Cek Harga, Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Elf 2024, Si Gesit Irit

by Tigor Sihombing
Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Elf

Kali ini Moladin akan membahas Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Elf. Isuzu Elf telah menjadi salah satu kendaraan yang sangat dikenal di Indonesia. Salah satu alasan utama mengapa Isuzu Elf menjadi pilihan utama para pengusaha angkutan adalah karena reputasinya sebagai kendaraan yang hemat bahan bakar, sehingga mampu mengurangi biaya operasional mereka.

Isuzu Elf, juga dikenal sebagai Isuzu N-Series, hadir dalam dua jenis utama: light truck dan microbus, yang keduanya diproduksi untuk kepentingan komersial. Kendaraan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 dengan mesin berkapasitas 2800cc Diesel Direct Injection.

Pada tahun 2006, dengan berkembangnya bisnis travel di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Bandung, popularitas Isuzu Elf semakin meningkat. Hal ini terjadi setelah tol Cipularang diresmikan oleh Presiden kelima RI, Megawati Soekarno Putri pada tahun 2004.

Isuzu Elf memiliki performa yang tangguh dan handal dalam berbagai kondisi. Dilengkapi dengan mesin 4JB1-TC berkapasitas 2.771cc, kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 PS. Dengan tenaga seperti itu, Isuzu Elf menjadi responsif dan efisien dalam percepatan, ditambah dengan torsi yang cukup besar.

Ukuran kabin yang besar dan ruang dalam yang luas membuat Isuzu Elf mampu menampung sekitar 16 orang penumpang. Selain itu, ruang bagasi yang luas juga memudahkan pengguna untuk membawa barang bawaan dengan nyaman.

Dengan komposisi tempat duduk hingga 16 kursi dan desain yang elegan, Isuzu Elf sangat cocok untuk berbagai kebutuhan, mulai dari usaha antar-jemput anak sekolah hingga layanan travel dan tur. Menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaga, Isuzu Elf menggunakan mesin 4JB1-TC dengan kapasitas 2.771cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 100 PS pada putaran mesin 3.400 rpm.

Untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, Isuzu telah menyematkan beberapa jenis suspensi yang tangguh. Hal ini bertujuan untuk memberikan tingkat kenyamanan berkendara yang baik, terutama dalam perjalanan jarak jauh.

Struktur sasis yang kuat dan kokoh juga menjadi keunggulan Isuzu Elf, dengan karakter chasis yang terpisah dari body mobil, memungkinkan untuk penggantian body mobil dengan yang lebih modern dan segar.

Baca juga  Ini Daftar Bengkel Siaga Isuzu yang Buka saat Libur Lebaran

Isuzu Elf (N Series)

1. Isuzu Elf NLR 4 Roda

Isuzu Elf NLR merupakan varian yang menawarkan efisiensi maksimal dengan kinerja optimal. Menggunakan teknologi mesin Common Rail 4JJ1-TC yang dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC), Elf NLR menghasilkan emisi gas buang berstandar Euro4.

Dengan Engine Control Unit (ECU) pada mesin common rail, Elf NLR mampu mengoptimalkan tenaga dan torsi (120 PS/2.600 rpm dan 36 kg.m/1.500 rpm) sambil meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Dengan panjang wheelbase 3,360 mm, varian Elf NLR L dan NLR L dapat menampung kapasitas dan daya angkut yang luas, cocok untuk aplikasi box alumunium & bak besi, yang pada gilirannya meningkatkan keuntungan bisnis.

Fitur Utama:

  • Kaca depan yang lebih tegak dan besar untuk jarak pandang yang lebih luas
  • Sensor Cabin Lock Warning Buzzer untuk keselamatan pengemudi
  • Fan blower untuk sirkulasi udara dalam kabin
  • Slot USB charger untuk kenyamanan pengemudi
  • APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk keamanan
  • Kamera mundur untuk membantu parkir dan manuver

2. Isuzu Elf NLR Microbus

Isuzu Elf Microbus merupakan varian yang dirancang khusus untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas besar. Dengan panjang total hingga 6,1 meter, Elf NLR 55B Lx dan NLR 71B L dapat menampung hingga 20 orang penumpanng.
Fitur Utama:

  • Mesin handal dan irit dengan tenaga 100 PS hingga 125 PS
  • Daya tahan tinggi pada komponen seperti axle, clutch, dan frame
  • Desain yang memperhatikan visibilitas pengemudi dan fitur keselamatan seperti exhaust brake
  • Power steering untuk kenyamanan mengemudi
  • Tersedia dalam empat varian untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna

3. Isuzu Elf NMR 6 Roda

Isuzu Elf NMR merupakan varian yang mampu menawarkan keuntungan maksimal dengan kecepatan, tenaga, dan efisiensi bahan bakar yang baik. Menggunakan mesin common rail 4HL1-TCS, Elf NMR hadir dengan 6 percepatan dan berat bruto hingga 8,250 ton. Varian Heavy Duty memiliki perbandingan gigi yang lebih besar, membuatnya handal di kondisi medan yang menantang.
Fitur Utama:

  • Kapasitas gardan dan daya angkut yang besar
  • Rumah gardan yang tangguh untuk keamanan komponen
  • Celah antara per daun dan ban belakang yang besar untuk mencegah gangguan benda-benda di tanah
  • Kapasitas gardan dan daya angkut yang besar
  • Rumah gardan yang tangguh untuk keamanan komponen
  • Celah antara per daun dan ban belakang yang besar untuk mencegah gangguan benda-benda di tanah
Baca juga  Isuzu Siap Masuk Era Euro IV, Ini Janjinya Ke Konsumen

4. Isuzu Elf NPS
Isuzu Elf NPS merupakan kendaraan komersial yang dirancang khusus untuk mengangkut penumpang di medan jalan yang berat seperti perkebunan sawit, lokasi pertambangan, dan transportasi militer.

Isuzu Elf NPS menggunakan mesin 4HL1-TCS dengan teknologi Common Rail, menghasilkan pembakaran bahan bakar yang lebih sempurna untuk efisiensi yang lebih baik. Dengan mesin ini, Isuzu NPS mampu mencapai tenaga maksimum hingga 150 PS dan torsi maksimum hingga 41 Kgm.
Fitur Utama:

  1. Common Rail Engine (Mesin Common Rail): Teknologi common rail memberikan pembakaran bahan bakar yang lebih efisien, menjadikan Isuzu NPS lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.
  2. Four Wheel Drive (Penggerak 4 x 4): Penggerak 4 x 4 membuat Isuzu NPS lebih handal di kondisi jalan off-road seperti lokasi pertambangan dan perkebunan sawit.
  3. Fitur Off-Road Khusus: Isuzu NPS dilengkapi dengan dua fitur khusus untuk off-road, yaitu 2H (untuk off-road ringan) dan 4L (untuk off-road ekstrem seperti jalan berlumpur).

Berikut kelebihan kekurangan Isuzu Elf

62eb4a41b31a6d5b3e87c45b Webp.net resizeimage 12 2
  1. Desain Ruang Kabin yang Terbaru: Isuzu Elf menawarkan desain ruang kabin yang terbaru dengan konsep hexapod, memberikan kesan luas dan lega. Tambahan fitur seperti desain handle pintu yang modern serta pijakan kaki yang nyaman meningkatkan kenyamanan pengguna.
  2. Mesin Berkualitas: Dilengkapi dengan mesin 4JJ1-TCC Common Rail berstandar Euro4, Isuzu Elf menawarkan performa yang mumpuni dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Transmisi 6 percepatan baru memberikan tenaga yang lebih besar dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien.
  3. Axle dan Chassis yang Kokoh: Penggunaan axle dan housing baru yang lebih tebal memberikan kekuatan ekstra pada Isuzu Elf, menjadikannya lebih kokoh dan mampu mengangkut penumpang dengan ekonomis.
  4. Keamanan Optimal: Isuzu Elf dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan), kamera mundur, dan sensor Cabin Lock Warning Buzzer, meningkatkan tingkat keamanan pengguna.
    Kekurangan Isuzu Elf:
Baca juga  2 Pabrikan Sibuk Penuhi Permintaan Mobil Ambulans

Kekurangan Isuzu ELF

Meskipun menawarkan ruang kabin yang luas, Isuzu Elf pada dasarnya memiliki kursi yang terbilang keras, yang mempengaruhi kenyamanan berkendara atau menjadi penumpang di dalamnya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menyiapkan dana tambahan untuk memodifikasi dengan menggunakan jok yang lebih berkualitas.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Isuzu Elf tetap menjadi pilihan utama bagi mereka yang mengutamakan performa dan kehandalan dalam kendaraan komersial.

Harga Isuzu ELF 2024

Berikut harga Isuzu ELF yang berhasil kami rangkum dari diler Astra Isuzu. Salma, salah satu sales Isuzu wilayah bekasi, menyebut minat terhadap ELF semakin banyak. “Terutama untuk mobil-mobil yang bergerak di sektor wisata dan ekspedisi,” kata Salma pemilik no hape 081315033983.

Selain itu, salma juga mengatakan untuk unit microbus, unit yang tersedia rady stock adalah karoseri rancangan Sanggar dan New Armada. Untuk lebih lengkapnya berikut daftar harga terbaru Isuzu ELF 2024 on the road Jakarta.

ELF N Series 4 ban 125 PS Chasis Only

Isuzu NLR E4 125 PS (4 Ban) Short Rp 394.000.000
Isuzu NLR L E4 125 PS (4 Ban) Long Rp 410.00.000

ELF Microbus 4 Ban 125 PS Cabin Open

Isuzu NLR B E4 Rp 400.00.000
Isuzu NLR L B E4 Rp 413.00.000
Isuzu NQR B E4 Rp 480.00.000

ELF N Series 6 Ban 150 PS Cabin Chasis

Isuzu NMR E4 Short Rp 465.000.000
Isuzu NMR L E4 Long Rp 476.000.000
Isuzu NMR HD 5.8 E4 Rp 476.000.000
Isuzu NMR HD 6.5 E4 Rp 486.000.000
Isuzu NPS (off the Road) Rp 879.000.000

ELF N Series 4 Ban Microbus Ready Stock

Isuzu NLR B Microbus AC Rp 564.000.000
Isuzu NLR B Microbus AC Rp 611.000.000

Demikian ulasan Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Elf. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika