Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Cara Cek Pajak Kendaraan Malang Online Terbaru & Lengkap

by Baghendra Lodra

Membayar pajak kendaraan bermotor adalah kewajiban bagi para pemilik motor dan mobil. Bagi warga Malang, kamu bisa mengetahui biaya yang perlu dibayar, dengan beberapa cara cek pajak kendaraan Malang via online. Jadi tidak perlu lagi datang ke SAMSAT, sehingga bisa menghemat waktu dan menyiapkan nominal yang pas sebelum membayar pajak kendaraan.  

Ada beberapa cara cek pajak kendaraan Malang. Mulai dari melakukannya lewat SMS, Whatsapp Sip SAM, website Dispenda Jawa Timur, hingga e-Samsat. Mau tau bagaimana caranya? Simak penjelasannya hingga akhir karena pada artikel kali ini kami akan membahas mulai bagaimana cara cek PKB Malang sampai cara bayar pajak kendaraan bermotor yang mudah dilakukan secara online. 

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Malang

cek pajak kendraan malang - cara bayar pajak kendaraan bermotor malang

Kini cek pajak kendaraan dan pembayaran pajak kendaraan Malang bisa dilakukan via online, tidak perlu ke Samsat

Ada beberapa cara cek pajak kendaraan Malang yang bisa dilakukan melalui online maupun menggunakan pulsa melalui SMS. Kamu bisa memilih salah satu saja dari cara-cara berikut karena informasi yang dilampirkan akan sama. Yuk baca selengkapnya!

Whatsapp Sip SAM untuk Cek PKB Malang

Terobosan yang dibuat oleh Samsat Malang Kota adalah layanan Whatsapp Center Sip SAM. Kepanjangan Sip SAM adalah Sistem Informasi Pelayanan Kendaraan Bermotor Samsat Malang Kota. Jadi dengan menghubungi nomor Whatsapp 0857-7778-9611, kamu bisa cek pajang kendaraan Malang dengan mudah.

Di samping itu, kamu juga bisa mengetahui info persyaratan dokumen yang dibutuhkan, hingga lokasi pembayaran pajak kendaraan Samsat Jatim. Bahkan, kamu pun dapat bertanya, memberikan saran, maupun keluhan seputar pelayanan SAMSAT di Malang.

Selain lewat Whatsapp Sip SAM, layanan ini juga dapat diakses via Instagram @samsatmalangkota. Mudah bukan?

Cek pajak kendaraan bermotor Malang melalui SMS

  1. Ketik JATIM(spasi)Nomor Polisi

Contoh JATIM N4123AD

  1. Kirim ke 7070
  2. Tunggu beberapa saat hingga mendapat SMS balasan

Cara cek pajak kendaraan melalui SMS ini sangat mudah. Pastikan kamu memiliki pulsa untuk mengirimkan SMS dan sinyal yang kuat. Selain untuk cek pajak kendaraan di Malang, cara ini juga bisa dilakukan untuk mengecek pajak dengan plat nomor dari seluruh daerah di Jawa Timur. 

Baca juga  Bayar Pajak di Aplikasi Signal Samsat, ada Biaya Tambahan?

Kamu hanya perlu menyesuaikan plat nomor yang dituliskan dengan plat milikmu. Selama plat nomor tersebut masih mengandung kode wilayah di lingkup Jawa Timur, kamu masih bisa menggunakan metode tersebut.

Mengapa belum mendapatkan SMS balasan dari SAMSAT?

Jika kamu belum mendapatkan SMS balasan setelah melakukan pembayaran dari SAMSAT selama 1×24 jam, kamu bisa melakukan cara berikut ini. 

  • Ketik JATIM(spasi)Bukti Bayar(spasi)Kode Bayar
    Contoh JATIM Bukti Bayar 1234567891012345
  • Kirim ke 7070 dan tunggu hingga mendapat SMS balasan
  • Jika hal tersebut masih saja belum memberi kejelasan, kamu bisa mengirim pesan ke akun instagram @bapendajatim

Terakhir, kamu bisa menanyakan hal tersebut dan membawa bukti bayar ke SAMSAT terdekat jika sampai 1×24 jam belum mendapatkan bukti pelunasan.

Cek pajak kendaraan bermotor Malang di Website DISPENDA Jawa Timur

Metode selanjutnya yaitu menggunakan fitur yang disediakan website DISPENDA Jawa Timur. Ikuti langkah berikut ini

  1. Kunjungi https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb
  2. Masukkan nomor polisi sesuai dengan format yang terlampir (AA 1234 VVV)
    Contoh N 4123 AD
  3. Ketikkan kode captcha yang tampil di sebelah kiri ke kolom sebelah kanan
  4. Tekan tombol Cari
  5. Informasi hasil pencarian akan muncul berisi identitas kendaraan hingga biaya Penul Tahunan serta tambahan biaya penul 5 tahunan. 

Fitur ini hanya menampilkan informasi saja dengan cepat namun belum tersedia layanan bayar pajak kendaraan bermotor pada fitur tersebut.

Cek pajak kendaraan bermotor Malang lewat e-samsat

Masih dalam website yang sama, cara pajak kendaraaan bermotor Malang satu ini sudah menyediakan fitur bayar pajak online Berikut ini cara cek pajak kendaraan Malang online yang bisa kamu ikut melalui website e-samsat Jawa Timur. 

  1. Kunjungi situs https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/
  2. Pilih SAMSAT Asal kendaraan. Kamu bisa mengetahui darimana SAMSAT asal kendaraanmu dari informasi yang tertulis di STNK atau BPKB.
  3. Masukkan nomor polisi atau plat nomor kendaraan kamu sesuai format yang dicontohkan. Misal N 4123 AD
  4. Ketikkan kode captcha yang tampil di sebelah kiri ke kolom sebelah kanan
  5. Tekan tombol “Cek Data Kendaraan”
  6. Kamu akan diarahkan ke informasi detail rincian biaya dan identitas kendaraan.
Baca juga  Bayar dan Cek Pajak Kendaraan Riau Online Terbaru 2023, Via HP!

Jika kamu ingin membayar PKB, kamu bisa melanjutkan cara tersebut dengan mengikuti  langkah-langkah yang akan dijelaskan di poin selanjutnya. 

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Malang

Bayar pajak kendaraan malang di Indomaret

Bayar pajak kendaraan Malang bisa dilakukan di indomaret terdekat

Setelah mengerti bagaimana cara cek pajak kendaraan bermotor Malang, kamu juga bisa mengetahui cara bayar pajak kendaraan bermotor Malang via e-channel. Sebut saja Tokopedia, Indomaret, hingga online via e-Samsat. Berikut bahasan lengkapnya:

Cara bayar pajak kendaraan bermotor Malang melalui Tokopedia

Salah satu e-commerce yang ada di Indonesia ini kini sudah memiliki fitur yang memudahkan kamu dalam membayar PKB. Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu yang sudah bisa diakses dan mendukung pembayaran melalui Tokopedia. Karena memang belum semua provinsi tersedia untuk cara bayar satu ini, ya. 

Begini cara yang bisa kamu lakukan untuk bayar pajak motor Malang online melalui Tokopedia. 

  1. Kunjungi halaman e-samsat pada aplikasi maupun website Tokopedia
  2. Pilih SAMSAT JATIM di bagian Pilih Wilayah
  3. Masukkan Nomor Polisi
  4. Masukkan Nomor Mesin
  5. Ketikkan Nomor Induk Kependudukan
  6. Tekan Bayar
  7. Lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang kamu pilih
  8. Kamu akan menerima SMS dari Tokopedia. Nomor telepon yang dituju merupakan nomor handphone yang terdaftar di akun Tokopedia kamu. Untuk itu, pastikan bahwa nomor tersebut aktif agar bisa menerima SMS.
  9. Buka SMS untuk mendapatkan e-TNKB yang bisa kamu jadikan sebagai bukti sah pelunasan pajak kendaraan
  10. Lakukan pengesahan di SAMSAT terdekat

Cara bayar pajak kendaraan bermotor Online Malang melalui Website E-Samsat

Langkah ini merupakan lanjutan dari penjelasan cek pajak kendaraan bermotor Malang melalui e-samsat. Setelah mengetahui detail dan rincian biaya pajak yang harus dibayarkan, kini kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pastikan kamu sudah mengecek pajak kendaraan bermotor kamu terlebih dahulu agar tombol pembayaran muncul. 
  2. Sesudah tampil rincian biaya, tekan tombol Selanjutnya berwarna kuning di sebelah kanan
  3. Masukkan nomor mesin kendaraan
  4. Ketikkan nomor induk kependudukan (NIK) yang terdaftar untuk kendaraan tersebut
  5. Pilih bank untuk melakukan pembayaran
  6. Jika kamu ingin mendapatkan kode pembayaran melalui e-mail, masukkan alamat email kamu pada kolom yang tersedia. Kamu bisa melewati bagian tersebut jika tidak menginginkannya.
  7. Tekan kode bayar untuk mendapatkan kode bayar. 
  8. Catat kode bayar tersebut dan segera lakukan pembayaran melalui bank yang telah kamu pilih sebelumnya. 
  9. Simpan bukti pembayaran yang akan kamu dapatkan
  10. Bawa bukti berhasil membayar tersebut ke SAMSAT terdekat untuk memperbarui administrasi yang dimiliki. Jangan lupa sertakan KTP, BPKB, dan STNK kamu ketika mengurus ke SAMSAT.
Baca juga  Cara Cek Pajak Kendaraan Medan Online Terbaru dan Bayarnya

Cara bayar PKB Malang di Indomaret

Selanjutnya cara bayar pajak kendaraan Malang bisa dilakukan di Indomaret. Tahapannya sebagai berikut:

  • Siapkan KTP asli, STNK asli dan nomor HP aktif.
  • Datang ke Indomaret terdekat.
  • Temui petugas di kasir dan sampaikan bahwa Anda akan melakukan pembayaran pajak motor. Selanjutnya, kasir akan meminta informasi berupa nomor polisi, nomor mesin kendaraan, dan nomor HP Anda atau pemilik kendaraan.
  • Jika data sudah lengkap, akan muncul nominal pajak yang harus dibayarkan dan Anda bisa membayar pajak motor serta biaya adminnya melalui kasir.
  • Setelah pembayaran tuntas, Anda akan menerima struk pembayaran dan SMS balasan berupa link bitly yang berisi Electronic Registration and Identification (ERI) dari Polri. Klik link bitly tersebut. Akan muncul gambar tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran elektroni (e-TBPKP) yang dilengkapi dengan barcode (QR Code).
  • Simpan bukti pembayaran tersebut untuk digunakan sebagai pengesahan di STNK kendaraan bermotor pengguna dan dicetak sendiri serta sah di kantor kepolisian (Polsek/Polres).

Itulah informasi yang bisa kami bagi pada artikel kali ini. Cara bayar dan cek pajak kendaraan Malang sudah sangat dipermudah. Kamu tidak perlu menunggu lama di SAMSAT untuk memenuhi kewajiban tersebut. Pastikan untuk membayar tepat waktu agar tidak terkena denda, karena selain kamu harus membayar sanksi dendanya, beberapa cara di atas tidak bisa dilakukan kalau kamu terlambat membayar.

Jika kamu tertarik untuk membaca artikel terkait otomotif lainnya, cek kumpulan informasi terbaru yang ada di Blog Moladin. Tidak hanya sebagai platform jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia, Moladin juga memiliki mobil berkualitas premium dengan garansi lengkap. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika