oleh

5 Cara Mengecas Aki Mobil Dengan Benar, Mudah Kok!

Saat accu atau aki mulai melemah, biasanya pemilik kendaraan perlu tahu cara mengecas aki mobil dengan benar. Pasalnya aki merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting dalam menunjang kenyamanan sebelum dan ketika berkendara.

Aki adalah komponen yang krusial bagi sepeda motor maupun mobil. Untuk itu, setiap pemilik kendaraan penting rasanya untuk selalu melakukan perawatan rutin pada komponen yang satu ini.

Pasalnya jika terjadi kerusakan, maka akan menyebabkan sistem kelistrikan dan juga pengapian pada kendaraan tidak akan berjalan dengan baik. Kenapa pengapian? Karena setiap mobil membutuhkan aliran listrik ketika ingin dinyalakan alias ‘starter’.

Kegunaan aki juga dapat menampung listrik yang dihasilkan oleh mesin. Gunanya untuk mengaktifkan seluruh peranti, seperti radio, klakson, lampu-lampu, dan lain sebagainya.

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil, supaya kondisi aki tetap stabil yaitu pengecasan. Langkah ini dianggap jitu, supaya aki kendaraan kamu tidak tekor. Terpenting lagi, kamu bisa mengecas aki, ketika mobil sudah lama tidak digunakan atau lebih dari dua minggu.

Lalu sebenarnya bagaimana cara mengecas aki mobil yang tepat? Tanpa berpanjang lebar, sebaiknya kamu bisa simak ulasan ini sampai habis:

Baca juga  5 Cara Merawat Transmisi Mobil Otomatis yang Benar!

1. Lepas Aki, Cara Mengecas Aki Mobil yang Pertama

Ketahui cara mengecas aki mobil
Ketahui cara mengecas aki mobil

Seperti dikutip dari laman Daihatsu.co.id, tahap awal yang perlu dilakukan terkait cara mengecas aki mobil yang benar. Kalian bisa melepas aki mobil terlebih dahulu dengan mengeluarkannya dari mobil.

Saat ingin melepas aki, kamu juga perlu waspada. Karena sebelum melepas aki, pada tipe mobil tertentu memerlukan reset ECU.

Kalau salah langkah, berpotensi menyebabkan kerusakan yang membuat kinerja mobil menurun. Sebagai catatan dengan melepas aki, sebagai upaya untuk menjaga keamanan saat proses pengecasan.

Saat mengecas aki, biasanya air aki yang mendidih akan membuat gelembung yang bsia masuk ke lubang ventilasi aki. Air aki tersebut begitu berbahaya bagi mobil, bahkan akan menimbulkan rasa gatal, ketika terkena kulit kalian.

Maka sebaiknya cara mengecas aki mobil yang ampuh. Sebaiknya dilepas terlebih dahulu dari mobil.

2. Bukalah Tutup Aki Dengan Benar

Buka tutup aki dengan tepat
Buka tutup aki dengan tepat

Langkah kedua yang bisa dilakukan, mengenai cara mengecas aki mobil yang tepat. Setelah berhasil mengeluarkan aki dari mobil, kamu lanjutkan dengan membuka tutup ventilasi aki.

Tujuan melakukannya, agar gas bertekanan yang muncul ketika pengecasan dapat dikurangi. Hal tersebut juga meminimalkan efek yang tidak diinginkan seperti ledakan.

Baca juga  Standar Kilometer Mobil Per Tahun, Berapa Idealnya?

Sebelum melakukan pengecasan, pastikan pula ketinggian air aki masih sesuai, s. Jika dirasa volume air aki kurang, maka kalian bisa menambahkannya dengan air suling atau air aki botol biru. Tambahkan air hingga sisa 1/3 bagian atas ketinggian air.

Dengan kata lain, jangan sampai kalian mengisi air aki hingga penuh segaris batas level air. Karena, saat proses pengecasan aki akan membuat elemen dalam mengembang sehingga dapat mempengaruhi volume air aki. 

3. Pasang Kabel Charger Dengan Benar

Charge aki mobil
Charge aki mobil

Cara mengecas aki mobil selanjutnya, pasang kabel charger. Pemasangan ini sebaiknya dilakukan secara berurutan. Mulai dari kabel positif dahulu kemudian baru memasang kabel negatif. Pastikan posisi kabel sesuai dan jepitannya kuat.

Kemudian atur saklar charger pada posisi yang tepat. Biasanya, tersedia 3 saklar untuk mengecas aki, seperti saklar arus pengisian, saklar atur tegangan, dan saklar untuk pengaturan waktu pengisian atau pengecasan.

4. Hidupkan Charger dan Atur Posisi Yang Tepat

Stabilizer untuk pengecasan aki
Stabilizer untuk pengecasan aki

Setelah kabel-kabel kalian pasang dengan benar, cara mengecas aki mobil selanjutnya, kamu bisa menghidupkan alat charger. Namun perlu diperhatikan, sebelum itu atur besaran ampere secara tepat. Jangan sampai terlalu besar.

Baca juga  8 Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati

Umumnya untuk pengecasan aki, hanya diperbolehkan 1/10 dari jumlah ampere aki. Misal aki mobil kamu memiliki 40 Ampere, maka untuk charger hanya diperbolehkan maksimal 4 Ampere.

5. Tunggu Hingga Proses Pengecasan Aki Selesai

Proses pengecasan aki
Proses pengecasan aki

Kala seluruh proses cara mengecas aki di atas kamu sudah lakukan, kini saatnya kamu tinggal menunggu hingga proses pengecasan selesai. Waktu pengecasan berbeda-beda, tergantung kepada jenis kapasitas aki yang digunakan mobil kalian.

Selama proses ini, kamu hanya perlu menunggu, dengan sesekali mengawasinya. Pengecasan aki secara garis besar bertujuan untuk mengembalikan kondisi aki ke standar semula.

Umumnya aki mobil memiliki tegangan normal 12 Volt. Kalau di charger sudah menunjukkan angka tersebut, berarti sudah selesai pengecasan.

Langkah ini dilakukan agar performa mobil tetap prima. Cara pengecasan yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut sudah sesuai dengan standar otomotif yang benar.

Jadi, Anda tak perlu lagi khawatir jika ingin melakukan pengecasan aki pada mobil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca juga:

Terbaru