Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi dan Harga Citroen e-C3, Bisa Pesan di GIIAS 2023!

by Firdaus Ali
harga citroen e-c3 2023 - eksterior depan

Menarik untuk tahu spesifikasi dan harga Citroen e-C3 2024. Pasalnya mobil listrik mungil ini resmi hadir di GIIAS 2023. Kemudian banderolnya cukup terjangkau yaitu Rp 300 jutaan.

Informasi tersebut dibocorkan langsung oleh sales Citroen di GIIAS 2023. Bahkan mereka sudah membuka pemesanan untuk konsumen Tanah Air. Walau demikian soal pengiriman ke rumah konsumen bakal dilakukan pada tahun depan, oleh karenanya disebut sebagai model 2024.

“Citroën Ë-C3 All-Electric merupakan penantang baru di segmen B yang diperuntukkan bagi para pelanggan usia muda dan progresif di Indonesia,” beber rilis resmi Citroen yang kami terima.

Lalu bagaimana dengan spesifikasinya? Citroen C3 EV ini tidak beda jauh dibanding versi bensinnya. Perbedaan utama ada di sumber tenaga baterai dengan jarak tempuh hingga 320 Km. Lalu fitur-fitur modern pun hadir, seperti head unit layar sentuh 10 inch yang bisa terkoneksi smartphone.

Mau tahu lebih detail mengenai spesifikasi mobil listrik Citroen ini, baik dari sisi eksterior, interior, dan performa baterainya? Kemudian berapa harga pastinya untuk pasar Indonesia? Berikut bahasan lengkapnya:

Eksterior Mobil Listrik Citroen e-C3

jok belakang citroen e-c3 2023

Dengan 4-pintu, Citroen e-C3 tentunya lebih mudah untuk penumpang masuk ke jok belakang

Bicara eksterior Citroen e-C3 2024, sesungguhnya tidak banyak berbeda dengan C3 yang pakai mesin bensin konvensional. Namun begitu, untuk yang versi elektrik pada bodi belakangnya tidak punya pipa knalpot dan terdapat emblem e berwarna biru. Logo e tersebut juga berada di pintu kanan serta kiri. Lalu colokan untuk isi baterai, terdapat di bodi kanan mobil, tepatnya di atas roda.

Baca juga  Modifikasi Wuling Air EV Ala BTX Concept, dengan Velg 14 Inci

Soal dimensi panjang, mobil listrik Citroen C3 EV ini mencapai 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.604 mm. Sementara jarak sumbu roda tembus 2.540 mm. Kemudian untuk kaki-kaki, pakai ban ukuran 195/65 R15.

Bila dibanding Wuling Air EV, tentu bodi e-C3 lebih bongsor. Tidak percaya? Mobil listrik Wuling cuma memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm. Kemudian jarak sumbu rodanya 2.010 mm. Dengan demikian, mobil listrik Citroen ini akan lebih terasa seperti mobil sungguhan, interiornya juga lebih lega.

Interior Lega untuk 4-Orang

jok belakang citroen e-c3 2023

Jok belakang Citroen e-C3

Dengan eksterior bongsor, maka interior Citroen e-C3 2024 juga lebih lega dibanding Wuling Air EV. Kurang lebih kabinnya seperti city car konvensional. Apalagi mobil listrik ini punya empat pintu, jadi kalau penumpang mau duduk di jok belakang, tidak sulit. Berbeda dengan Air EV yang cuma memiliki dua pintu.

Khusus untuk penumpang belakang, Citroen mengklaim e-C3 memiliki ruang bahu mencapai 1.378 mm dan ruang kepala 991 mm. Lalu untuk kapasitas di dalam kabin, bisa 5-orang. Hanya saja di belakang, cuma tersedia dua headrest, jadi paling pas untuk 4-orang. Hal menarik lain, masih ada ruang bagasi 315 liter yang bisa dipakai meletakkan barang di bagian belakang.

Baca juga  5 Mobil Listrik di IIMS 2022, Innova EV Hinga Chery EQ1

Lalu bicara interior, tema warna dominan di C3 versi listrik ini menggunakan hitam untuk joknya. Sementara di langit-langit pakai abu-abu.

Performa Citroen e-C3, Jarak Tempuh 320 Km

citroen e-c3 - baterai

Baterai Citroen e-C3 adanya di bagian bawah mobil

Bila melihat spesifikasinya, maka Citroen e-C3 2024 dibekali dengan motor elektrik yang letaknya ada di bagian depan. Dikatakan tenaganya sanggup tembus 57 hp atau 43 kW, serta torsi puncak mencapai 143 Nm. Selanjutnya, untuk akselerasinya dari 0-60 km/jam, kemungkinan bisa diraih dengan waktu 6,8 detik. Kecepatan tertingginya dibatasi hingga 107 km/jam.

Oh ya, untuk baterainya menggunakan kapasitas 29,2 kWh dengan jarak tempuh maksimal 320 kilometer dalam kondisi penuh. Berbicara pengisian baterai, mobil listrik Citroen ini bisa menggunakan daya AC onboard 3,3 kW dan juga bisa menggunakan DC fast charging.

Nah, untuk durasi pengisian baterai C3 EV, dari 10 sampai 80 persen dibutuhkan waktu sekitar 57 menit untuk fast charging. Sementara pengisian baterai dari 0 sampai 100 persen dengan menggunakan charger AC di rumah, dibutuhkan waktu 10,5 jam.

Tentu saja semua itu jadi kelebihan Citroen e-C3 dibanding Wuling Air EV. Pasalnya mobil listrik Wuling jarak tempuhnya cuma 300 Km, lalu baterainya tidak bisa dicas dengan fast charing.

Baca juga  Ini Alasan Pemilihan Ancol Sebagai Sirkuit Formula E 2022

Harga Citroen e-C3 2024

interior citroen e-c3 2023

Dashboard Citroen e-C3

Soal harga, Citroen e-C3 2024 yang tampil di GIIAS 2023 dijual Rp 395 juta (OTR Jakarta). Itulah informasi yang kami dapat dari para sales. Jika melihat banderolnya, sangat masuk akal. Apalagi mobil listrik Citoren merupakan hasil impor utuh atau CBU India.

“Kehadirannya akan semakin memperkaya pilihan mobilitas kepada masyarakat di Indonesia dan kami yakin pelanggan kami akan menyambutnya dengan hangat,” kata Chief Executive Officer, Citroēn Indonesia, Tan Kim Piauw.

Harusnya bila mau harganya semakin kompetitif, Citroen bisa merakit lokal C3 versi listrik di Indonesia. Ditambah lagi kalau memang komponen lokalnya lebih dari 40 persen, tentu dapat insentif dari pemerintah. Sayangnya hal tersebut belum dilakukan oleh Citroen untuk e-C3 saat ini. 

Dengan harga Rp 395 juta, tentu akan sulit C3 dengan sumber tenaga baterai bersaing dengan kompetitor. Apalagi Wuling Air EV punya varian lite yang dijual cuma Rp 188,9 juta (OTR Jakarta).

Bila ada konsumen Indonesia yang tertarik membeli Citroen e-C3, maka unit paling cepat akan dikirimkan pada April 2024. Jadi harap bersabar ya!

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika