Begini Cara Setting Gir Motor Supaya Tarikan Maksimal

Moladin – Bikers mana sih, yang tidak ingin memiliki motor tangguh di berbagai medan? Bagi bikers yang mempunyai motor racing, top speed maupun akselerasi bukan masalah. Namun, bisakah motor bermesin standar menembus kecepatan di atas rata-rata dengan tarikan maksimal?

Tentu saja bisa; ada banyak cara yang dapat memacu laju dan akselerasi motor. Salah satunya dengan melakukan setting gir motor supaya tarikan maksimal. Ingin tahu info lengkapnya? Simak ulasan berikut ini.

 

Fungsi Gir Motor

cara-setting-gir-motor-supaya-tarikan-maksimalGir Motor punya fungsi sebagai penggerak motor

Sebelum membahas cara setting gir, Anda harus mengetahui fungsinya. Komponen penting pada motor ini menjadi salah satu sistem penggerak yang memengaruhi kecepatan laju kendaraan. Selain itu, gir memiliki kegunaan sebagai berikut.

1. Mendistribusikan Putaran Mesin ke Roda Motor

Gir mentrasnfer putaran mesin ke roda belakang supaya bisa berjalan. Prinsipnya, mesin diputar dengan mengatur posisi gigi transmisi. Tahap selanjutnya, mesin memutar engine spocket. Dari bagian inilah tenaga ditransfer untuk memutar roda menggunakan sambungan rantai.

2. Mengatur Napas dan Tenaga Motor ketika Perpindahan Gigi

Mata gir bagian depan dan belakang pada sepeda motor memiliki ukuran berbeda. Komponen ini dikombinasikan dengan bak gir depan (engine spocket) dan belakang (rear spocket). Tujuannya supaya napas dan tenaga motor lebih terkontrol manakala pengendara memindahkan gigi kendaraan.

3. Menyeimbangkan Roda Belakang

Ban belakang pada motor Anda pernah terasa bergoyang sendiri? Salah satu sumber masalahnya ada di gir bagian belakang. Pasalnya, komponen tersebut berfungsi menyeimbangkan gerak roda belakang. Jika roda tidak seimbang, bisa berpengaruh pada akselerasi motor.

 

Cara Setting Gir Motor

cara-setting-gir-motor-supaya-tarikan-maksimalSetting gir bisa angkat performa motor

Sebagian motor sudah didesain tangguh di segala medan. Namun, kenyataannya, banyak bikers yang masih mempermasalahkan top speed motor tersebut. Sebagai contoh, bikers tinggal di kawasan pantai utara Pulau Jawa, tentu motor dengan kecepatan tinggi lebih dibutuhkan.

Lain halnya dengan bikers yang berada di kawasan pegunungan; motor dengan tarikan maksimal diperlukan untuk melewati tanjakan curam. Berikut ini cara mengatur tarikan motor.

1. Atur Rasio Gir Reduksi

Tips pertama; Anda harus mengatur rasio gir reduksi antara bagian belakang dan gir depan. Hasil pembagian antarrasio harus lebih besar supaya akselerasi semakin ringan.

Semisal, motor Vega R memiliki rasio gir 15/35, yakni 15 untuk gir depan dan 35 di gir belakang. Jika angka 35 dibagi 15, maka menghasilkan 2,33. Nah, supaya speed bertambah, Anda harus mengganti gir bagian depan dengan ukuran 16. Jadi, hasil pembagiannya diperoleh 2,19.

Sementara itu, untuk menambah akselerasi, gantilah gir belakang dengan ukuran di atas 35. Contohnya, ukuran 36; berarti hasilnya 2,40 setelah dibagi 15.

Sebagai referensi untuk Anda, berikut beberapa contoh rasio gir depan dan belakang dari berbagai merek motor.

Merek

Gir Depan

Gir Belakang

Hasil Pembagian

Jupiter Z

15

36

2,4

RX-King

15

37

2,466

Jupiter MX 135

15

39

2,6

New Jupiter MX 135

14

38

2,714

New Vega ZR

15

41

2,733

F1-ZR

14

39

2,785

2. Rawat Gir Motor Anda

Memaksimalkan tarikan motor tidak cukup dengan mengatur rasio. Anda juga harus merawat gir agar awet. Berikut tips-tips merawat gir motor yang praktis dan mudah.

  • Hindari menggunakan oli bekas, gemuk, atau oli gardan saat membersihkan gir motor matic.
  • Rantai dan gir harus dibersihkan minimal satu bulan sekali. Tujuannya supaya kotoran dan debu yang menempel bisa hilang.
  • Gir dan rantai harus diatur dalam posisi centre sehingga berkendara lebih seimbang dan nyaman.
  • Saat gir motor Anda mengalami aus, segera ganti. Meskipun yang aus hanya bagian belakang, sebaiknya ganti keduanya.
  • Ketika memilih gir set, jangan terpaku pada model atau merek saja. Perhatikan juga kualitasnya, seperti kekuatan gir dan keawetannya.
  • Jika motor Anda terkontaminasi air hujan atau banjir, segera semprot dengan air PAM. Tujuannya untuk mencegah munculnya karat di kendaraan Anda.
  • Kalau memungkinkan, perawatan gir dilakukan setiap menempuh jarak perjalanan 1.000 km. Cara merawatnya dengan membersihkan menggunakan cairan pembersih lantai atau chain cleaner.

Supaya cairan tersebut membersihkan secara menyeluruh, sikat menggunakan kuas bertekstur lembut. Setelah itu, keringkan gir di bawah sinar matahari. Terakhir, semprot gir memakai chain lube sampai merata di seluruh bagian komponen ini.

  • Belilah gir yang original supaya tidak cepat putus atau rusak.
  • Tips terakhir; pakai pelindung rantai untuk mencegah debu dan pasir masuk melalui celah-celah kecil. 

Nah itu tadi tips setting gir motor supaya tarikan dan top speed lebih maksimal. Secara keseluruhan, awet atau tidaknya kendaraan tergantung cara Anda merawatnya dan jenis komponen yang digunakan. Jadi, jangan ragu untuk memberikan perlakuan terbaik pada kendaraan Anda.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *