by

3 Cara Modifikasi Mobil Pick Up Slalom, Boleh Dicoba!

Mobil pick up lebih dikenal sebagai mobil niaga yang menunjang bisnis. Namun, ada juga modifikasi mobil pick up jadi mobil balap slalom.

Modifikasi yang dilakukan oleh pemilik mobil memang tidak terbatas dalam pengerjaan. Sering kali, modifikasi merepresentasikan jiwa dari pemilik mobil tersebut. Dari beberapa modifikasi mobil pick up, yang paling banyak adalah dirubah menjadi mobil balap slalom.

Dalam implementasinya, tidak banyak yang dirubah pada mobil tersebut. Hanya saja, beberapa komponen utama harus dirubah agar performa mobil balap pick up ini lebih mumpuni saat berada di atas lintasan.

Modifikasi mobil pick up menjadi mobil balap juga tidak terlalu ekstrem. Melainkan, perubahan yang dilakukan hanya sebatas pada penambahan rem cakram double caliper, serta pegangan rem tangan yang harus ditinggikan guna memudahkan dalam bermanuver di atas lintasan balap slalom.

Memang jika berbicara perihal modifikasi, biasanya pikiran kamu akan menerawang jauh membayangkan mobil yang dipenuhi dengan komponen aftermarket. Akan tetapi, untuk modifikasi mobil pick up slalom, hal tersebut tidak akan terjadi karena akan menambah bobot mobil sehingga akan mengurangi performa mobil.

Jika diuraikan secara jelas, berikut ini kami akan berikan penjelasan apa saja yang harus dirubah oleh pemilik mobil untuk modifikasi mobil pick up menjadi mobil balap slalom.

Baca juga  Toyota Hilux Facelift Mengaspal, Apa Saja yang Berubah?

Menurut Arce Meyer, tuner dari Whooosah Tuning, untuk biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik mobil untuk melakukan modifikasi mobil pick up biayanya tidak terlalu mahal. Hal tersebut dikarenakan tidak banyak yang dirubah pada mobil tersebut.

“Kalau untuk modifikasi mobil pick up menjadi mobil balap slalom, biasanya harganya sangat beragam. Tapi memang, biasanya untuk budget yang dikeluarkan adalah sekitar Rp 70 juta sampai Rp 90 juta,” ujar Arce Meyer, selaku tuner handal.

Sementara itu, modifikasi yang dilakukan hanya meliputi beberapa penggantian komponen seperti ban, tuning mesin agar lebih maksimal, double caliper, rem tangan, serta pelek jika diperlukan.

1. Pakai Rem Double Caliper

Modifikasi mobil pick up slalom
Penggunaan ban berpengaruh pada hasil yang dihasilkan

Fungsi sistem pengeraman pada mobil balap slalom memiliki peran yang begitu penting. Pasalnya, dalam balap ini diperlukan tingkat cengeraman rem terhadap cakram sehingga harus presisi dan mampu menaham laju mobil dengan sangat baik.

Penggunaan double caliper ini juga membantu peslalom untuk menghentikan mobil saat melewati soal balapan yang diberikan. Karena, biasanya balap slalom ini harus melewati beberapa kun yang terbagi menjadi kanan dan kiri.

Baca juga  Panduan Modifikasi Agya, Ganti pelek Sudah Cukup?

Dengan lay out yang didesain sedemikian rupa, mobil harus bisa berakselerasi dan menampilkan performa terbaiknya agar dapat mencapai waktu tercepatnya dari awal sampai akhir balapan.

Selain itu, untuk menunjang performa terbaiknya, sering kali handle rem tangan dibuat lebih tinggi, agar ketika memerlukan pengereman yang presisi, peslalom tersebut tidak kesulitan dalam menjangkau rem tangannya.

2. Mengganti Ban 15 Inci agar Lebih Grip

Modifikasi mobil pick up slalom
penggunaan double caliper untuk pengeraman yang lebih mumpuni

Mengingat balap slalom terkadang dilakukan di atas aspal dan beton, maka salah satu komponen penting yang harus diperhatikan dalam modifikasi mobil pick up menjadi mobil pick up balap slalom adalah kualitas ban. Penggantian ini menjadi penting, agar grip yang dihasilkan bisa menopang performa kamu dalam melahap soal yang diberikan.

“Ban juga penting. Ini untuk mengontrol grip ban terhadap medan aspal atau beton. Selain itu, tekanan angin yang diisi juga harus diperhatikan, supaya harus pas yakni tidak kekurangan dan tidak kebanyakan saat bermanuver di atas lintasan,” tambah Arce.

Untuk ukuran yang digunakan, biasanya memang mengikuti ukuran standar bawaan mobil. Atau biasanya ban dengan dimensi 15 inci menjadi pilihan yang tepat agar bisa menampilkan performa terbaiknya.

Baca juga  Inspirasi Modifikasi Wuling Confero dan Cortez di IIMS Hybrid 2021

3. Penggunaan Dastek untuk Modifikasi Mobil Pick Up Slalom

Modifikasi mobil pick up slalom
Penggunaan dastek untuk meningkatkan performa

Dalam menunjang performa di atas lintasan balap, modifikasi mobil pick up menjadi mobil balap slalom juga harus menggunakan komponen dastek. Adapun penggunaan komponen ini adalah untuk mengatur berapa banyak bensin yang dikeluarkan serta pengaturan beberapa hal lainnya.

“Penggunaan dastek itu perlu. Karena ini kan dapat meningkatkan tenaga yang dihasilkan dari mesin. Jadi nanti tinggal disetting lagi, sesuai dengan selera peslalomnya itu. Kalau saya sih menyarankan penggunaan ini, karena saya pakai Dastek Unichip, pilihannya banyak ada lima preset,” tambah Arce.

Bicara mengenai modifikasi mobil pick up yang sering jadi mobil slalom pun tidak begitu banyak, jika bisa menyebut brand, yang sering dipilih adalah Suzuki Carry Pick Up dan Mitsubishi Colt T120S. Namun ada juga Daihatsu Hi-Max.

Itulah tadi cara modifikasi mobil pick up slalom, apakah kamu tertarik mencobanya? Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru