by

Selain Kelebihan, Adakah Kekurangan Toyota Agya Terbaru?

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya Terbaru – Mobil LCGC Toyota ini resmi diluncurkan di Indonesia, hari ini (19/3). Toyota Agya Facelift 2020 hadir dengan sejumlah kelebihan baik dari sisi desain dan fitur.

Soal desain, kini lebih sportif dengan aksen serba gelap. Lalu fitur modern seperti head unit layar sentuh, AC digital, dan start/stop button jadi kelebihan Toyota Agya terbaru.

Pertanyaannya selain kelebihan, adakah kekurangannya? Untuk membahas detail kelebihan dan kekurangan Toyota Agya terbaru, simak bahasan berikut:

Kelebihan Toyota Agya Terbaru Versi Facelift 2020

1. Start & Stop Button

Toyota Agya terbaru
Khusus varian TRD Sportivo

Fitur ini belum dipunya oleh Honda Brio, Daihatsu Ayla, dan Karimun Wagon R selaku kompetitor. Start & Stop Button memudahkan pengendara untuk mengaktifkan mesin.

Start & Stop Button juga membuat maling lebih sulit membobol mobil. Pasalnya, fitur ini sudah dilengkapi immobilizer yang cuma bisa diaktifkan oleh remote asli pabrikan.

2. Fitur Head Unit Layar Sentuh

kelebihan kekuranan agya terbaru
head unit layar sentuh membuat ampilan semakin modern


Head layar sentuh juga membuat tampilan semakin modern. Sebelumnya, Toyota Agya tidak memilikinya. Meski demikian, head unit ini cuma ada di varian tertinggi atau TRD Sportivo.

Baca juga  3 Layanan Servis Toyota yang Bisa Diandalkan Saat Hadapi Korona

Kelebihan head unit layar sentuh bisa dimanfaatkan untuk memutar video. Lalu untuk pengendara yang mau melakukan pengaturan head unit, bisa juga dilakukan pakai audio steering switch. Alhasil tidak perlu melepaskan tangan dari kemudi

3. AC Digital

kelebihan kekurangan agya terbaru
Selain Agya, kompetitor seperti Ayla dan Brio juga sudah punya AC Digital


Kelebihan Toyota Agya terbaru, sudah punya AC Digital. Fitur ini menggantikan kenop putar yang ada di versi sebelumnya. AC Digital membuat tampilan interior semakin modern.

Hadirnya fitur tersebut juga membuat Agya bisa bersaing dengan kompetitor seperti Honda Brio. Terlebih lantaran mobil LCGC punya Honda sudah lebih dulu memilikinya.

Baca juga:

Kekurangan Toyota Agya Terbaru Versi Facelift 2020

1. Mesin Kurang Bertenaga Dibanding Kompetitor

Toyota Agya terbaru 001
Performa mesin Honda Brio masih lebih baik di atas kertas

Soal mesin, Toyota Agya dilengkapi kapasitas tertinggi 1.2L. Jantung mekanis ini sudah pakai teknologi DOHC dan dual VVT-i. Konfigurasinya juga empat silinder segaris.

Bila dilihat di atas kertas, performanya memang menjanjikan. Tenaga maksimalnya 88 PS pada putaran 6.000 rpm. Sementara torsinya 108 Nm pada putaran 4.200rpm. 

Baca juga  5 Kekurangan Daihatsu Sigra, Ketahui Sebelum Beli

Hanya saja kalau dibandingkan dengan Honda Brio selaku kompetitor, masih kalah jauh. Mesin Brio berkapasitas 1.2L bisa mengeluarkan torsi110 Nm pada putaran 4.800 rpm dan tenaganya 90 PS pada putaran 6.000 rpm.

2. Ukuran Ban Lebih Kecil dari Kompetitor

Toyota Agya terbaru 003
Agya pakai ban 14 inci, sementara Brio varian tertinggi 15 inci

Soal ban, lagi-lagi Toyota Agya punya ukuran ban lebih kecil dari Honda Brio. Khususnya untuk varian tertinggi atau TRD Sportivo, Agya menggukanan 175/65-14 inci di keempat roda.

Bandingkan dengan Honda Brio RS yang pakai roda 15 inci. Sementara untuk ukuran rodanya 185/55.

Kehadiran ban besar membuat ground clearance otomatis semakin tinggi. Alhasil kamu tidak perlu khawatir bagian bawah mobil bersentuhan dengan aspal. Tampilan mobil juga semakin gagah!

3. Jok Kulit

Toyota Agya terbaru 005
Varian tertinggi sekalipun belum punya jok kulit

Meski belum ada LCGC 5-seater yang pakai jok kulit. Setidaknya Toyota Agya bisa menjadi pelopor. Kehadiran jok kulit cukup penting, terutama ketika membersihkan dari tumpahan minum atau makanan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru