by

9 Perbedaan Agya Vs Ayla, Awas Salah Beli?

Mobil kembar LCGC yang cukup diminati konsumen Indonesia adalah Agya Vs Ayla. Peluncuran versi terbarunya pun berbarengan, terjadi pada Maret 2020.

Walau keduanya lahir dari rahim yang sama, bukan berarti spesifikasinya dibuat serupa. Ternyata Toyota Agya dan Daihatsu Ayla punya banyak perbedaan. Bukan cuma desain, tapi juga fitur, serta performa mesin.

Adanya perbedaan ini dikarenakan, masing-masing menyasar konsumen yang berbeda. Bisa dikatakan, Toyota Agya dibuat untuk mengincar kenyamanan. Sementara Daihatsu Ayla lebih menargetkan harga murah.

Dari hasil analisa kami, totalnya ada 9 perbedaan Agya vs Ayla? Buat kamu yang penasaran apa saja bedanya, lalu mobil apa yang lebih cocok untuk dibeli? Simak komparasi Agya Vs Ayla berikut ini:

1. Kamera Parkir Jadi Kelebihan Daihatsu Ayla

Agya Ayla Facelift 2020
Daihatsu Ayla sudah dilengkapi kamera parkir

Baik Ayla dan Agya tipe teringgi sudah dilengkapi head unit layar sentuh. Khusus untuk mobil Daihatsu, fitur tersebut juga diintegrasikan kamera parkir. Alhasil, pengendara bisa memarkirkan mobil dengan lebih aman dan nyaman.

Di Ayla terbaru, kamera parkir hadir mulai di varian 1.2R. Inilah salah satu kelebihan fitur kendaraan LCGC Daihatsu dibanding Toyota Agya selaku kembarannya.

2. Start & Stop Button Cuma Ada di Toyota Agya

Toyota Agya terbaru
Khusus varian TRD Sportivo ada fitur start & stop button

Perbedaan Agya Vs Ayla Facelift 2020 selanjutnya ada di fitur engine start & stop button. Fitur ini berfungsi memudahkan pengendara saat mengaktifkan mesin. Tidak perlu lagi pakai kunci, cukup tekan tombol maka mesin otomatis aktif.

Menariknya, fitur engine start & stop button cuma ada di Agya varian tertinggi atau TRD Sportivo. Sementara Ayla belum punya, masih pakai kunci konvensional. Meski demikian, varian tertinggi mobil Daihatsu ini sudah terintegrasi alarm dan immobilizer untuk keamanan.

3. Mesin Daihatsu Ayla 1.0 Liter Belum Pakai Teknologi VVT-i

mesin Toyota Agya
Mesin Toyota Agya 1.0L sudah dilengkapi VVT-i. Sementara untuk kapasitas 1.2L pakai dual VVT-i

Mobil kembar ini memang punya dua pilihan mesin: 1.0L dan 1.2L. Kesamaan tampak di mesin 1.2L yang pakai konfigurasi empat silinder, DOHC, dan Dual VVT-i. Jantung mekanis itu bisa menghasilkan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  Menebak Produk Baru Daihatsu Indonesia, Rocky Apa Taft?

Lalu di mana perbedaan mesin Agya Vs Ayla? Kamu bisa melihat untuk versi 1.0L. Mesin yang digunakan mirip, tapi Agya sudah dilengkapi teknologi VVT-i. Sementara Ayla belum.

Padahal fungsi VVT-i cukup vital yaitu untuk mengatur bukaan katup (valve timing) secara optimal. Alhasil proses pembakaran di dalam mesin menjadi lebih baik.

Salah satu efek tidak memiliki VVT-i, performa mesin Ayla 1.0L jadi lebih lemah. Cuma mampu mengeluarkan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm dan tenaga 65 PS pada 6.000 rpm. Bandingkan dengan Agya 1.0L yang bisa memuntahkan torsi 89 Nm pada 4.400 prm dan tenaga 67 PS pada 6.000 rpm.

4. Desain Grille Keduanya Berbeda

agya vs ayla
Agya grille pakai serba hitam

Kalau melihat desain grille, keduanya jelas berbeda. Agya terbaru pakai kelir hitam mengilap. Di tengah ada logo burung yang jadi ciri khasnya. Warna gelap ini menjadikan aura sportif semakin tampak.

Beda dari Agya, Ayla facelift 2020 justru masih mengandalkan aksen chrome di grille. Ada pula huruf A di tengah grille sebagai identitas Ayla. Semua itu menambah kesan elegan ke mobil LCGC Daihatsu.

5. Bumper Agya Vs Ayla Punya Ciri Khas Masing-Masing

agya vs ayla
Bumper Ayla terbaru mirip Ayla Turbo Concept

Di bawah grille ada bumper, Agya Vs Ayla 2020 pakai gaya trapesium. Bedanya di Ayla, trapesiumnya terbalik. Semakin ke bawah desainnya seolah semakin menyempit. Desainnya mirip Ayla Turbo Concept.

Sementara Agya pakai gaya trapesium yang semakin ke bawah, semakin besar. Kesamaan keduanya, bumpernya dicat hitam. 

6. Desain Pelek Sedikit Berbeda

agya ayla facelift 2020
Desain pelek Ayla da two tone dan hitam, tergantung varian

Soal desain pelek, memang sama-sama pakai delapan palang. Lalu khusus varian tertinggi juga sudah pakai aksen two tone (chrome dan hitam).

Hanya saja untuk Agya 2020, desain palangnya seolah-olah memakai kombinasi besar kecil. Sementara Ayla ukurannya sama, hanya ditengah-tengah palang ada warna hitam.

Baca juga  Catatan Penjualan Daihatsu di Oktober, Benarkah Naik?

Kemudian yang menarik di Daihatsu Ayla, tersedia pilihan pelek warna hitam sepenuhnya. Gaya seperti ini muncul di varian tertentu saja yaitu 1.0 X, 1.0 X DLX, dan 1.2 X.

Baca juga:

7. Head Rest Toyota Agya Lebih Banyak

Ayla facelift 001
Bangku tengah bagian belakang di Ayla, belum ada head rest

Seperti tidak belajar dari pengalaman sebelumnya, perbedaan Agya Vs Ayla Facelift lagi-lagi terletak di head rest. Ayla terbaru tetap belum memiliki head rest tengah untuk penumpang belakang.

Padahal guna head rest sangat penting. Tidak hanya sebagai tempat menyandarkan kepala sehingga lebih nyaman saat bepergian, head rest juga mampu mencegah cedera kepala serius saat kecelakaan.

Sementara di Toyota Agya, head rest sudah lengkap ada lima di masing-masing bangku. Pas untuk lima penumpang di dalam kabin.

8. Isofix Jadi Kelebihan Toyota Agya

toyota agya isofix
Car seat dengan mudah dipasang di Agya

Fitur Isofix berguna memudahkan pemasangan car seat di bangku belakang mobil. Di Toyota Agya, Isofix sudah ada. Alhasil keluarga muda dengan anak-anak, harusnya merasa lebih nyaman saat bepergian.

Sementara di Daihatsu Ayla, fitur Isofix belum dihadirkan. Entah apa alasannya.

Terkait fitur keselamatan lain, baik Agya dan Ayla 2020 sudah punya anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan dual SRS Airbag. Hanya saja fitur-fitur tersebut belum merata di seluruh varian.

9. Harga Daihatsu Ayla Lebih Murah

Daihatsu Ayla facelift meluncur
Daihatsu Ayla facelift resmi meluncur di Indonesia, dengan banderol mulai Rp101,65 juta

Perbedaan Agya Vs Ayla facelift 2020 juga ada di harga. Toyota Agya dijual lebih mahal dengan varian yang lebih sedikit. Harga mobil LCGC berlogo T ini mulai Rp143,8 juta (OTR Jakarta) varian 1.0 G MT, paling mahalnya Rp169,29 juta (OTR Jakarta) untuk 1.2 TRD Sportivo AT.

Baca juga  Toyota Land Cruiser Terbaru Mulai Menampakan Diri

Sementara Daihatsu Ayla dijual lebih murah, mulai Rp101,65 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.0 D MT. Harga termahalnya adalah Rp159,4 juta (OTR Jakarta) varian 1.2 R Deluxe AT.

Daftar Harga Toyota Agya Terbaru

Tipe Harga
1.0 G MT Rp143,8 juta
1.0 G AT Rp156,71 juta
1.2 G MT Rp148,1 juta
1.2 G AT Rp161,64 juta
1.2 TRD Sportivo MT Rp153,445 juta
1.2 TRD Sportivo AT Rp169,29 juta

Daftar Harga Daihatasu Ayla Terbaru

Tipe Harga
New Daihatsu Ayla 1.0 D MT Rp 101.650.000
New Daihatsu Ayla 1.0 D+ MT Rp 113.850.000
New Daihatsu Ayla 1.0 X MT Rp 124.650.000
New Daihatsu Ayla 1.0 X AT  Rp 133.700.000
New Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe MT Rp 132.000.000
New Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe AT Rp 141.000.000
New Daihatsu Ayla 1.2 X MT  Rp 135.950.000
New Daihatsu Ayla 1.2 X AT Rp 145.950.000
New Daihatsu Ayla 1.2 R MT Rp 142.900.000
New Daihatsu Ayla 1.2 R AT  Rp 155.400.000
New Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe MT Rp 146.900.000
New Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT Rp 159.400.000

Agya Vs Ayla, Beli yang Mana?

Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla dijual dengan harga lebih murah dibanding Toyota Agya

Setelah mengetahui perbedaan Agya Vs Ayla, kendaraan apa yang sebaiknya dibeli? Kesimpulan kami, Daihatsu Ayla cocok buat kamu dengan bujet terbatas. Hal ini dikarenakan harga mobil murah ini lebih terjangkau dibanding saudaranya.

Lalu Mobil Toyota ini memang cocok buat kamu yang ingin mobil mungil dengan kenyamanan lebih baik. Hal ini tampak dari kehadiran, start & stop engine, head rest untuk semua bangku, dan ISOFIX. Sementara keunggulan Ayla soal fitur cuma ada di kamera parkir. 

Hanya saja memang, bila kamu pilih Agya, kocek yang harus dikeluarkan lebih banyak dari Ayla. Bisa dikatakan ada harga, ada rupa! Itulah tadi pembahasan lengkap Agya Vs Ayla, apakah kamu setuju dengan pendapat kami?

Terbaru