by

10 Cara Reset Alarm Mobil, Pemilik Wajib Tahu!

Bagi kalian pemilik kendaraan, sebaiknya perlu mengetahui cara reset alarm mobil. Karena bukan tidak mungkin sewaktu-waktu alarm mobil kalian mengalami masalah.

Terlebih mobil-mobil keluaran terbaru saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan alarm. Sebagai peranti standar keamanannya.

Biasanya setiap alarm baik mobil maupun motor disertai dengan remote control yang bertugas sebagai pengendalinya. Jika remote alarm mobil mengalami kendala, salah satu upaya untuk mengatasinya kalian perlu untuk melakukan reset, Sob!

Masalah yang paling sering timbul ketika alarm mobil bermasalah adalah bunyi alarm yang terus-menerus menyala sendiri tanpa ada sebab. Tentunya hal ini menimbulkan kebisingan, dan mengganggu kamu dan orang lain.

Untuk dapat mengatasi masalah ini, kalian perlu untuk mengetahui cara reset alarm mobil dengan tepat. Supaya alarm dapat bekerja normal kembali.

Sejatinya cara reset alarm mobil bukanlah perkara sulit. Asalkan kalian mengetahui secara rinci langkah-langkah yang tepat. Ingin tahu proses reset alarm mobil? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Cara Reset Alarm Mobil Dengan Cermat

cara reset alarm mobil
Mengenal cara reset alarm mobil dengan tepat

Memahami cara reset alarm mobil perlu untuk kalian lakukan. Prosesnya pun cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Setidaknya ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan, ketika alarm mobil mengalami masalah.

  1. Langkah pertama yang perlu kalian perhatikan adalah memastikan baterai remot mobil dalam kondisi normal. Jika baterai remot lemah, sebaiknya segera lakukan penggantian.
  2. Bila mobil masih dalam keadaan terkunci, kamu bisa membuka pintu mobil secara manual untuk menghilangkan suara alarm yang terus menyala, dan pastikan kamu telah menutupnya dengan benar.
  3. Membuka pintu depan bagian kanan dan biarkan tetap membuka sementara pintu lain tertutup rapat.
  4. Lakukan pengecekan sistem alarm apakah masih berbunyi dan indikator alarm menyala. Umumnya sistem alarm akan berbunyi dan indikatornya menyala. Jika masih ada pintu yang belum tertutup rapat.
  5. Masukkan kunci mobil atau kunci kontak ke dalam lubang kunci untuk menyalakan mesin.
  6. Selanjutnya kamu bisa memutar anak kunci mobil ke posisi ‘On’, kemudian tekan dan tahan tombol lock pada remote mobil selama kurang lebih lima hingga sepuluh detik.
  7. Jika sudah, kamu bisa putar kunci mobil ke posisi ‘Off’, lalu putar kembali kunci mobil anda ke posisi ‘On’.
  8. Proses selanjutnya kamu bisa tekan dan tahan tombol lock selama kurang lebih lima hingga sepuluh detik, sama seperti sebelumnya. Lakukan metode ini berulang–ulang hingga lampu indikator mati.
  9. Bila lampu indikator benar-benar mati, kamu bisa cabut kunci mobil dan tes kembali remote alarm mobil kalian.
  10. Jangan lupa untuk tutup seluruh pintu dan kunci mobil dengan menggunakan tombol lock pada remote untuk memastikan apakah remote sudah berfungsi. Setelah itu, lakukan tes untuk menguji apakah tombol unlock pada remote mobil berfungsi dengan baik.
Baca juga  Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan dan Simulasinya

Cara reset alarm mobil ini berlaku untuk universal, atau mobil-mobil pada umumnya. Tak hanya perlu tahu cara reset alarm mobil yang bermasalah.

Kamu juga tentunya perlu mengetahui penyebab remote alarm yang mengalami masalah. Tentu tujuannya untuk dapat mengatasi masalah ini ketika terjadi lagi.

Setidaknya ada sejumlah potensi yang menyebabkan alarm mobil rusak ataupun terus berbunyi. Ingin tahu apa saja? Ini dia penyebab alarm mobil mengalami masalah.

Sering Menyimpan Remote Alarm di Saku Celana Berpotensi Cepat Rusak

Cara reset alarm mobil
Sering menyimpan kunci mobil di dalam saku dapat berdampak negatif

Siapa sangka sering menyimpan remote alarm di saku celana dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem alarm mobil kalian. Mengapa? Karena remote sangat rentan terkena tekanan.

Jadi jika sering mengalami tekanan, biasanya tombol pada remote akan lebih cepat rusak. Oleh karena itu, simpanlah remote di tempat yang aman. Kamu pun di rasa perlu mengetahui cara reset alarm mobil ketika masalah ini terjadi.

Korsleting Bisa Terjadi Pada Remote Alarm Kalian

Korsleting alarm mobil
Ketika korsleting terjadi, kalian perlu tahu cara reset alarm mobil

Masalah yang biasa terjadi pada sistem keamanan alarm mobil kalian adalah terjadi korsleting di alarm mobil. Ini merupakan kecerobohan yang tentunya wajib untuk dihindari.

Baca juga  5 Manfaat Oli Bekas Untuk Digunakan Sehari-Hari

Layaknya perangkat elektronik pada umumnya, tentunya remote rentan untuk mengalami korsleting. Apalagi jika terkena air, yang mungkin kalian tidak sadari.

Untuk itu, ketika meletakkan remote, kalian juga perlu memperhatikan secara seksama. Kamu perlu selalu mengingat cara reset alarm mobil, agar ketika terjadi masalah kamu bisa segera menanganinya.

Remote yang Sering Terjatuh Lebih Rentan Error

cara reset alarm mobil
Saat alarm mobil terus menyala, kalian perlu reset agar bunyi alarm berhenti

Tanpa sengaja mungkin remote mobil kalian sering terjatuh. Akibatnya kemungkinan membuat remote akan lebih mudah rusak.

Pasalnya ketika terjatuh, bisa saja komponen controller di dalam remote dapat terlepas ataupun patah. Komponen-komponen remote alarm sangatlah kecil, jadi ketika terjatuh sangat rentan mengalami kerusakan.

Ketika hal ini terjadi, kalian bisa langsung mengaplikasikan langkah cara reset alarm mobil.

Sensor Alarm dengan Kepekaan Tinggi

Reset alarm mobil
Kepekaan alarm bisa diatur, agar tidak terlalu sensitif

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, biasanya memiliki sensor yang punya kepekaan yang sangat tinggi terhadap sesuatu hal yang dapat mengancam keberadaan mobil. Contohnya seperti ketika terjadi hujan deras disertai petir ataupun hewan yang tidak sengaja menyenggol ban mobil, alarm akan berbunyi.

Baca juga  Ketahui Bahaya Merokok Sambil Berkendara

Hal ini sejatinya bagus, khususnya untuk mengatasi human error yang bisa saja terjadi. Ambil contoh saat kalian mungkin lalai menutup pintu secara rapat, ketika ada orang lain masuk ke mobil, maka alarm bakal berbunyi karena getaran halus yang dibuat oleh orang tersebut. Efeknya tentu bisa menyelamatkan kamu dari kehilangan kendaraan.

Pun begitu, masalah alarm yang sensitif dan terus berbunyi ini harus kalian cek dari indikatornya. Apakah ada kesalahan yang dibuat ketika pemasangan sehingga alarm menyala? Atau memang kesalahan terjadi akibat faktor lain seperti lingkungan atau remote yang mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, penting rasanya untuk kalian selalu merawat mobil secara menyeluruh. Semoga informasi mengenai cara reset alarm mobil dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru