by

7 Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Saat kalian mulai merasakan ciri-ciri dinamo starter mobil rusak, segeralah membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan. Karena jika tidak segera diperbaiki, kerusakan bisa menyebar ke sejumlah komponen mesin lainnya.

Tentunya hal ini tidak membuat kalian tenang ketika mengemudi. Rasa ‘was-was’ kerap menghantui, ketika kalian mulai merasakan ciri-ciri dinamo starter mobil rusak.

Fatalnya, bila dinamo starter mobil rusak, apalagi saat kalian mengemudi jarak jauh. Berpotensi menyebabkan mobil mogok mendadak. Kondisi ini tentunya dapat menghambat kegiatan kalian.

Pun begitu, sejatinya masalah pada dinamo starter bisa ditangani. Asalkan kalian mengetahui betul, komponen mana yang sudah mulai lemah.

Sebelum itu, biasanya kendaraan juga menunjukkan ciri-ciri dinamo starter mobil rusak. Contohnya starter mobil akan mengeluarkan bunyi ‘cetek-cetek’.

Tak hanya itu saja, masih banyak penyebab dari dinamo starter mengalami kerusakan. Ingin tahu apa saja ciri-ciri dinamo starter rusak? Simak ulasan ini sampai habis:

Mengenal Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

Ciri-ciri dinamo starter mobil rusak
Sejumlah ciri-ciri dinamo starter mobil rusak

Menurut hasil penelusuran Moladin, setidaknya ada sejumlah ciri-ciri dinamo starter mobil rusak. Ketika mengalami kondisi tersebut, kalian perlu waspada, dan segera melakukan pengecekan.

Pasalnya jika tidak segera ditangani, bisa dipastikan suatu saat mobil akan sulit dihidupkan ketika ingin digunakan. Adapun sejumlah ciri-ciri dinamo starter mobil rusak antara lain:

1. Lampu Depan Mobil Mati Mendadak

fitur mitsubishi xpander facelift
Lampu depan mati, jadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak

Gejala awal yang jadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak biasanya kalian akan mendapati suara yang aneh pada kendaraan, yang disertai dengan lampu depan mobil yang mati secara tiba-tiba.

Kemungkinan hal ini bisa disebabkan oleh baterai atau aki yang sudah mulai melemah, bahkan mati. Kemungkinan lain juga bisa disebabkan rangkaian terbuka (open circuit) pada starter mobil kalian.

Baca juga  Cara Hitung Denda Pajak Mobil, Jangan Bingung

Penyebab lainnya bisa dijuga dikarenakan sambungan (terminal) yang mengalami korosi (biasanya sambungan aki) yang menghalau arus listrik untuk mencapai mesin starter atau sistem lainnya.

Ketika hal ini terjadi pada mobil kalian, alangkah baiknya kalian melakukan pengecekan sejumlah komponen yang dijelaskan di atas. Jika terjadi kerusakan segeralah lakukan perbaikan.

2. Saat Mobil Starter, Lampu Mati

Lampu mati saat di starter
Lampu mati saat di starter, jadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak

Dampak lainnya yang jadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak, kalian akan mendapati lampu mobil menyala dengan baik. Namun akan mati tiba-tiba ketika mesin mobil dinyalakan.

Ada sejumlah penyebab yang mungkin mengakibatkan hal tersebut terjadi. Contohnya aki mobil yang mungkin belum terisi dayanya. Jika daya baterai sudah diisi, kemungkinan ada arus pendek yang menyebabkan starter menarik banyak daya.

Potensi masalah ini juga tidak semata-mata disebabkan oleh dinamo starter yang rusak. Bisa juga disebabkan ada komponen mesin yang mulai lemah.

3. Mesin Mengeluarkan Suara Dengung Ketika Digunakan

suara mesin mobil mendengung
Mesin mengeluarkan dengung ketika dinyalakan, bisa jadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak

Mesin mengeluarkan suara dengung, juga bisa menjadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak. Hal ini bisa disebabkan oleh arus listrik tidak mampu menuju solenoid untuk menggerakkan pinion gear dan flywheel.

Kegagalan itu biasanya disebabkan oleh arus listrik rendah yang dihasilkan oleh baterai yang kehabisan daya atau karena sambungan listrik di sepanjang rangkaian starter yang buruk. Hal ini juga meliputi sambungan baterai (terminal baterai) yang mengalami korosi.

4. Tiba-Tiba Bunyi “Klik” yang Keras

Sistem kerja dinamo starter di mesin mobil
Sistem kerja dinamo starter di mesin mobil

Membahas mengenai ciri-ciri dinamo starter mobil rusak selanjutnya, biasanya akan terdengar bunyi sekali “klik” yang padat. Jika kondisi ini kalian alami, rangkaian listrik pada starter mungkin sudah mendapatkan arus listrik yang cukup.

Baca juga  Sejarah Plat Nomor Indonesia dan Dunia, Menarik!

Tetapi solenoid, mesin starter atau bahkan mesin mobilnya yang bermasalah. Oleh karena itu, kalian mungkin bisa melakukan pengecekan mesin secara menyeluruh.

5. Mengeluarkan Suara ‘Bak’ Sebuah Gilingan

Komponen dinamo starter
Komponen dinamo starter

Ketika kalian menyalakan mesin dan terdengar bunyi gilingan yang kasar, ini juga termasuk ciri-ciri dinamo starter mobil rusak. Kuat dugaan bahwa mounting bolt starter kendaraan kamu kendur atau gerigi pinion wheel, flywheel yang mulai keropos dan rusak.

Jika gerigi-gerigi pada flywheel maupun pinion gear tidak dapat saling bertautan dengan baik, suara yang akan kalian dengar adalah suara benturan logam.

6. Saat Mesin Dinyalakan Tidak Mengeluarkan Suara

Copotan dinamo starter mobil
Copotan dinamo starter mobil

Gejala lainnya yang masuk dalam ciri-ciri dinamo starter mobil rusak ialah saat mesin starter. Biasanya tidak mengeluarkan bunyi apapun.

Hal ini biasanya disebabkan oleh sistem kelistrikan mobil yang mengalami masalah, seperti aki yang lemah atau rusak, komponen-komponen sistem seperti relay atau safety switch yang gagal beroperasi atau bisa jadi kabel listrik yang korosi.

Kelistrikan yang bermasalah meliputi baterai terminal yang menghambat arus listrik mencapai mesin starter.

7. Aki Lemah atau Soak

Kenali kutub + dan - di aki mobil
Aki yang lemah juga jadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak

Masalah lain yang timbul yang menunjukkan ciri-ciri dinamo starter mobil rusak bisa dikarenakan aki atau baterai lemah, bahkan benar-benar mati. Dampaknya menyebabkan starter jadi melambat dan tidak mengangkat sistem pengapian.

Dalam hal ini kalian mungkin akan mendengar suara seperti menggeram “RRR-RRR-RRR”. Jika voltasenya jauh menurun, bunyinya akan menjadi putus-putus “K-K-K” atau “cetek cetek”.

Apabila voltasenya lebih menurun lagi, bisa jadi tidak ada suara lagi yang keluar. Hubungan antara baterai yang mati dan starter mobil yang mengeluarkan bunyi meliputi:

Baca juga  Cara Membuat SIM Internasional Terbaru, Cepat dan Murah!

Bila kalian menyalakan starter mobil dan terdengar suara “klik” yang keras, lalu tenaga mobil mati setelahnya, maka masalah bukan terdapat pada starter mobilnya. Masalah ini bisa terjadi karena sambungan baterai yang kotor, mengalami korosi atau longgar.

Ketika tenaga mobil mati (termasuk radio, lampu mobil dan lainnya) memang lebih baik memeriksa sambungan baterai terlebih dahulu. Namun saat menyalakan starter terdengar suara “klik” yang cepat dan bertubi-tubi. Bisa jadi hal ini bukan disebabkan masalah di starter.

Tetapi masalah baterai yang kehabisan daya atau sambungan baterai yang kendur. Jika kamu memutar kunci starter dan setelahnya starter mengenkol, namun mesin tidak mau menyala.

Maka ini juga bukan merupakan tanda-tanda dari starter yang buruk. Ketika hal ini terjadi, kemungkinan masalah yang terjadi pada mobil kalian adalah busi yang rusak, kesalahan pompa bahan bakar, kurangnya tekanan oli di dalam mesin atau injektor bahan bakar yang kotor.

Itulah tadi sejumlah ciri-ciri dinamo starter mobil rusak yang mungkin bisa jadi pelajaran untuk kalian. Saat hal ini terjadi, sebaiknya segera cari solusinya dari buku panduan mobil kalian.

Namun bila tidak dijelaskan, kamu bisa segera membawa mobil kesayanganmu ke bengkel terdekat dan terpercaya. Kalau dirasa masalah dinamo starter tidak terlalu parah, kalian pun bisa memanfaatkan jasa mekanik ke rumah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian, ketika menghadapi kerusakan pada mesin. Khususnya dinamo starter yang mulai lemah.

Baca juga:

Terbaru