Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Sejarah Daihatsu Ayla: Sudah Generasi Kedua, Masih Murah!

by Tigor Sihombing
daihatsu ayla 2023 - tampak depan gen-2 1000 cc

Sejarah Daihatsu Ayla dari masa ke masa di Indonesia, menarik untuk diketahui. Apalagi tepat di Februari 2023 atau menginjak usianya yang ke-10, telah hadir Ayla generasi kedua.

Eksistensi Ayla di pasar Indonesia tidak pernah luntur, hal ini disebabkan oleh penyegaran yang dilakukan tanpa henti. Totalnya ada dua kali revisi yang diberikan oleh Daihatsu untuk Ayla Gen-1. Kemudian kini hadir Ayla Gen-2.

Daihatsu Ayla sendiri lahir pertama kali pada 2013, untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil dengan harga terjangkau, irit, serta ramah lingkungan atau kata lainnya mobil LCGC. Menariknya, hingga di Ayla generasi terbaru, pabrikan berlogo D tetap konsisten untuk menghadirkan Ayla sebagai mobil murah.

Padahal bila melihat ubahannya, Ayla terbaru sangatlah menyeluruh. Daihatsu memberinya mesin baru yang lebih bertenaga dan ramah lingkungan dengan pilihan 1.000 cc dan 1.200 cc. Kemudian hadir pula transmisi CVT. Tidak ketinggalan basisnya pakai Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Mau tahu lebih detail soal perjalanan Daihatsu Ayla dari tahun ke tahun? Berikut bahasan lengkapnya:

Generasi Pertama Daihatsu Ayla Meluncur 2013

sejarah daihatsu ayla

sejarah daihatsu ayla dimulai sejak 2013

Sebagai kembaran Toyota Agya, Daihatsu Ayla juga bermain di segmenasi low cost green car alias mobil LCGC. Awalnya, Ayla dibekali dengan mesin tiga silinder berkubikasi 1.000 cc dengan kode 1KER-DE.

Kehadiran Daihatsu Ayla pada 2013, dinilai sebagai pilihan baru bagi masyarakat menegah ke bawah. Terutama untuk para pencari mobil dalam keadaan gres.

Awal mula kemunculannya, Ayla Gen-1 pun mendapat respon yang baik di pasaran Indonesia. Daihatsu Ayla juga sukses menancapkan kaki diberbagai belahan dunia berkat produk ekspornya.

Meski baru meluncur, sebagian besar parts Daihatsu Ayla sudah dibuat menggunakan komponen lokal sebanyak 84 persen. Mobil ini juga sudah mengusng teknologi ECO terbaru yang memberikan kesempurnaan sebagai compact car. Daihatsu Ayla juga terbilang irit. Waktu itu Daihatsu mengkalim Ayla memiliki konsumsi bahan bakar 20km/liter.

Baca juga  7 City Car Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, Ada Wuling Air EV!

Saat baru peluncuran Daihatsu Ayla, harganya mulai mulai Rp 76,65 juta, untuk trim termurah D standard. Mobil type terbawah ini hadir dengan kelengkapan yang sangat standar yakni tanpa AC, power steering dan tanpa power window.

Sedangkan trim yang sedikit lengkap atau di atasnya, yakni type D+. Mobil ini sudah dilengkapi dengan AC dan power steering namun tetap belum menggunakan power window.

Sedangkan type tertinggi Daihatsu Ayla Gen-1 waktu itu adalah tipe X AT yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau di angka Rp 107,15 juta.

Pada trim tengahnya, Daihatsu Ayla memiliki type M bertransmisi MT dan MT. Ke dua mobil ini dibandrol mulai harga Rp 91 juta dan Rp 100.1 juta.

Daihatsu Ayla Facelift 2017

Sejarah Daihatsu Ayla

Ayla facelift 2017 menambahkan pilihan mesin yang lebih bertenaga, yakni 1.200 cc Dual VVT-i.

Tahun 2017, Daihatsu Ayla mulai bersolek. Daihatsu mengenalkan Ayla generasi kedua dengan tampilan yang lebih menggoda dari versi sebelumnya.

Secara keselurahan tampangnya lebih modern. Facia dibuat lebih stylish, dan sudah mengusung projector headlamp lengkap dengan LED daytime running light (DRL). Interior juga dibuat lebih menarik dengan nuansa sporty. Maka dari itu, mobil ini disebut juga sebagai Ayla Facelift pertama.

Perangkat hiburan juga sudah mendapat pembaruan dengan Audio 2 DIN layar sentuh dengan tombol audio pada gagang kemudinya. Bahkan Daihatsu juga melengkapi dengan fitur Immobilizer sebagai sarana keamanan.

Tak hanya sekadar tampilan dan fitur yang dihadirkan dalam kemasan baru, pada generasi kedua tersebut untuk pertama kalinya Daihatsu juga menyuguhkan Ayla dengan pilihan mesin yang lebih bertenaga, yakni 1.200 cc Dual VVT-i.

Mesin berkode 3NR-VE tersebut dipasang dengan bumbu perangkat stabilizer, baik di sektor belakang dan depan yang berguna untuk memberikan kestabilan saat mobil dikendarai bahkan dalam kecepatan tinggi.

Baca juga  Bocoran Daihatsu Terios 2021, Meluncur 17 September?

Di atas kertas, mesin 1.2 liter Ayla Facelift, menawarkan tenaga 87 hp dan torsi 108 Nm. Sistem transmisinya memiliki 2 pilihan, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Lalu untuk mesin 1.000 cc masih sama dengan model lama, tidak ada teknologi VVT-i. Beda dengan kepunyaan Agya yang sudah mengaplikasikan teknologi VVT-i.

Daihatsu Ayla Facelift 2020

Sejarah Daihatsu Ayla

Tampilan Ayla Facelift 2020 lebih sporty

Sejarah Daihatsu Ayla pun berlanjut di tahun 2020. Ketika itu ADM merilis versi facelift kedua. Dim ana pada versi ini Daihatsu merancang mobil murah ramah lingkungannya dengan tongkrongan yang makin sporty. Selain itu Daihatsu Ayla facelift juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern.

Misal pada sisi esterior. Daihatsu Ayla mendapat beberapa ubahan, mulai dari grille besar di bagian depan dan bumper depan. Untuk desain grille, Ayla memadukan grille berwarna black piano dengan aksen krom. Selain itu, ubahan juga tersemat pada desain spion, kombinasi lampu belakang baru, velg 14 inci dengan desain seperti Sigra, Decal Deluxe pada bawah pilar A dekat kaca spion, dan Talang Air.

Daihatsu juga menambahkan 2 pilihan warna baru pada Ayla Facelift kedua, yaitu Yellow Metallic dan Glittering Silver Metallic. Sementara 5 warna lainnya, yaitu Red Solid, Orange Metallic, Dark Grey Metallic, Icy White Solid, dan Ultra Black Solid.

Di sisi interior, Daihatsu Ayla facelift 2020 juga melakukan beberapa ubahan, mulai dari desain dasbor, hingga beragam fitur penunjang yang akan menambah kenyamanan dan kemudahan saat berkendara.

Adapun ubahan pada sektor interior ini meliputi desain interior berwarna black piano, pengaturan AC sudah secara digital, head unit layar sentuh double din, retractable mirror, sensor dan kamera parkir mundur.

Baca juga  Pajak Tahunan Daihatsu Sigra dan 5 Tahunan, Cuma Segini!

Terkait mesin, Daihatsu Ayla facelift 2020 tidak melakukan ubahan atau menyematkan mesin baru. Ayla masih menawarkan 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 1.0 liter dan 1.2 liter.

Meski tak begitu signifikan, fitur keselamatan dan keamanan Ayla facelift juga mengalami pembaruan. Ada dua fitur keselamatan baru, yaitu sistem pengereman ABS dan EBD, untuk melengkapi fitur keselamatan lainnya yang sebelumnya sudah ada, yaitu Dual SRS Airbag.

Daihatsu Ayla facelift kedua saat peluncurannya dibanderol mulai Rp 103,3 juta hingga Rp 161,05 jutaan.

Kehadiran Daihatsu Ayla Generasi Kedua Pada 2023

sejarah daihatsu ayla - ayla generasi kedua 2023

Sosok Ayla Gen-2 dengan bodi lebih bongsor

Akhirnya setelah 10 tahun hanya melakukan facelift, Daihatsu Ayla Generasi kedua hadir di Indonesia bertepatan pada 16 Februari 2023. Mobil ini berubah total dengan penggunaan platform DNGA. Hasilnya dimensi bodi jadi lebih bongsor dari sebelumnya. Kemudian desainnya juga terlihat semakin agresif dengan lampu depan tajam.

Kemudian yang juga berbeda dari Ayla 2023 adalah kehadiran mesin baru 1.000 cc KR-VE dan 1.200 cc WA-VE yang sama-sama pakai konfigurasi 3-silinder. Soal transmisi, Daihatsu kini memberikan opsi D-CVT menggantikan otomatis konvensional.

Pembeda Daihatsu Ayla Gen-2 dan Gen-1, juga ada di varian ADS. Di mana untuk Ayla ADS pakai body kit sehingga tampilannya semakin sporty.

Bicara fitur, Ayla generasi terbaru juga memiliki teknologi yang semakin lengkap. Ada hill start assist (HSA) hingga vehicle stability control (VSC) yang membuat berkendara semakin selamat. Lalu bagaimana dengan harganya?

Ketika peluncurannya dilakukan, Daihatsu belum mau membeberkan harga dari Ayla 2023. Hanya saja mereka mengatakan bahwa mobil ini tetap masuk di skema LCGC. Dengan kata lain, banderolnya masih terjangkau. Prediksi kami tetap di bawah Rp 200 jutaan. Murah bukan?

Demikian ulasan terkait sejarah Daihatsu Ayla dari tahun ke tahun di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

https://www.instagram.com/p/Cork0UwBKqP/

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika