by

7 Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2, Beli yang Mana?

Saat ini kita akan membahas Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2. Kira-kira di antara kedua model ini mana yang paling terbaik untuk kamu?

Untuk kamu yang ingin memiliki mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang paling irit bahan bakar minyak (BBM) tentu saja pilihannya jatuh pada Daihatsu Ayla 1.0L. Namun jika kamu ingin mobil yang sedikit lebih bertenaga pilihan bisa jatuh pada Daihatsu Ayla 1.2L.

Selain itu, ada beberapa perbedaan lagi antara Daihatsu Ayla 1.0 dan 1.2. Maka dari itu sebelum kamu memboyong Daihatsu Ayla, ada baiknya mengetahui kedua jenis type mobil ini. Berikut ulasan lengkapnya. 

1. Performa Mesin Daihatsu Ayla 1.0 Vs 1.2

Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2
Daihatsu Ayla 1.2L telah mengusung mesin empat silinder berkode 3NR-VE berkapasitas 1.200 cc yang punya teknologi dual VVT-i.

Pada Daihatsu Ayla 1.0L mengusung mesin 3 silinder berkode 1KR-DE DOHC. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 65 ps dengan torsi 86 Nm. Di atas kertas performanya memang biasa saja.

Bahkan performa Ayla 1.0L ini lebih lemah dibanding saudara kembarnya yaitu Agya 1.0L. Pasalnya mobil LCGC Daihatsu belum dilengkapi teknologi VVT-i untuk varian 1.000 cc. Sementara Agya sudah.

Lalu yang menarik, mesin 1.0L Daihatsu Ayla sudah disokong konfigurasi transmisi manual dan otomatis sejak tahun pertama kemunculannya di 2013. Beda dengan Toyota Agya, yang mesin 1.0L miliknya cuma punya opsi transmisi manual.

Sedangkan Daihatsu Ayla 1.2L telah mengusung mesin empat silinder berkode 3NR-VE berkapasitas 1.200 cc.  Berteknologi dual VVT-i. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 88 ps dengan torsi 108 Nm.

2. Eksterior Daihatsu Ayla 1.2 Lebih Sporty

Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2
Untuk varian 1.2L di bagian belakangnya, juga sudah dilengkapi dengan rearlamp LED. 

Di sektor eksterior, ada beberapa perbedaa antara Daihatsu Ayla 1.0L dengan 1.2L. Misalnya penggunaan lampu utama yang masih mengusung reflektor biasa pada Daihatsu Ayla 1.0L. 

Baca juga  Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, Mana Pilihanmu?

Sedangkan Daihatsu Ayla 1.2 sudah mengusung lampu projector dan di bawahnya terdapat LED. Kemudian Daihatsu juga menyematkan Daytime Running Light (DRL) yang ditempatkan di bemper depan bagian bawah.

Di bagian belakang Ayla 1.0L pun masih menggunakan desain lampu yang mirip dengan generasi pertama. Hanya saja di bagian pintu bagasi tepat di samping lampu belakang terdapat garnish yang sekaligus berfungsi sebagai lampu mundur.

Untuk varian 1.2L  beralih ke bagian belakangnya, juga sudah dilengkapi dengan rearlamp LED. Bemper yang digunakan pada Ayla 1.2L pun sudah menggunakan desain terbaru.

Kemudian beberapa varian Ayla 1.0L masih mengandalkan pelek kaleng. Sementara Ayla 1.2L sudah seluruhnya pakai pelek jenis palang.

3. Interior Daihatsu Ayla 1.2 Lebih Mewah

Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2
Daihatsu Ayla varian 1.2 L sudah dilengkapi dengan head unit double din touch screen untuk varian tertinggi.

Di sektor interior, antara Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2 memiliki beberapa perbedaan terutama di sistem entertainment. Misal untuk varian 1.2 L sudah dilengkapi dengan head unit double din touch screen di type tertinggi. Kemudian sudah bisa terhubung dengan smartphone kamu  melalui bluetooth.

Pembeda lainnya adalah dibagian setir. Untuk varian 1.2L sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan audio di lingkar kemudi. Ada pula AC digital di varian ini.

Bandingkan dengan Ayla 1.0L selaku mobil LCGC yang AC masih pakai model putar. Lalu tidak memiliki head unit layar sentuh sama sekali, meski di type tertinggi.

4. Segmentasi Pasar Berbeda

Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2
Ayla 1.2 Liter

Saat meluncur pertama kali pada 2013, Daihatsu cuma memasarkan Ayla dalam type 1.0 Liter. Hanya saja seiring berjalannya waktu, tepatnya pada 2017, muncul pula type 1.2 Liter. Antara Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2 sebenarnya keduanya memilki segmentasi pasar yang berbeda.

Baca juga  Daihatsu Terios Facelift Meluncur Tahun 2020? Ini Jawabannya

Daihatsu menyebut Ayla 1.0L dibuat untuk keluarga baru yang pertama kali punya mobil. Karena Daihatsu menganggap mereka butuh dengan mobil yang harganya terjangkau.

Kalau 1.2L, untuk konsumen yang masih muda, atau bahkan orang tuan yang ingin membelikan mobil untuk anaknya. Tidak heran pada model tertinggi dihuni oleh Ayla 1.2.

Misalnya pada New Daihatsu Ayla R Deluxe 1.2 A/T. Di mana pada type ini ditawarkan aerokit di sekeliling bodi. Kalau dibandingkan, aerokit varian R Deluxeerkesan punya tarikan garis yang mengikuti lekuk bodi Ayla.

Sedangkan pada Ayla 1.0 tampilannya lebih kalem. Tak ada garis-garis tajam, lekukannya sopan memberikan aura elegan.

Chief Engineer Daihatsu Motor Co. Ltd., Nobuhiko Oono mengatakan bahwa fokus Daihatsu untuk New Ayla 1.0L adalah keluarga yang memikirkan faktor ekonomis, tetapi juga ingin mobil yang nyaman dan aman.

”Ayla 1.2L bisa untuk first jobber (orang yang baru bekerja) utamanya anak-anak muda. Mereka stylish, ingin nyaman, dan sangat concern dengan performa berkendara dan kestabilan sebuah mobil,” kata Oono saat peluncuran Ayla 2017 silam di Jakarta kepada wartawan.

5. Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Ayla 1.0 Paling Irit

Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2
Daihatsu Ayla dengan kondisi stop and go, beberapa metode pengujian mencatat konsumsinya hanya mencapai 13-15 km/l.

Terkait konsumsi bahan bakarnya antara Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2 lumayan ada sedikit perbedaan. Dengan kapasitas kapasitas silinder 998 cc, Daihatsu Ayla 1.0 dari banyak nya pengujian yang dilajukan, konsumsi bahan bakarnya rata-rata tembus hingga 20 km/l.

Sedangkan Ayla dengan mesin 1.2L tentu saja menghadirkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Dengan kapasitas silinder 1.197, Ayla di jalanan perkotaan dengan kondisi stop and go, beberapa metode pengujian mencatat konsumsi BBM-nya bisa mencapai 13-15 km/l.

Baca juga  Daihatsu Espass Versi Tiongkok, Serupa Tapi Tak Sama

Ketika dibawa dalam kecepatan yang lebih stabil, efisiensinya bertambah menjadi lebih dari 17-18 km/l.

6. Fitur Safety Ayla 1.0 Sangat Minim

Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2
Varian Ayla 1.0 minim fitur safety

Bicara safety kedua model mobil ini juga memiliki perbedaan. Misal pada Daihatsu Ayla 1.0, untuk fitur keselamatannya terdapat side impact beam, row headrest pada tipe D, D+, dan M. Sedangkan mulai tipe X terdapat stabilizer depan. Kemudian dual SRS airbag mulai tipe X Airbag.

Untuk tipe 1.2 liter, semua fitur keselamatan di 1.0 liter sudah tersedia. Namun fitur keselamatannya lebih lengkap lantaran ditambahkannya pretensioner dan force limiter seatbelt, stabilizer depan dan belakang, serta immobilizer.

Baik Ayla 1.0 dan 1.2 sama-sama dibekali dengan 2 titik airbag di bagain penumpang depan dan supir.

7. Harga Daihatsu Ayla 1.0 Vs 1.2

daihatsu ayla 1.0 vs 1.2
Sosok Daihatsu Ayla 1.0 varian X

Dengan kubikasi mesin lebih kecil serta fitur minim, wajar ketika harga Daihatsu Ayla 1.0 jadi yang termurah. Banderolnya mulai Rp 103,3 juta hingga Rp 135,35 juta (OTR Jakarta).

Selain murah, kelebihan dari Ayla 1.0 adalah konsumsi BBM irit. Alhasil kamu bisa menghemat pengeluaran ketika mobil ini dipakai berkendara sehari-hari.

Sementara harga Daihatsu Ayla 1.2 lebih mahal karena memang fiturnya lebih lengkap. Mesinnya juga bertenaga. Banderolnya mulai Rp 137,6 juta hingga Rp 161,05 juta (OTR Jakarta).

Demikian ulasan terkait Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2. Semoga ulasan ini bisa menjadi oanduan kamu untuk memiliki Agya bekas.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru