Saturday, February 4, 2023
Banner

Cara Membersihkan Jok Mobil Kain yang Kotor dengan Benar!

by Tigor Sihombing
cara membersihkan jok mobil kain yang kotor pakai STP

Mengulas tentang cara membersihkan jok mobil tentu menarik, baik itu yang terbuat dari kain hingga kulit. Sebab, banyak pemilik mobil yang masih belum tau caranya dan akhirnya menyerahkan proses pembersihan tersebut ke salon mobil.

Bicara perawatan jok mobil, tidak melulu harus dilakukan di salon atau bengkel poles. Kamu bisa melakukan sendiri di rumah, lantaran mudah dan tidak perlu memerlukan spesial tools. Harganya pun kalau dilakukan sendiri, bisa jauh lebih terjangkau.

Merawat jok mobil penting dilakukan karena terkait tentang kebersihan dan kesehatan di dalam kabin. Jok mobil yang bersih pastinya akan menangkis virus-virus yang bisa saja berbahaya bagi tubuh.

Selain itu jok mobil yang bersih akan memberikan kenyamanan untuk penumpang dan supir. Maka dari itu membersihkan atau merawat jok mobil sama pentingnya dengan menjaga kebersihan bagian mobil lainnya.

Jangan Pakai Sarung Jok Mobil Murahan

Sarung jok mobil terbaik

Gunakan sarung jok mobil yang berkualitas agar pengemudi dan penumpang nyaman saat berkendara

Alih-alih menjaga jok mobil tetap bersih, beberapa pemilik mobil ada yang mengakalinya dengan menggunakan sarung jok murahan. Kebanyakan hal ini dilakukan untuk jok yang berbahan fabric atau kain.

Padahal, dengan menutupi jok mobil dengan sarung jok justru akan menimbulkan beberapa masalah. Seperti punggung akan cepat berkeringat karena umumnya sarung jok menggunakan bahan kulit sintetis.

Selain itu, menggunakan sarung jok juga berpotensi akan menimbulkan celah bersarangnya hewan serangga seperti semut dan kecoa dibalik sarung jok tersebut. Hal ini disebabkan biasanya karena ada sisa makanan yang jatuh dan menyelip di balik sarung jok.

Walau demikian, kalau penggunaan sarung jok mobil dari bahan kulit yang berkualitas pastinya tidak masalah. Jok kulit dengan kualitas baik, tentunya sangatlah nyaman ketika diduduki. Di samping itu, proses pemasangan yang benar, juga membuat jok memiliki tingkat kerapatan yang baik, sehinga bisa mencegah celah bersarangnya serangga.

Kembali ke pembahasan cara membersihkan jok mobil. Agar kamu bisa melakukannya dengan mudah, berikut kami sampaikan cara merawat jok mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tidak Sulit Membersihkan Jok Mobil Asal Tahu Caranya

cara-membersihkan-jok-mobil-semi-kulit-1

Tiap material jok punya perlakuan khusus

Kamu harus siap sedia memiliki alat pembersih seperti vacum cleaner serta kain lap. Selain alat, siapkan juga bahan pembersih berupa cairan atau bahan poles.

Baca juga  10 Tips Berkendara Mobil yang Aman Saat Hujan

Pertama adalah menggunakan mesin vakum agar semua debu serta kotoran kering terangkat dari atas jok. Kamu juga bisa menggunakan vakum untuk menyedot debu pada area kabin lainnya.

Kemudian kamu bisa membersihkan jok mobil dengan memanfaatkan cairan pembersih. Caranya tuangkan cairan tersebut ke kain, lalu kamu bisa mengelap seluruh bagian jok hingga bersih.

Cara membersihkan jok mobil harus dilakukan dengan langkah yang tepat. Supaya jok mobil bersih dan tidak salah langkah ada tips dan trik praktis berikut ini yang bisa kamu lakukan.

Kamu perlu tahu sebelum membersihkan jenis bahan apa yang digunakan. Karena masing-masing bahan membutuhkan cairan pembersih yang berbeda. Khususnya ketika jok memiliki noda.

Ada beberapa jenis bahan pelapis jok mobil, yaitu jenis kulit yang harganya mahal. Cara membersihkannya sebenarnya mudah, cukup dilap saja dengan kain bersih. Hanya saja kamu perlu hindari memberishkan Jok kulit dengan minyak kayu putih dan cairan yang memiliki sifat melunturkan warna. Ini bisa merusak lapisan kulit.

Sedangkan jenis jok dengan pelapis vinyl adalah yang paling mudah dibersihkan, asalkan tidak dengan cara kasar. Bahan ini tetap harus diperlakukan dengan lembut.

Terakhir adalah jenis bahan kain yaitu kain atau sering disebut bahan fabric. Nah, untuk bahan jenis ini cara membersihkannya juga tidak sulit. Cukup dengan menggunakan cairan pembersih STP atau cairan pembersih piring, serta peralatan seperti sikat gigi dan kain microfiber.

Cara Membersihkan Jok Mobil Kain/Fabric

cara membersihkan jok mobil

Sikat secara merata dan searah pada bagian jok yang kotor

Dari berbagai jenis bahan yang digunakan untuk menutup jok mobil, fabric atau kain yang banyak digunakan pabrikan otomotif di Indonesia. Hal ini lantaran bahan kain lebih nyaman saat menempel dengan kulit pengemudi atau penumpang mobil. Di samping itu, jok kain juga punya sirkulasi udara yang baik, sehingga tidak membuat duduk berlama-lama jadi terasa gerah.

Baca juga  5 Ciri-ciri Transmisi Mobil Matik Rusak, Perhatikan!

Hanya saja jok fabric di mobil memang rentan sekali kotor. Pasalnya material kain mudah menyerap apa pun. Baik itu tumpahan makanan, minuman, dan lain-lain. Walau demikian, sesungguhnya itu bukanlah masalah, selama kamu tahu cara membersihkan jok mobil kain yang kotor dengan benar. Berikut kami akan beberkan langkah-langkahnya.

Peralatan Membersihkan Jok Mobil & Harganya

cara membersihkan jok mobil

Peralatan membersihkan jok mobil berbahan fabric

Cara membersihkan jok mobil kain, pertama-tama harus siapkan peralatan untuk cuci jok. Peralatan yang dibutuhkan juga tergolong mudah didapatkan dan harganya relatif ramah di kantong. Berikut peralatan yang dibutuhkan:

  • Vacuum Cleaner Rp 200 ribu
  • Sikat gigi Rp 5 ribu – Rp 10 ribu
  • Cairan pembersih piring sachet Rp 2 ribu
  • Kain Microfiber Rp 15 ribu
  • Cairan STP Tuff Stuff Multi Purpose Foam Cleaner – Pembersih Interior Mobil Rp 65 ribu

Sebagai informasi, peralatan tersebut sifatnya bisa digunakan berulang-ulang. Dalam artian, selain harganya murah, juga bisa digunakan berkali-kali. Kecuali kondisi seluruh jok mobil kotor sekali, maka cairan STP dan cairan cuci piring bisa habis untuk sekali pakai.

Peralatan yang disebutkan tadi adalah untuk mendukung proses cuci jok mobil kain atau fabric. Oh ya, ada satu peralatan lagi untuk memaksimalkan proses membersihkan jok yaitu vacum cleaner untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menyelip diantara lipatan jok mobil. Namun jika pemilik mobil tidak memilikinya, bisa diakali dengan menggunakan sapu kecil.

Langkah Cuci Jok Mobil dengan Sabun Cuci Piring

cara membersihkan jok mobil kain yang kotor

Sabun cuci piring dicampur air, kemudian sapu ke jok kain dengan sikat gigi

Berikut tahapan cuci jok mobil yang benar. Cuci di sini, maksudnya adalah membersihkan jok mobil kain yang sudah kotor dengan cairan. Pertama-tama, kamu perlu siapkan air bersih dan campurkan cairan pembersih piring secukupnya. Kemudian aduk hingga cairan dan air tercampur dengan merata.

Siapkan sikat gigi, kemudian celupkan sikat gigi tersebut ke air yang sudah tercampur dengan pembersih piring. Setelahnya gosokan sikat gigi ke bagian jok mobil yang kotor secara merata dan searah. Ulangi hal ini beberapa kali jika dirasa kotoran yang menempel membandel.

Baca juga  Biaya Pasang Jok Captain Seat, Ternyata Tidak Mahal!

Setelahnya, diamkan selama kurang lebih 1 sampai 2 menit hingga objek yang dibersihkan mengering. Kemudian bersihkan atau lap dengan kain microfiber. Jika setelah dibersihkan dengan kain microfiber namun jok mas

ih terlihat kotor/kusam, ulangi langkah di atas secara berkala.

Cara Membersihkan Jok Mobil Kain dengan STP Tuff Stuff Multi Purpose Foam Cleaner

cairan pembersih plafon mobil

cairan pembersih jok mobil merek STP Tuff Stuff

Ada lagi, cara cuci jok mobil kain atau membersihkan jok berbahan fabric yang lebih sederhana yaitu pakai STP Tuff Stuff Multi Purpose Foam Cleaner. Ini adalah cairan serba guna yang bisa digunakan untuk membersihkan interior mobil. Kalau untuk jok, bahan kain, bludru, hingga kulit sintetis dapat digunakan.

Caranya adalah semprotkan secukupnya cairan STP pembersih interior tersebut kebagian jok mobil yang kotor atau kusam. Kemudian diamkan selama 2 menit sampai 3 menit agar cairan tersebut menyerap kotoran pada jok mobil. Setelahnya, lap atau bersihkan foam tadi dengan kain microfiber.

Jika dirasa jok mobil masih terlihat kusam atau kotor, ulangi secara berkala. Dijamin, jok kain kamu yang kotor akan bersih seperti baru. 

Membersihkan Noda Tinta dan Minyak di Jok Mobil

cuci jok mobil

Noda membandel di jok mobil kain bisa gunakan aseton, hand sanitizer, atau apapun yang mengandung alkohol.

Kapan saja jok mobil bisa kotor karena noda tinta. Noda ini hanya bisa dibersihkan pada jenis lapisan kain atau vinyl, sedangkan jok kulit tidak bisa dibersihkan. Tips membersihkannya adalah dengan cairan mengandung alkohol.

Caranya cukup menggosok cairan tersebut dengan hati-hati pada bagian noda sampai hilang. Jika tidak memiliki cairan tersebut, kamu juga bisa menggantinya dengan hand sanitizer.

Selain noda tinta, jok juga terkadang terkena minyak dan warna dari jok akan terlihat berbeda. Jika dibiarkan terlalu lama, noda minyak akan menjadi sumber bau yang tidak sedap. Triknya adalah dengan menggunakan aseton. Cairan ini bisa diusapkan pada bagian noda minyak kemudian gosok dengan kain perlahan.

Setelah digosok, kamu bisa menaburkan garam di atasnya untuk menyerap kandungan aseton dalam kain. Biarkan garam semalaman baru bersihkan dengan vakum esok harinya.

Bagi kamu yang memiliki jok mobil dari bahan kulit perlu berhati-hati menggunakannya. Karena beberapa noda tidak bisa dihilangkan dengan mudah.

Moladiners, itulah bahasan mengenai cara membersihkan jok mobil yang bisa kamu coba di rumah. Untuk kamu yang ingin update berita seputar otomotif secara lengkap, pantau terus moladin.com ya guys.

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika