by

Cara Membersihkan Jok Mobil yang Benar

Merbersihkan jok mobil baiknya dilakukan dengan cara dan penggunaan cairan khusus berdasarkan jenis noda yang menempel. Hal ini dilakukan tentu saja uttuk memudahkan dalam proses pembersihan.

Bicara perawatan jok mobil,  enggak melulu harus dilakukan di salon perawatan. Kita bisa melakukan sendiri di rumah lantaran mudah dan enggak perlu memerlukan spesial tools.

Merawat jok mobil penting dilakukan karena terkait tentang kebersihan dan kesehatan di dalam kabin. Jok mobil yang bersih pastinya akan menangkis virus-virus yang bisa saja berbahaya bagi tubuh.

Selain itu jok mobil yang bersih akan memberikan kenyamanan untuk penumpang dan supir. Maka dari itu membersihkan atau merawat jok mobil sama pentingnya dengan menjaga kebersihan bagian mobil lainnya.

Agar kamu bisa melakukannya dengan mudah, berikut kami sampaikan cara merawat jok mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah, sebagaimana telah dirangkum dari laman resmi Daihatsu.

Tidak Sulit Membersihkan Jok Mobil Asal Tahu Caranya

cara membersihkan jok mobil
Jok mobil perlu dibersihkan secara berkala supaya berkendara terasa nyaman

kamu harus siap sedia memiliki alat pembersih seperti vakum cleaner serta kain lap. Selain alat, siapkan juga bahan pembersih berupa cairan atau bahan poles.

Baca juga  Ketahui Fungsi dan Cara Menggunakan Isofix di Mobil

Pertama adalah menggunakan mesin vakum agar semua debu serta kotoran kering terangkat dari atas jok. Kamu juga bisa menggunakan vakum untuk menyedot debu pada area kabin lainnya.

Kemudian kamu bisa membersihkan jok mobil dengan memanfaatkan cairan pembersih. Caranya tuangkan cairan tersebut ke kain, lalu kamu bisa mengelap seluruh bagian jok hingga bersih.

Cara membersihkan jok mobil harus dilakukan dengan langkah yang tepat. Supaya jok mobil bersih dan tidak salah langkah ada tips dan trik praktis berikut ini yang bisa kamu lakukan.

Kamu perlu tahu sebelum membersihkan jenis bahan apa yang digunakan. Karena masing-masing bahan membutuhkan cairan pembersih yang berbeda. Khususnya ketika jok memiliki noda.

Ada beberapa jenis bahan pelapis jok mobil, yaitu jenis kulit yang harganya mahal. Cara membersihkannya sebenarnya mudah, cukup dilap saja dengan kain bersih.

Hanya saja kamu perlu hindari memberishkan Jok kulit dengan minyak kayu putih dan cairan yang memiliki sifat melunturkan warna. Ini bisa merusak lapisan kulit.

Baca juga  Mengenal Kelebihan Busi Iridium dan Cara Merawatnya

Sedangkan jenis jok dengan pelapis vinyl adalah yang paling mudah dibersihkan, asalkan tidak dengan cara kasar. Bahan ini tetap harus diperlakukan dengan lembut.

Terakhir adalah jenis bahan kain yaitu kain beludru atau tenun. Perlakuan jok dari bahan beludru atau tenun harus dibersihkan secara terpisah, tidak dalam keadaan terpasang. 

Membersihkan Noda Tinta dan Minyak di Jok Mobil

cuci jok mobil

Kapan saja jok mobil bisa kotor karena noda tinta. Noda ini hanya bisa dibersihkan pada jenis lapisan kain atau vinyl, sedangkan jok kulit tidak bisa dibersihkan. Tips membersihkannya adalah dengan cairan mengandung alkohol.

Caranya cukup menggosok cairan tersebut dengan hati-hati pada bagian noda sampai hilang. Jika tidak memiliki cairan tersebut, kamu juga bisa menggantinya dengan hand sanitizer.

Selain noda tinta, jok juga terkadang terkena minyak dan warna dari jok akan terlihat berbeda. Jika dibiarkan terlalu lama, noda minyak akan menjadi sumber bau yang tidak sedap.

Triknya adalah dengan menggunakan aseton. Cairan ini bisa diusapkan pada bagian noda minyak kemudian gosok dengan kain perlahan.

Baca juga  Dongkrak Mobil, Ragam dan Harganya

Setelah digosok, kamu bisa menaburkan garam di atasnya untuk menyerap kandungan aseton dalam kain. Biarkan garam semalaman baru bersihkan dengan vakum esok harinya.

Bagi kamu yang memiliki jok mobil dari bahan kulit perlu berhati-hati menggunakannya. Karena beberapa noda tidak bisa dihilangkan dengan mudah.

Untuk kamu yang ingin update berita seputar otomotif secara lengkap, pantau terus moladin.com ya guys. 

Terbaru