Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2023, Mobil Termurah di Indonesia!

by Baghendra Lodra
daihatsu sigra 1.0 d mt - tampak depan

Apa sih mobil termurah di Indonesia? Jawabannya adalah Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2023. Harga MPV 7-Seater ini mulai Rp 133 juta (OTR Jakarta).

Walau murah, tapi spesifikasi Sigra 1.000 cc tersebut terbilang cukup. Tidak istimewa, tapi masih pas sebagai mobil keluarga.

Hal tersebut lantaran Sigra 1.000 cc varian D MT sudah dilengkapi dengan AC dan head unit. Dengan demikian, berkendara bersama keluarga masih terasa nyaman. Apalagi kabinnya muat 7-orang, jadi membawa anak-anak bukanlah masalah.

Walau demikian, sebagai varian termurah tentu saja ada kekurangan dari Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2023. Mau tahu lebih lengkap soal spesifikasinya? Apakah mobil murah ini layak dibeli? Berikut bahasannya:

Eksterior Sigra 1.000 cc Termurah

daihatsu sigra 1.0 d mt - tampak belakang

Sigra termurah tampak belakang, belum punya wiper (Sumber: Youtube Sady Otomotif)

Sebagai mobil termurah di Indonesia, tentu kamu tidak bisa berharap banyak soal eksterior Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2023. Ini adalah Sigra satu-satunya yang menggunakan velg kaleng ukuran 13 inch dengan ban 155/80 R13, belum punya wiper belakang, dan tidak pakai lampu depan LED alias masih bohlam.

Baca juga  60 Tahun Daihatsu Hijet Berkiprah di Industri Otomotif

Walau demikian, bila melihat dimensinya seara keseluruhan tidak beda dari Sigra 1.000 cc lainnya. Di atas kertas punya panjang 4.110 mm, lebar 1.65 mm, dan tinggi 1.600 mm. Sementara untuk ground clearance 180 mm.

  • Body color front grille
  • Body color outside handle with grip type
  • Steel velg 13 inch
  • roof antena

Interior dengan AC dan Head Unit

daihatsu sigra 1.0 d mt - interior

Interior Sigra varian termurah

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2023 tetap pantas disebut sebagai mobil keluarga. Pasalnya di interior sudah memiliki head unit 1 DIN yang bisa terkoneksi USB/Aux/Radio serta dua speaker depan. Bukan cuma itu, tersedia single AC (belum AC double blower) untuk membuat berkendara lebih nyaman.

Kemudian interior Sigra 1.000 cc varian termurah ini juga punya tiga baris bangku. Alhasil kabinnya bisa menampung 7-orang. Hanya saja memang fitur-fitur seperti air circulator dan power socket di belakang yang ada di Sigra 1.0 M belum tersedia.

Bicara fitur modern, panel instrumennya belum ada tachometer dan jam digital. Daihatsu juga tidak memberi mobil ini sensor parkir belakang, dan central door lock.

Baca juga  Toyota Innova Zenix Resmi Meluncur di Indonesia, World Premiere!

Soal keamanan, Daihatsu Sigra 1.0 D MT belum memiliki immobilizer. Jadi kalau meminangnya, kamu harus lebih waspada dengan maling.

Fitur keselamatan juga jangan berharap. Mobil LCGC 7-seater ini bahkan belum memiliki dual SRS Airbags, anti-lock braking system (ABS), dan electronic brake distribution (EBD).

  • 1 DIN Audio (USB/AUX/Radio)
  • 2 Speaker depan
  • Electronic power steering
  • Power window (driver side with auto down)
  • Door Ajar Warning (Driver)
  • Single AC

Performa Mesin 1.000 cc, Tanpa Pilihan Transmisi Otomatis

daihatsu sigra 1.0 d mt - eksterior

Mesin Sigra 1.00 cc sama dengan Ayla 1.000 cc (Sumber: Youtube Kacamata Andi Pras)

Mesin Daihatsu Sigra 1.0 D MT menggunakan kode 1KR-VE, DOHC, VVT-i. Di atas kertas kubikasi murninya 998 cc dengan kondifugrasi tiga silinder. Mesin tersebut bisa mengeluarkan torsi puncak 89 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 67 PS pada 6.000 rpm.

Jantung mekanis yang dipunya Sigra 1.000 cc ini sama persis dengan Ayla Gen-2 untuk varian 1.000 cc. Sementara untuk transmisinya, cuma tersedia manual 5-percepatan.

Itulah tadi spesifikasi Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2023 yang harganya cuma Rp 133 juta (OTR Jakarta). Apakah kamu tertarik memiliki mobil termurah di Indonesia ini? Untuk informasi terbaru seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Baca juga  Biaya Modifikasi Suzuki XL7 Adventure, Tembus Rp 100 Jutaan

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika