSS
  • W101RE-LMMFJ 1.5 G M/T
  • W101RE-LMSFJ 1.5 M/T
Baca juga  Menerka Ubahan Toyota Kijang Innova Facelift Untuk Indonesia

Ingin tahu lebih detail soal kode-kode itu dan sekaligus mengetahui bocoran fitur Toyota Avanza terbaru? Simak bahasan di bawah ini:

Avanza Pakai Fitur TSS dan Transmisi CVT

bocoran fitur toyota avanza terbaru
Ilustrasi brosur Toyota Raize yang sudah mengandalkan Toyota Safety Sense (TSS)

Dari Lampiran Permendagri No.40 Tahun 2021, kami mendapat bocoran fitur Toyota Avanza terbaru. Salah satunya bisa dilihat, kalau mobil LMPV ini punya TSS (Toyota Safety Sense).

Ini merupakan fitur keselamatan aktif yang juga dipunya oleh Toyota Raize. Di dalamnya ada Pre-collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Assist. Ditambah Pedal Misoperation Control, Rear Cross Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Kemudian yang juga menarik, ada opsi transmisi CVT. Artinya di generasi ketiga ini, Avanza bakal meninggalkan transmisi otomatis konvensional. Memang dari sisi kenyamanan, CVT lebih halus dalam mendistribusikan tenaga.

Apakah Mesin Avanza Akan Berteknologi Hybrid?

bocoran fitur toyota avanza terbaru
Toyota merupakan salah satu pabrikan yang fokus dengan lini produk mobil hybrid

Kalau melihat bocoran fitur Toyota Avanza terbaru berdasar Lampiran Permendagri No.40 Tahun 2021, maka tidak ada tanda-tanda bakal pakai mesin hybrid.

Jantung mekanis Avanza generasi ketiga kemungkinan akan pakai kubikasi serupa dengan model lama. Dalam artian memiliki dua opsi: 1.3 Liter dan 1.5 Liter.

Baca juga  5 Keunggulan Daihatsu Sigra, Ada Fitur Rahasia

Walau begitu, tidak menutup kemungkinan Avanza juga bakal memiliki opsi mesin hybrid. Apalagi isu ini sudah cukup kuat beredar di Negeri Sakura.

Media asal Jepang, Crative 311 mengabarkan ada mobil MPV Daihatsu yang sedang digodok dengan basis Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Bahasa lain dari DNGA adalah Toyota New Global Architecture (TNGA) bila dipakai oleh mobil Toyota.

Wujudnya kurang lebih seperti DN Multisix, condong ke arah mobil MPV. Lalu yang juga menarik, ada opsi mesin hybrid berkapasitas 1.2 liter dan jantung mekanis bensin 1.0 liter turbo. Inilah yang diduga sebagai Avanza-Xenia terbaru dengan mesin hybrid.

Bisa jadi untuk Avanza generasi ketiga produksi awal memang masih pakai mesin konvensional. Hanya saja selanjutnya, kemungkinan mesin hybrid bakal diaplikasikan.

Apalagi Toyota sudah menargetkan siap mobil hybrid produksi Indonesia pada 2022. Bukan tidak mungkin yang dimaksud adalah Avanza Hybrid.

“Kami di Toyota senang sekali, karena pemerintah Indonesia punya keinginan yang sangat positif… (Rencana) Toyota group untuk lokalisasi HEV (Hybrid Electric Vehicle) mulai 2022,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto dalam webinar bertajuk electrification day yang berlangsung pada Agustus 2020.

Baca juga  Kilas Balik Daihatsu Sigra di Indonesia Hingga Kini

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru