Friday, February 3, 2023
Banner

Citroen e-C3 Meluncur Februari 2023, Semurah Wuling Air EV!

by Firdaus Ali
citroen e-c3

Citroen e-C3 siap meluncur di bulan Februari 2023 untuk pasar India. Mobil listrik ini diklaim akan hadir dengan banyak kelebihan, mulai dari harga Rp 200 jutaan, hingga jarak tempuh yang tembus hingga 320 km. Kalau masuk Indonesia, tentu akan bersaing dengan Wuling Air EV.

Dilansir dari laman carscoops, keluarga Citroen C3 menghadirkan varian baru yang diberi nama Citroen e-C3. Secara tampilan eksteriornya masih sama dengan Ciroen C3 bermesin konvensional. Namun begitu, untuk yang versi elektrik perbedaanya adalah tidak adanya pipa knalpot dan terdapat emblem “e” berwarna biru dibagian samping kanan kirinya.

Untuk bagian kabin interiornya juga masih sama dengan Citroen C3 mesin konvensional. Hanya saja persneling transmisi digantikan dengan model knop khas mobil listrik.

Citroen C3 EV akan tersedia dalam dua varian, yaitu Live dan Feel. Dimana untuk varian paling atasnya disediakan headunit touchscreen berukuran 10,2 inchi yang bisa terhubung dengan fitur mobil. Soal fitur keamanan jangan berharap mobil ini ada ADAS, sebab pabrikan hanya memberikan dual SRS Airbags.

Spesifikasi Citroen e-C3

Citroen e-C3

Tampilan sama dengan Citroen C3 mesin bensin, hanya tidak ada pipa knalpot dan ada emblem “e” warna biru

Mobil listrik Citroen ini mempunyai tampilan eksterior dan interior yang masih mirip dengan mobil Citroen C3 bermesin konvensional. Dimensinya ringkas, sehingga pantas untuk disandingkan dengan Wuling Air EV ketika masuk Tanah Air. Lalu, bagaimana spesifikasinya?

Dari bocoran berbagai media India, Citroen e-C3 dibekali dengan motor elektrik yang letaknya ada di bagian depan. Dikatakan tenaganya sanggup tembus 57 hp atau 43 kW, serta torsi puncak mencapai 143 Nm. Selanjutnya, untuk akselerasinya dari 0-60 km/jam, kemungkinan bisa diraih dengan waktu 6,8 detik. Sedangkan kecepatan tertingginya dibatasi hingga 107 km/jam.

Oh ya, untuk baterainya menggunakan kapasitas 29,2 kWh dengan jarak tempuh maksimal 320 kilometer. Berbicara pengisian baterai, dikutip dari Autocar India, mobil listrik Citroen ini bisa menggunakan daya AC onboard 3,3 kW dan juga bisa menggunakan fast charging.

Nah, untuk durasi pengisian baterainya, dari 10 sampai 80 persen dibutuhkan waktu sekitar 57 menit. Sementara untuk pengisian baterai dari 0 sampai 100 persen dengan menggunakan charger di rumah dibutuhkan waktu 10,5 jam.

Oh ya, mobil listrik ini sudah dipesan untuk pasar India mulai 22 Januari 2023. Kemudian akan mulai didistribusikan ke seluruh diler Citroen di India pada bulan Februari 2023.  Selain itu, Citroen e-C3 ini juga nantinya akan dipasarkan untuk pasar ekspor ke negara-negara lain.

Harga Citroen e-C3

Citroen e-C3

Citroen e-C3 kemungkinan dijual dengan harga Rp 200 jutaan

Soal harga, beberapa media otomotif di India memprediksi berada direntang 9.00 lakh atau sekitar Rp 167 jutaan hingga 13.00 atau sekitar Rp 241 jutaan. Murah bukan? tapi jika masuk ke Indonesia harganya tentu akan lebih mahal karena akan dikenakan pajak dan lain-lain.

Sebagai informasi Citroen C3 dengan mesin bensin saja dijual di Indonesia mulai Rp 225 jutaan. Maka versi listriknya kalau masuk Tanah Air, pasti akan lebih mahal. Prediksi kami Citroen e-C3 atau C3 EV bisa dijual dengan banderol di atas Rp 350 jutaan.

Nah, apakah Indonesia akan kebagian unit? Hingga sekarang belum ada informasi lebih lanjut. Namun, jika benar mobil ini masuk ke pasar Indonesi,a maka Citroen C3 EV ini bisa bersaing dengan Wuling Air EV yang saat ini harga jualnya mulai dari Rp 243 juta hingga Rp 315,5 juta. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika