Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Cara Merawat Vespa Elettrica, Teknik Cuci Motor Listrik yang Benar!

by Firdaus Ali
jenis vespa matic - elettrica

Berikut akan kami ulas mengenai cara merawat Vespa Elettrica supaya baterai dan motor elektriknya tidak mudah rusak. Pasalnya kalau sampai bermasalah, biaya penggantian baterainya saja mencapai Rp 70 juta.

Vespa sebenarnya memberi garansi untuk skuter listrik seharga Rp 198 juta (OTR Jakarta) tersebut, selama tiga tahun. Walau sudah ada garansi, bukan berarti pemilik Vespa Elettrica tidak perlu merawat motornya. Terlebih, kalau memang kerusakan baterai dan motor elektrik dikarenakan kesalahan pengguna, bisa-bisa garansi tidak berlaku.

Rusaknya baterai dan motor elektrik milik Vespa Elettrica dapat terjadi karena banyak hal, salah satunya cuci motor yang tidak benar. Kemudian penggunaan yan sembarangan pun bisa membuat motor listrik ini cepat rusak. Setidaknya itulah informasi dari pihak Vespa.

“Kami memberikan garansi baterai 3 tahun untuk Vespa Elettrica. Namun begitu ada syarat dan ketentuan agar garansi tersebut tidak hangus karena kesalahan yang dilakukan oleh pemiliknya, salah satunya adalah cara merawatnya. Untuk itu, konsumen juga perlu mengetahui cara merawat Vespa Elettrica, team kami di lapangan tentunya akan menginformasikan kepada konsumen yang tertarik Vespa Elettrica,” jelas Public Relation Manager Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari beberapa waktu lalu.

Baca juga  Diam-Diam Honda Siapkan CBR Elektrik, Kapan Meluncur?

Ambil contoh ketika berkendara di musim hujan dan melewati genangan air, jangan sampai melewati batas ketinggian yang disarankan. Pasalnya bila Vespa Elettrica sampai terendam pada ketinggian lebih dari 12 cm, beresiko terjadi kerusakan pada motor elektriknya.

“Rekomendasi maksimum batas ketinggian air yang dapat dilalui yaitu 120 mm atau 12 cm, atau lebih rendah dari posisi motor elektrik pada kendaraan,” jelas Ayu Hapsari.

Kemudian ketika kamu berencana tidak menggunakan motor listrik dalam waktu lama, tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Cara mewarat Vespa Elettrica sebagai berikut:

  • Bersihkan/cuci kendaraan sebelum ditinggal
  • Lakukan pengisian daya baterai hingga penuh
  • Lepaskan aki 12V 6Ah dari kendaraan dan simpan baterai di tempat yang kering dan berventilasi baik.
  • Tutup kendaraan dengan cover kendaraan agar terhindar dari kotoran dan debu

Teknik Mencuci Motor Vespa Elettrica yang Benar

cara merawat vespa elettrica - baterai lithium ion

Baterai skuter listrik Vespa ini ada di bawah jok

Cara merawat Vespa Elettrica selanjutnya adalah dengan mencucinya. Hanya saja, hal ini tidak bisa dilakukan sembarang. Tentu saja motor listrik dan motor konvensional punya perawatan berbeda.

Baca juga  Review Vespa GTS 150 Classic 2023, Paling Murah!

Berikut cara mencuci Vespa Elettrica menurut anjuran dari Piaggio Indonesia:

  • Mencuci dengan tekanan air rendah
  • Jarak minimal 60 cm antara kendaraan dengan ujung selang air
  • Jangan arahkan air langsung ke motor elektrik atau kabel listrik
  • Pastikan saddle atau jok tertutup saat mencuci Vespa Elettrica

Jadi sudah tahu kan, bagaimana cara merawat Vespa Elettrica yang baik dan benar? Jika punya uang Rp 198 juta dan mampu beli skuter listrik ini, jangan sampai tidak dirawat ya!

Spesifikasi Vespa Elettrica

Cara merawat Vespa Electtrica

Kecepatan maksimal Vespa Elettrica hanya 67 Km/jam

Setelah mengetahui cara merawat Vespa Elettrica, berikut kami ulas singkat mengenai spesifikasi skuter listrik asal Italia yang harganya Rp 198 juta tersebut. Bicara kapasitas baterai, kapasitasnya 4,2 kWh (48V 86Ah) dan bobotnya mencapai 25 Kg. Adapun jarak tempuh maksimal, bisa mencapai 100 kilometer.

Waktu cas baterai Vespa Elettrica sekitar 4 hingga 8 jam dengan tegangan 220 V (tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian). Soal performanya, memiliki motor elektrik yang bisa menghasilkan torsi 200 Nm dan tenaga maksimal 4 kW. Sayangnya kecepatan maksimal dari Vespa Elettrica terbatas hanya 67 km/jam.

Baca juga  7 Merek Motor Listrik di IIMS Hybrid 2021

Oh ya, ada juga fitur regenerative braking atau Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya. KERS memungkinkan daya pengereman dikonversi ke energi listrik untuk cas baterai secara otomatis selama perjalanan.

Itulah tadi bahasan lengkap cara merawat Vespa Elettrica dan cara merawatnya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika