Thursday, October 6, 2022

Bocoran Wuling Alvez di Indonesia, SUV Murah Rival HR-V dan Creta!

by Tigor Sihombing
Bocoran spesifikasi Wuling Alvez

Wuling Alvez digadang-gadang akan menjadi produk terbaru pabrikan lima berlian untuk pasar Indonesia. Kabar ini bukan tanpa alasan, pasalnya beberapa Wuling Motors Indonesia (PT SGMW) telah mendaftarkan nama Alvez di laman dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham RI.

Nama Alvez tertera di PDKI dengan Nomor Permohonan DID2022060541. Pendaftarannya sendiri dilakukan oleh SAIC-GM-WULING AUTOMOBILE CO., LTD. pada 13 Agustus 2022.

Beberapa waktu lalu juga beredar foto spy shots kendaraan terbaru yang diduga berasal dari pabrikan Wuling. Bentuknya seperti Wuling Almaz alias khas SUV, tapi dimensinnya lebih kecil. Diduga itulah Alvez yang kemungkinan bakal menjadi rival Honda HR-V dan Hyundai Creta di Tanah Air.

Jika melihat di negara asal Wuling yaitu Cina, maka kemungkinan Alvez merupakan nama lain untuk Xing Chi. Wuling Xing Chi sendiri juga belum meluncur secara resmi di sana, tapi sudah banyak media yang menginformasikan terkait SUV ringkas tersebut.

Gambar paten mobil ini sudah bocor di China sejak Juli 2021. Tapi beberapa waktu lalu beredar kembali informasi soal Wuling Xing Chi dengan gambar asli lebih jelas, bukan lagi tampilan sketsa paten.

Baca juga  Skema Cicilan Wuling Air EV, Gaji UMR Bisa Beli?

Dikutip dari laman yiche.com, Wuling Alvez atau Xing Chi punya tampilan unik dengan grille berbentuk V. Selain itu mobil tersebut juga sudah menggunakan lampu depan LED persegi berdesain panjang. Di bumper bawah juga terdapat lampu kabut dengan bezel yang berdesain segitiga.

Spesifikasi Wuling Alvez dan Prediksi Harganya

Sosok Wuling Alvez yang tertangkap kamera di Indonesia

Alvez kemungkinan akan jadi produk SUV Wuling yang berhadapan langsung dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V

Bicara spesifikasi Wuling Alvez atau Xing Chi memiliki dua pilihan mesin: 1.5 Liter dan 1.5 Liter Turbo. Khusus tanpa turbo, jantung mekanisnya berkode LAR yang bisa mengeluarkan torsi puncak 143 Nm dan tenaga maksimal 100 PS. Performa ini memang masih jauh dari Hyundai Creta dan Honda HR-V kalau soal tenaga. 

Walau demikian, Alvez punya mesin 1.5 Liter Turbo dengan kode LJO yang punya performa lebih mantap. Di atas kertas, melontarkan torsi torsi puncak 250 Nm dan tenaga maksimal 148 PS. 

Untuk dimensinya, media Cina menyebut bahwa Wuling Alvez memiliki panjang bodi 4.350 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.610 untuk versi nonturbo. Sementara yang turbo pakai beberapa aksesori tambahan seperti bodi kit hingga roof rail, jadi sedikit lebih bongsor. Selain itu, Alvez dibekali dengan pilihan warna atraktif, dengan pilihan two tone.

Baca juga  Kupas Tuntas Honda CR-V Facelift 2021, Cocok Untuk Indonesia

Terkait harga Wuling Alvez, memang belum ada informasi lebih lanjut. Hanya saja dari segmentasinya yang punya dimensi lebih ringkas dibanding Almaz, maka kemungkinan banderolnya pun lebih terjangkau. Sebagai informasi, saat ini Wuling Almaz RS dijual mulai Rp 399,2 juta (OTR Jakarta) dan Almaz versi standar Rp 330,8 juta (OTR Jakarta).

Bisa jadi, nanti Alvez siap dijual mulai dari Rp 250 juta hingga 300 jutaan di Indonesia. Kalau benar demikian, tentu ini lebih kompetitif dibanding Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Untuk saat ini Wuling sendiri belum memberikan pernyataan terkait kemungkinan segera hadirnya Wuling Alvez di Indonesia. Walau begitu, kami percaya SUV ringkas tersebut bakal diperkenalkan pada akhir 2022 atau paling lambat 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika