by

3 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun, Bisa Pakai Sampo

Kala berkendara saat hujan, sering kali pemilik mobil terhalang penglihatannya karena kaca yang berembun. Namun, jangan panik dulu berikut ini kami berikan cara mengatasi kaca mobil berembun.

Embun yang melapisi kaca memang menjadi hal yang menjengkelkan. Terlebih saat berkendara di tengah hujan, sering kali kamu merasakan hal seperti ini dan membuat visibilitas jadi berkurang.

Lantas kenapa kaca mobil bisa berembun saat hujan? Biasanya, hal ini disebabkan karena perbedaan suhu udara di luar dan dalam mobil. Umumnya suhu di luar terlalu dingin, sementara kabin mobil panas.

Di sisi lain, tidak ada udara dingin dari luar tidak bisa mengalir ke dalam, lantaran kaca tertutup rapat. Tidak adanya sirkulasi udara yang baik ini juga mengakibatkan kaca mobil menjadi berembun. Lalu bagaimana mengatasi kaca mobil berembun?

Paling sederhana adalah cukup menyalakan AC untuk menyeimbangkan suhu. Kalau sudah aktif, sesuaikan suhu yang dibutuhkan. Kalau di luar sangat dingin, berarti tingkatkan kesejukan di kabin dengan maksimalkan suhu dingin AC. Di samping itu, dengan dihidupkannya AC, maka hal ini bertujuan untuk menjaga suhu kabin tetap kering, dan dalam suhu yang mumpuni.

Hanya saja, kadang AC saja tidak bisa jadi solusi yang optimal untuk menghilangkan embun dari kaca mobil. Pasalnya kondisi berembun juga diperparah oleh adanya jamur pada kaca. Ini membuat permukaan kaca akan lebih buram dan sulit dilihat.

Baca juga  Tips Membawa Sepeda di Mobil Dengan Mudah dan Aman

Lalu bagaimana cara efektif untuk menghilangkan kaca mobil berembun? Bisa coba pakai sampo, cairan anti kabut, dan manfaatkan fitur deffoger.

Inilah Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

1. Usapkan Sampo ke Kaca Mobil

cara mengatasi kaca mobil berembun - sampo rambut
Tuang sedikit sampo rambut ke lap kering, kemudian usapkan ke bagian dalam kaca mobil. Cara ini diklaim bisa mencegah embun

Sebagai salah satu cairan anti embun untuk kaca mobil adalah penggunaan sampo rambut. Metode ini sering digunakan ketika darurat. Untuk penggunaannya, tidak begitu repot jika dilakukan seorang diri. Pertama adalah tuangkan sampo tersebut ke lap microfiber.

Setelah itu, usapkan ke seluruh kaca depan bagian dalam. Lakukan secara perlahan hinga cairan sampo tersebut meresap dan melindungi kaca dari embun. Sampo diklaim bisa menjaga kelembaban kaca, sehingga terhindar dari embun.

Ulangi tahap tersebut sampai kaca menjadi lebih jelas setelah dilap menggunakan sampo. Tapi perlu diingat, dalam penggunaan sampo ini, akan menimbulkan wangi yang mungkin membuat kamu tidak nyaman ketika berada di dalam mobil.

“Bisa saja pakai sampo. Tapi itu kan cara yang memang kaya turun menurun. Udah kaya tradisi juga sih. Nah, kalau dari penggunaannya, memang gampang hanya perlu mengoleskan sampo tersebut ke lapisan kaca, dan usapkan sampai benar-benar menyerap,” jelas Hari, Polishgang Detailing.

2. Gunakan Cairan Anti Kabut

cara mengatasi kaca mobil berembun
Pakai cairan anti kabut untuk menghilangkan embun pada kaca mobil

Namun, selain metode penggunaan sampo sebagai penghilang embun di kaca, kamu juga bisa melakukan cara lain yang ampuh untuk cara mengatasi kaca mobil berembun.

Dari beberapa metode, selain menggunakan sampo, ada cairan anti embun untuk kaca mobil yang bisa kamu manfaatkan. Namanya antifog spray, di mana penggunaan cairan ini bisa mencegah adanya embun pada bagian kaca saat kondisi hujan atau kondisi tertentu. Dalam pengaplikasiannya, sangat mudah seperti menggunakan sampo tadi.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Chrome, Cukup Alumunium Foil

“Bisa juga menggunakan antifog. Ada yang spray juga, jadi mudah banget digunakan. Penggunaannya cukup disemprot saja ke kaca, lalu dilap berulang kali sampai cairan tersebut menyerap dan melindungi kaca dari embun,” tambah Hari.

Cairan anti kabut ini memang dijual bebas di pasaran. Tapi, sering kali ada cairan yang tidak bagus karena biasanya setelah disemprotkan ke permukaan kaca, akan menimbulkan minyak. Hal ini yang akan menyebabkan pandangan mata menjadi tidak maksimal. Bahkan, dalam mengelap kaca juga menjadi tidak maksimal lantaran berminyak sehingga menjadi licin.

Penggunaan cairan anti kabut ini bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Setelah menyemprot permukaan kaca mobil, gunakan kain halus atau microfiber dalam membasuhnya. Lakukan usapan tersebut berkali-kali sampai cairan ini benar-benar melapisi permukaan kaca secara maksimal dan menyerap. Setelah dilap dengan microfiber, pastikan bahwa tidak ada bekas dari cairan tersebut.

Di samping itu, kaca mobil berembun saat hujan juga bisa terjadi jika kamu tidak menggunakan antifog. Dengan penggunaan cairan tersebut, akan meminimalisir adanya embun yang terjadi pada kaca mobil.

3. Manfaatkan Fitur Defogger untuk Kaca Mobil Berembun

cara mengatasi kaca mobil berembun
Manfaatkan fitur defogger pada mobil

Tidak banyak yang mengetahui apakah setiap mobil memiliki fungsi defogger. Namun, jika mobil kamu memiliki defogger, ini bisa dimanfaatkan dalam mencegah kaca mobil berembun.

Baca juga  11 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusinya

Pada intinya fungsi deffoger membuat kaca jadi lebih hangat. Sehingga kondisi udara di luar dan dalam mobil jadi seimbang. Dengan demikian, embun di kaca mobil akan hilang.

Defogger sendiri umumnya ada di kaca depan dan belakang mobil. Khusus di kaca depan, bekerja melalui kipas AC mobil, di mana angin yang dikeluarkan disalurkan melalui lubang di bagian dashboard. Sementara pada bagian belakang, biasanya defogger memanfaatkan garis yang ada di kaca belakang untuk menyalurkan panas.

Bagaimana sekarang, sudah tahukan cara mengatasi kaca mobil berembun. Ingatlah hal ini terjadi karena perbedaan suhu udara di kabin dan di luar mobil. Jadi jika kaca berembun, kamu bisa mainkan suhu AC.

Misalnya di siang hari, kaca mobl berembun, biasanya ini disebabkan salah satunya karena ada kisi-kisi AC yang menghadap langsung ke kaca. Hal ini bisa menyebabkan embun yang menumpuk di salah satu sisi.

Untuk mengakalinya, jangan arahkan grill AC langsung ke kaca. Sehingga, angin dingin yang berasal dari AC tidak menyebabkan embun di permukaan kaca. Mudah bukan? Kamu juga bisa buka sedikit kaca mobil untuk menyeimbangkan suhu di luar dan di dalam kabin mobil. Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru