by

Dongkrak Mobil, Ragam dan Harganya

Dongkrak adalah alat bantu yang biasa digunakan untuk mengangkat mobil. Biasanya dongkrak mobil digunakan untuk mengganti ban atau memperbaiki komponen kendraan yang sulit dijangkau di bawah kolong mobil.

Karena fungsinya juga penting dalam kondisi darurat, dongkrak juga sudah menjadi kelengkapan wajib yang ada pada tiap-tiap kendaraan baru.

Nah untuk kamu pengguna mobil, tidak ada salahnya untuk mengatahui jenis-jenis dongkrak dan harganya.

Dongkrak Botol

Dongkrak mobil
Ragam ukuran dongkrak botol

Mengutip laman resmi Wuling Indonesia, sesuai namanya, dongkrak jenis ini desainnya menyerupai sebuah botol. Dongkrak botol juga memiliki bentuk yang sangat ringkas, sehingga mudah disimpan dan tidak menghabiskan ruang di dalam mobil

Penggunaan dongkrak mobil jenis botol sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu naik turunkan tuas supaya sistem hidrolik pada dongkrak bekerja mengangkat mobil.

Caranya pakainya, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengencangkan katup kecil yang berada di sebelah tuas pengungkit terlebih dahulu, lalu pompa hingga batas tinggi yang ditentukan.

Sebaliknya, apabila ingin menurunkan dongkrak tinggal putar tuas ke arah yang sebaliknya sampai dongkraknya turun ke bagian bawah. Harga dongkrak botol di laman-laman marketpalce Indonesia dipasarkan mulai Rp 150 ribuan.

Baca juga  Segini Besaran Biaya Ganti Oli Transmisi Matic

Dongkrak Gunting

Dongkrak mobil
Contoh dongkrak gunting, harganya mulai Rp 100 ribuan

Dongkrak mobil jenisgunting merupakan dongkrak yang bentuknya paling simpel di antara semua jenis dongkrak. Dongkrak jenis ini tidak menggunakan sistem hidrolik. Kekurangannya, pengguna harus menggunakan tenaga sedikit lebih besar dalam memutar tuas dongkrak.

Meski begitu dongkrak ini sangat cocok untuk diletakan di mobil pribadi. Karena desainnya ringkas dan mudah disimpan, dongkrak ini cocok diletakan di mobil pribadi yang tidak terlalu besar.

Di pasaran dongkrak gunting dihargai mulai di kisaran Rp 100 ribu.

Dongkrak Buaya

Dongkrak mobil jenis buaya
Harga dongkrak buaya sekitar mulai dari Rp 300 ribuan

Dongkrak buaya adalah salah satu jenis dongkrak yang memiliki ukuran sangat besar, sehingga lumayan berat. Dongkrak ini biasanya favorit bengkel karena kemampuan daya angkatnya yang mumpuni.

Pada kendaraan jenis pribadi, penggunaan dongkraj jenis buaya sudah jarang digunakanan  sebagai dongkrak bawaan dari pabrikan mobil. Mungkin karena dimensinya yang besar dan memakan ruang.

Dongkrak buaya bekerja dengan sistem hidrolik. Caranya pengguna tinggal mempompa tuas, dengan pengungkit yang diletakan pada bagian cross member mobil. Harga dongkrak mobil jenis buaya dijual mulai Rp 300 ribuan.

Baca juga  7 Tips Membeli Mobil Baru Agar Tidak Menyesal

Dongkrak Penyangga

Dongkrak mobil jenis penyangga
Jenis dongkrak mobil penyangga, banyak digunakan di bengkel

Dongkrak penyangga adalah jenis dongkrak yang biasanya dipakai oleh bengkel untuk mengangkat badan mobil, dalam jangka waktu lama.

Dongkrak ini berbentuk kotak dengan sebuah pengungkit yang berada di salah satu sisinya. Dongkrak berjenis ini biasanya digunakan di bengkel untuk memperbaiki mobil di bagian kolong.

Dongkrak penyangga di pasaran dijual mulai Rp 180 ribuan.

Dongkrak Kereta

dongkrak mobil jenis kereta
Dongkrak kereta mampu menahan beban hingga 20 ton

Dongkrak kereta merupakan jenis dongkrak yang banyak dipakai untuk mengangkat molebih berat dari mobil umumnya. Kapasitas angkat beban yang bisa dilakukan dengan dongkrak ini mencapai 20 ton.

Selain mobil off road, bebanyakan pemilik dongkrak ini adalah bengkel. Di pasaran dongkrak kereta dijual mulai Rp 1 jutaan.

Dongkrak Gabungan Botol dan Buaya

Dongkrak mobil botol buaya
Dongkrak jenis ini biasa digunakan oleh bengkel mobil

Dongkrak botol buaya adalah jenis dongkrak yang merupakan gabungan dari keduanya. Dongkrak jenis ini punya kapasitas angkat yang lebih besar.

Dongkrak jenis ini kebanyakan hanya dimiliki pihak bengkel-bengkel mobil besar. Harga dongkrak gabungan botol dan buaya di pasaran mulai Rp 4 jutaan.

Demikian ulasan terkait ragam jenis dongkrak dan fungsinya. Untuk ulasan lebih lengkap seputar berita otomotif, pantau terus Moladin.com.

Baca juga  Cara ampuh Membersihkan dan Membasmi Kecoa dari Mobil

Terbaru